Selain untuk Wajah, Ini 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Selain untuk Wajah, Ini 5 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Cuka apel disebut-sebut ampuh mengatasi masalah kulit wajah, salah satunya adalah membasmi jerawat. Pasalnya, cuka apel tinggi akan kandungan antioksidan dan antibakteri yang disebut dapat mengatasi bakteri penyebab jerawat. Selain itu, cuka apel juga diyakini bisa mengatasi jerawat karena memiliki kandungan asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat. 

Seluruh kandungan tersebut sudah dibuktikan melalui studi ilmiah dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes. Kandungan asam asetat yang ada pada cuka apel yang disebut-sebut bertugas untuk memecah keratin yang menyumbat pori-pori. Cuka apel juga mengandung asam alfa hidroksi yang mampu mempercepat pengelupasan kulit, memperbaiki tekstur kulit, dan menyerap minyak. 

Baca juga: Cuka Apel Dapat Mengatasi Kutil di Kulit, Benarkah?

Meski memiliki manfaat yang baik untuk wajah dan kulit, cuka apel ternyata tidak boleh sembarang digunakan atau dioleskan ke permukaan kulit. Pasalnya, kandungan yang ada pada cuka apel dikhawatirkan bisa menyebabkan masalah, terutama pada kulit wajah yang sensitif. Belum ada penelitian yang membuktikan tingkat keamanan cuka apel sebagai perawatan kulit wajah. 

Alih-alih sembarangan dan memicu masalah kulit karena cuka apel, ternyata bahan yang satu ini memiliki manfaat yang tak kalah untuk kesehatan tubuh, lho. Apa saja manfaat cuka apel bagi kesehatan?

  • Menurunkan Berat Badan 

Salah satu manfaat yang bisa didapat dari cuka apel adalah menurunkan berat badan, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang melibatkan cuka apel. Peserta penelitian diminta untuk mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel, selama 4 minggu. Dari penelitian itu diketahui bahwa cuka apel bisa menyebabkan berat badan turun sekitar 1–2 kilogram. 

Baca juga: Tambah Flawless, 5 Manfaat Cuka Apel untuk Wajah

  • Mengontrol Kadar Gula Darah 

Cuka apel cukup terkenal di kalangan diabetesi alias pengidap penyakit diabetes. Bahan ini disebut bisa membantu mengontrol kadar gula dalam darah, yaitu hal yang harus diperhatikan oleh orang dengan penyakit diabetes. Cuka apel disebut bisa meningkatkan sensitivitas insulin, terutama setelah mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi cuka apel sebelum makan. 

Cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Hal itu bisa membantu mencegah terjadinya lonjakan kadar gula secara tiba-tiba yang bisa berbahaya bagi pengidap penyakit diabetes. 

  • Mengatasi Diare

Cuka apel disebut bisa membantu melawan bakteri E. coli dan Salmonella, yaitu jenis bakteri yang sering memicu diare dan keracunan makanan. Hal ini terjadi karena kandungan senyawa pektin yang membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Nyatanya, keberadaan bakteri baik di usus bisa membantu menjaga dan merawat kesehatan sistem pencernaan.

  • Obat Sakit Perut 

Cuka apel ternyata juga bisa mengatasi sakit perut yang terjadi karena sembelit, maag, asam lambung, serta gangguan pencernaan lain. Untuk mendapatkan manfaat ini, pastikan untuk mengonsumsi cuka apel yang kaya akan probiotik dan bakteri-bakteri baik lain yang berperan dalam menyehatkan saluran cerna. Jenis cuka apel ini juga bisa membantu kerja sistem imun serta mencegah sembelit menjadi lebih parah. 

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!