• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

5 Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 September 2022

“Buah ara memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk dalam meningkatkan kesehatan pencernaan dan jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, konsumsi buah ini secara rutin.”

5 Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan5 Manfaat Buah Ara bagi Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Buah ara tidak umum di Indonesia, sehingga tidak banyak orang yang mengenali atau bahkan mengonsumsinya. Padahal, buah ini sangat terkenal akan manfaatnya bagi kesehatan. 

Sebab, ada banyak sekali nutrisi yang menyehatkan terkandung pada makanan sehat ini, termasuk vitamin A, fosfor, folat, selenium. Bahkan, buah ini juga mengandung antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari dalam, seperti flavonoid dan polifenol. Dengan mengetahui berbagai manfaatnya, kamu tidak ragu untuk mengonsumsinya atau membelinya saat menemukannya.

Berbagai Manfaat Buah Ara untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah ara dapat menjaga kesehatan pencernaan serta mengatasi masalah seperti sembelit. Buah ini kaya akan serat, sehingga dapat melunakkan tinja di pencernaan dan berfungsi sebagai sumber makanan untuk meningkatkan jumlah bakteri sehat pada usus. Bahkan bukan hanya sembelit, kandungan pada buah ini juga mampu atasi sakit perut dan perut kembung.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah ini dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko seseorang alami penyakit jantung. Hal ini disebabkan kandungan dari buah ara yang ampuh dalam menurunkan tekanan darah di tubuh. Bahkan, buah ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL, agar jantung tetap sehat.

3. Sifat Anti-Kanker

Bukan hanya buahnya, daun dari pohon ara juga dapat memiliki manfaat menyehatkan, salah satunya untuk mencegah kanker. Menurut penelitian dari Cellular and Molecular Biology, daun dari tanaman ara terbukti memiliki sifat antitumor terhadap beberapa jenis kanker, seperti kanker usus besar, kanker payudara, kanker serviks, dan sel kanker hati.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Buah ara dapat menyehatkan kulit, terutama pada seseorang dengan dermatitis alergi atau memiliki kulit kering. Sebab, buah ini kaya akan kandungan antioksidan yang baik pada kulit, termasuk mengurangi kerusakan kolagen dan mengurangi kerutan yang muncul di wajah.

5. Meningkatkan Kesuburan

Buah ini sudah ada sejak zaman Yunani dan dianggap sebagai simbol kesuburan. Disebut-sebut dapat meningkatkan kesuburan karena kaya akan kandungan zat besi. Diketahui, zat besi memainkan peran penting dalam seluruh proses ovulasi pada wanita.

Pada pria, zat besi yang rendah dapat memengaruhi kualitas dan motilitas sperma. Maka dari itu, konsumsi buah ini secara rutin dapat membantu dalam meningkatkan kesempatan dalam mendapatkan kehamilan.

Itulah pembahasan mengenai berbagai manfaat dari buah ara untuk kesehatan. Jika ingin mendapatkan manfaat yang disebutkan sebelumnya, pastikan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

Jika masih memiliki kebingungan terkait berbagai manfaat lainnya dari buah ara, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan hanya melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Figs.
Healthline. Diakses pada 2022. All You Need to Know About Figs.
Cellular and Molecular Biology. Diakses pada 2022. Antitumoral activity of Ficus carica L. on colorectal cancer cell lines.
PharmEasy. Diakses pada 2022. 6 Fantastic Health Benefits Of Fig.