• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Daun Mint untuk Dikonsumsi Setiap Hari

5 Manfaat Daun Mint untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Manfaat Daun Mint untuk Dikonsumsi Setiap Hari

“Manfaat daun mint ternyata tidak hanya untuk memberi sensasi segar pada makanan atau minuman. Ternyata, jenis daun herba yang satu ini juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi dan menggunakan produk dengan bahan dasar daun mint disebut bisa membantu mencegah bau mulut hingga mempercepat penyembuhan flu.

Halodoc, Jakarta – Tidak banyak yang pernah membicarakan manfaat daun mint, kecuali untuk memberi sensasi dingin dan menyegarkan pada makanan atau minuman. Padahal, ada sederet manfaat kesehatan yang bisa didapat dari jenis daun ini. Daun mint disebut bisa membantu menjaga kesehatan gigi, meringankan gejala nyeri menstruasi, hingga meningkatkan fungsi otak. 

Sejumlah manfaat daun mint tersebut didapat dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Daun mint diketahui sebagai salah satu tanaman yang banyak mengandung vitamin A. Asupan vitamin A sudah lama dikenal sebagai “penjaga” kesehatan mata. Daun mint juga kaya akan kandungan antioksidan, sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh. 

Baca juga: Benarkah Daun Mint Efektif untuk Menurunkan Berat Badan?

Manfaat Daun Mint yang Sayang Dilewatkan 

Meski memiliki ukuran yang kecil, manfaat daun mint sangat sayang jika dilewatkan. Sebelumnya perlu diketahui, jenis daun ini masih berkerabat dengan daun herba lain, yaitu daun sage. Daun mint memiliki beragam kandungan vitamin, serat, folat, dan antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa manfaat daun mint yang perlu diketahui, antara lain: 

  1. Meredakan Gangguan Pencernaan 

Salah satu manfaat dari daun mint adalah mengatasi gangguan pencernaan. Ada penelitian yang menemukan bahwa minyak daun mint bisa membantu meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS), yaitu gangguan kronis yang menyerang usus besar. Kamu juga bisa mencampurkan daun mint dengan segelas teh hangat untuk meredakan gangguan pencernaan. 

  1. Mengatasi Bau Mulut 

Punya masalah dengan bau mulut? Daun mint bisa menjadi salah satu solusinya. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa produk pasta gigi atau obat kumur yang mengandung daun mint bisa memberi efek segar pada mulut dan pernapasan. Manfaat daun mint lainnya adalah membunuh bakteri yang menempel di gigi dan gusi, sehingga risiko bau mulut bisa dihindari.

Baca juga: Adakah Obat Batuk Alami untuk Ibu Menyusui?

  1. Meringankan Nyeri Menstruasi

Nyeri dan kram umum terjadi pada periode menstruasi wanita. Nah, daun mint disebut bisa membantu meringankan gejala tersebut. Mengonsumsi teh dengan campuran daun mint selama menstruasi disebut bisa meringankan nyeri, sebab efek yang muncul serupa dengan obat pereda nyeri. 

  1. Mempercepat Penyembuhan Flu 

Daun mint bisa dimanfaatkan sebagai obat alternatif, salah satunya untuk meredakan flu dan batuk. Mengonsumsi daun mint, misalnya dengan cara direbus atau dicampurkan ke dalam makanan atau minuman, disebut bisa mempercepat penyembuhan flu. Daun mint dipercaya bisa membunuh virus penyebab penyakit dan melancarkan sistem pernapasan yang terganggu selama flu. 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak 

Manfaat daun mint yang satu ini mungkin akan mengejutkan. Katanya, menghirup aroma dan mengonsumsi makanan atau minuman yang dicampur daun mint bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Salah satu manfaat utama yang didapat adalah meningkatkan kemampuan mengingat. Belum diketahui pasti apa kaitan antara daun mint dengan fungsi otak, sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat daun mint yang satu ini. 

Daun mint memang dipercaya memberi manfaat sehat, tetapi perhatikan juga efek sampingnya. Mengonsumsi daun ini secara berlebihan disebut bisa memicu efek, seperti gatal, sesak napas, alergi, serta nyeri ulu hati. 

Baca juga: 7 Bahan Alternatif untuk Mengurangi Konsumsi Garam

Cari tahu lebih lanjut seputar manfaat daun mint dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Mint. 
Everyday Health. Diakses pada 2021. 5 Health Benefits of Peppermint.
Healthline. Diakses pada 2021. 12 Science-Backed Benefits of Peppermint Tea and Extracts.