• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

5 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Buah nangka banyak disukai karena rasanya yang manis. Selain dikonsumsi langsung, buah nangka dapat dikonsumsi dengan dijadikan es teler, pancake, kue bolu, hingga gudeg. Nyatanya, buah nangka tidak hanya memanjakan lidah dengan rasanya, buah ini juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh:

Baca juga: 5 Makanan untuk Kulit Lebih Cerah

1. Mencegah dan Melawan Kanker

Buah nangka mengandung zat isoflavon, fitonutrien, lignin, dan saponin yang dapat membantu tubuh mencegah kanker. Zat-zat tersebut bekerja dengan menangkal masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu zat yang menjadi pemicu kanker. 

2. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah nangka berperan sebagai antibakteri, serta memperkuat sistem imunitas tubuh dan meningkatkan fungsinya. Jika kekebalan tubuh terjaga dengan baik, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari serangan penyakit dan infeksi berbahaya.

3. Mencegah Kerusakan Sel DNA

Selain berperan dalam mencegah perkembangan sel kanker, rutin mengonsumsi nangka juga dapat membantu melindungi sel-sel DNA dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena kandungan antioksidan dalam buah nangka yang mencegah kerusakan sel-sel DNA karena serangan radikal bebas.

Baca juga: Waspadai Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas

4. Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Menjaga pencernaan agar tetap sehat merupakan salah satu manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh. Kandungan getah yang dimiliki buah nangka dapat membersihkan usus dengan baik. Selain itu, getah pada buah nangka memiliki kandungan serat yang dapat menghilangkan racun yang terdapat pada sistem pencernaan. Karena kandungan seratnya yang tinggi, buah ini baik dikonsumsi seseorang yang tengah menjalankan dietnya.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah nangka mampu memperlambat aktivitas radikal bebas dalam tubuh yang menjadi penyebab dari penuaan dini. Buah ini juga baik dikonsumsi oleh seseorang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dan sering terpapar sinar ultraviolet (UV), polusi, dan asap kendaraan.

Untuk menikmati manfaat buah nangka bagi kesehatan, pastikan mengonsumsi nangka secukupnya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik pada akhirnya. Alih-alih sehat dan mendapatkan manfaat baik dari buah nangka, kamu justru akan mengidap masalah kesehatan lain. Untuk mengetahui seberapa takaran yang dapat kamu konsumsi setiap harinya, silahkan diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Selain mengonsumsi nangka, kamu juga perlu menerapkan pola makan sehat bergizi seimbang, dan gaya hidup sehat lainnya guna menunjang kesehatan tubuhmu. Untuk melengkapinya, konsumsi vitamin dan suplemen tambahan jika diperlukan. 

Baca juga: Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Maag

Perhatian bagi Pengidap Diabetes

Tidak semua orang boleh mengonsumsi buah nangka, karena rasa manisnya. Pengidap diabetes disarankan untuk membatasi jumlah konsumsi harian buah nangka, karena mengandung indeks glikemik yang tinggi. Jika dikonsumsi terlalu banyak, alih-alih sehat, kadar gula darah akan melonjak naik. 

Pengidap diabetes juga wajib mengonsumsi obat secara rutin dan teratur. Hal tersebut juga yang membuat mereka tidak boleh mengonsumsi buah nangka. Buah ini juga dapat menimbulkan interaksi obat dan memengaruhi kerja obat tertentu. Jadi, jika kamu tengah mengonsumi obat tertentu, sebaiknya hindari konsumsi buah nangka untuk sementara waktu, ya!

Referensi:
International Journal of Food Science. Diakses pada 2020. Nutritional and Health Benefits of Jackfruit.
Medical News Today. Diakses pada 2020. What Are the Health Benefits of Jackfruit?
Healthline. Diakses pada 2020. Why Is Jackfruit Good for You? Nutrition, Benefits and How To Eat It.