• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Dongeng bagi Perkembangan Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Dongeng bagi Perkembangan Anak

5 Manfaat Dongeng bagi Perkembangan Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 November 2022

“Membaca dongeng ternyata bermanfaat bagi perkembangan anak. Ini bisa meningkatkan fungsi kognitif dan melatihnya berempati.”

5 Manfaat Dongeng bagi Perkembangan Anak5 Manfaat Dongeng bagi Perkembangan Anak

Halodoc, Jakarta – Dongeng adalah cerita penting bagi masa kecil anak. Kisah-kisah ini lebih dari sekadar pengantar tidur. Ini juga bisa memberikan pelajaran moral yang nyata melalui karakter dan kebajikan yang ada dalam cerita. 

Dongeng tidak hanya memikat imajinasi anak-anak, tetapi juga meningkatkan kreativitas dan keterampilan penalaran mereka. Seorang anak belajar banyak hanya dengan mendengarkan kisah-kisah menakjubkan ini. Itulah juga yang menciptakan ikatan khusus antara orang tua dan anak.

Berbagai Manfaat Dongeng untuk Anak

Dongeng dapat membawa anak-anak ke dunia fantasi. Namun, ketika mereka tumbuh dewasa, kebenaran moral dari kisah-kisah ini tetap ada di hati dan pikiran mereka.

Tidak semua orang tua percaya akan pentingnya dongeng untuk anak. Namun, ini bisa memberi manfaat positif bagi pertumbuhan anak, seperti:

1. Membantu Penanaman Nilai dan Pengembangan Moral

Dongeng memberikan pelajaran yang berdampak secara menarik tanpa banyak pengalihan dari dunia nyata. Perjuangan antara yang baik dan yang buruk, bagaimana setiap orang memiliki kekuatan dan kelemahannya, dan dilema emosional dalam dongeng dapat membekali anak-anak dengan situasi yang akan mereka hadapi di dunia nyata. 

Ini pada akhirnya menandakan pentingnya kebaikan, kesabaran, persatuan, dan masih banyak lagi. Ini selalu menekankan untuk melakukan perbuatan baik dan bagaimana hal itu selalu mengalahkan kejahatan. Kisah-kisah ini memperkuat gagasan bahwa selalu ada cara sehat untuk mengatasi segala macam masalah.

2. Mendukung Perkembangan Sensorik dan Kognitif

Anak-anak yang terbiasa membaca atau dibacakan dongeng cenderung memiliki konsentrasi dan kemampuan mendengarkan yang baik, ingatan yang kuat, kosakata yang kaya, dan pemahaman bahasa yang baik. 

Sebab, cerita dalam dongeng bisa menembus jauh lebih dalam ke dalam pikiran anak-anak daripada yang kamu kira. Selain itu, ini memiliki inti yang mudah dipahami, dan anak-anak mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan masyarakat di sekitar mereka. 

3. Melatih Empati

Dongeng sangat mahir menggambarkan pentingnya menghormati semua makhluk, menghargai keragaman fisik, dan menempatkan semua orang pada alas yang sama.

Adalah gagasan yang baik untuk memperkenalkan hewan sebagai karakter utama. Selain itu, memberi mereka suara dan emosi yang serupa seperti manusia. Ini akan mengajari anak bahwa manusia harus memperlakukan hewan dengan baik dan berempati dengan semua makhluk.

4. Menumbuhkan Kreativitas dan Meningkatkan Imajinasi

Dongeng memang menabur benih imajinasi, yang memicu kemampuan berpikir kreatif. Rasa ingin tahu juga bisa menimbulkan banyak pertanyaan dan asumsi pada anak-anak. 

Bahkan Albert Einstein menekankan manfaat kreatif dari bercerita. Ia berkata: “Jika ingin anak-anak menjadi cerdas, bacakan mereka dongeng; jika Anda ingin mereka lebih cerdas, bacakan mereka lebih banyak dongeng.” 

Ini cukup meringkas relevansi menceritakan dongeng karena ini adalah cara yang terbukti untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan penalaran kritis anak-anak.

5. Memperkuat Ikatan Sosial dan Keluarga

Dongeng tidak lengkap tanpa menggambarkan ikatan yang dimiliki oleh dua individu. Penggambaran tersebut membantu anak-anak lebih memahami berbagai ikatan di sekitar mereka. Termasuk ikatan saudara kandung, teman, orang tua-anak, dan lainnya.

Hal ini pada akhirnya membuat proses sosialisasi menjadi lebih mudah bagi mereka. Selain itu, menceritakan dongeng kepada anak-anak secara signifikan menjembatani kesenjangan emosional antara orang tua dan anak.

Itulah beberapa manfaat dongeng bagi perkembangan anak. Jika merasa anak mengalami masalah tumbuh kembang, download Halodoc sjaa untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter spesialis anak. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Raising Children 101. Diakses pada 2022. 5 Reasons Why Fairy Tales Are Important For Your Child’s Development.
Nepean Tutoring. Diakses pada 2022. The Benefits of Fairy Tales.