• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Daun Seledri yang Masih Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Daun Seledri yang Masih Jarang Diketahui

5 Manfaat Daun Seledri yang Masih Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Juni 2022

“Selain dipakai sebagai bahan masakan, seledri juga banyak dikonsumsi sebagai minuman sehat. Sebab, sayuran ini punya banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari melawan kanker, antiperadangan, hingga membantu mencegah hipertensi.”

5 Manfaat Daun Seledri yang Masih Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Jus buah menjadi salah satu jenis minuman yang cukup diminati. Rasanya yang manis, segar, dan kaya kandungan vitamin serta mineral membuat jus buah dianggap sebagai minuman yang menyehatkan. Selain buah, kini banyak juga sayuran yang diolah sebagai jus segar dan menyehatkan, salah satunya seledri.

Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan

Daun seledri mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Contohnya vitamin C, vitamin E, beta karoten, dan flavonoid yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, sekaligus menjaga kesehatan dari paparan radikal bebas. Nah, berikut beberapa manfaat daun seledri yang bisa kamu dapatkan:

  1. Melawan Sel Kanker

Manfaat daun seledri yang pertama adalah mencegah pertumbuhan sel kanker. Sesuai dengan studi dalam Journal of Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, apigenin menjadi jenis antioksidan yang telah teruji efektif untuk membasmi sel kanker. 

  1. Penurun Hipertensi

Selain itu, manfaat daun seledri lainnya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sayuran ini kaya kandungan serat yang memang baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi. 

  1. Antiperadangan

Makanan sehat yang satu ini mengandung zat bernama phytonutrients yang berperan aktif sebagai antioksidan sekaligus zat antiperadangan. Nah, zat ini membantu tubuh dalam memerangi stres oksidatif akibat radikal bebas. 

  1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Selain serat, daun seledri juga memiliki kandungan air yang berlimpah. Keduanya menjadi komponen yang pas untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Baik serat maupun air sama-sama berperan aktif untuk membantu mencegah sembelit. 

  1. Rendah Kandungan Gula

Tidak perlu risau dengan kadar gula darah saat mengonsumsi jus seledri. Sebab, seperti ditulis dalam kandungan gulanya terbilang rendah. Sudah pasti, ini menjadi menu sehat yang baik untuk pengidap diabetes. 

Itu tadi beberapa manfaat daun seledri untuk menunjang kesehatan tubuh. Kalau kamu punya keluhan kesehatan yang mengganggu, jangan ragu untuk segera tanyakan pada dokter, ya! Pakai aplikasi Halodoc supaya tanya jawab dengan dokter jadi lebih mudah. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di ponselmu. 

Referensi:
Journal of Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Diakses pada 2022. A Review of the Antioxidant Activity of Celery (Apium graveolens L).
Healthline. Diakses pada 2022. Is Celery Juice Healthy? All You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Celery.