• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadhan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadhan

5 Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadhan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Mei 2022

“Berolahraga saat puasa menjadi salah satu hal yang sangat menguras energi. Apalagi jika dilakukan pada waktu yang kurang pas. Padahal, ada banyak sekali manfaat berolahraga di bulan Ramadhan, seperti detoksifikasi tubuh hingga meningkatkan energi tubuh saat berpuasa.”

5 Manfaat Berolahraga di Bulan Ramadhan

Halodoc, Jakarta – Rasanya tak banyak orang yang masih tetap rutin berolahraga saat menjalankan ibadah puasa. Membayangkannya saja sudah terasa haus dan lemas, apalagi jika dilakukan? Padahal, kegiatan ini memiliki segudang manfaat baik lo untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat berolahraga di bulan Ramadan?

Manfaat Berolahraga yang Tidak Boleh Dilewatkan

Olahraga menawarkan manfaat luar biasa di setiap aspek kesehatan, baik fisik maupun mental. Jika dilakukan secara teratur, olahraga dapat meningkatkan produksi hormon yang membuat kamu merasa lebih bahagia dan membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

Berikut ini sejumlah manfaat olahraga jika dilakukan secara rutin di bulan Ramadan:

1. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat berolahraga yang pertama adalah detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun yang mengendap dalam tubuh. Berolahraga akan mengoptimalkan sirkulasi darah dan fungsi kelenjar getah bening. Meskipun saat puasa tubuh tidak mendapat asupan, tetapi proses detoksifikasi tetap berjalan.

2. Mempertahankan Massa Otot

Berolahraga menjadi salah satu cara yang efektif dalam mempertahankan massa otot. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa melakukan latihan kekuatan dengan squat, push up, pull up, atau angkat beban. Waktu latihannya bisa kamu sesuaikan sendiri, yaitu setengah jam sebelum berbuka.

3. Menjaga Kebugaran Tubuh

Manfaat berolahraga selanjutnya adalah menjaga kebugaran tubuh. Untuk manfaat yang satu ini, kamu tidak perlu latihan berlebihan. Cukup dengan melakukan olahraga dalam intensitas ringan saja, seperti joging, bermain sepeda, atau hanya sekedar berjalan di taman dekat rumah.

4. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan jadi manfaat berolahraga lainnya. Setelah seharian menahan haus dan lapar, saat berbuka kamu akan lupa untuk mengontrol nafsu makan dan cenderung mengonsumsi apa pun yang dihidangkan. Dengan berolahraga, kamu bisa mengontrol bahkan menurunkan berat badan.

5. Meningkatkan Kesehatan Organ Penting Tubuh

Manfaat berolahraga yang terakhir adalah meningkatkan kesehatan organ penting dalam tubuh. Saat berolahraga, jantung memompa lebih banyak darah yang dialirkan ke seluruh organ. Dengan rutin melakukannya, olahraga dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi kerja seluruh organ dalam tubuh.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa melakukan olahraga selama 150 hingga 300 menit setiap minggu dalam intensitas ringan. Kamu juga bisa melakukan aktivitas fisik dalam intensitas berat selama 75 menit per minggu. Berkaitan dengan aktivitas yang dilakukan, sesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh, ya!

Jika mengalami kendala dalam pelaksanaannya atau kamu adalah pengidap gangguan kesehatan tertentu yang ingin berolahraga, silahkan temui dokter di rumah sakit terdekat untuk memeriksakan diri terlebih dulu. Setelah mengetahui keluhan yang dialami, dokter dapat menentukan jenis olahraga yang sesuai.

Berolahraga seharusnya tidak terlalu dipaksakan. Pasalnya, dilakukan dalam intensitas ringan tetapi rutin sudah bisa memberikan manfaat kesehatan. Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Benefits of Physical Activity.
MedlinePlus. Diakses pada 2022. Benefits of Exercise.
National Health Service UK. Diakses pada 2022. Benefits of exercise.