• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Oktober 2022

“Donor darah yang dilakukan secara rutin tidak hanya bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk pendonornya, bahkan disebutkan bisa mengurangi berat badan.”

5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh5 Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tak hanya bertugas sebagai pengangkut dan pembawa oksigen ke semua jaringan dan organ pada tubuh, masih banyak lagi fungsi dari darah. Sebut saja, darah membantu membawa sari makanan dari usus ke semua jaringan tubuh, mengatur dan mengendalikan suhu tubuh, hingga koordinasi penyaluran hormon.

Jadi, pasti kamu sudah bisa membayangkan bagaimana jadinya jika tubuh mengalami kekurangan darah karena berbagai alasan. Inilah mengapa, kamu dianjurkan untuk mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tentu saja tujuan utamanya untuk menolong orang-orang yang membutuhkannya. 

Manfaat Donor Darah

Palang Merah Amerika menyebutkan, sumbangan darah yang berasal dari satu orang saja bisa membantu menyelamatkan sampai tiga nyawa orang lain. Disebutkan pula bahwa donor darah sebenarnya diperlukan untuk setiap dua detik. Sebenarnya, donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan. 

Aktivitas ini juga memberikan manfaat untuk pendonornya, lho! Berikut manfaat donor darah yang bisa kamu dapatkan jika melakukan aktivitas kemanusiaan ini secara berkala:

  1. Bisa mendeteksi adanya masalah kesehatan yang serius

Sebelum bisa mendonorkan darah, petugas terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Melalui darah, beberapa penyakit serius bisa terdeteksi, seperti sifilis, human immunodeficiency virus (HIV), hepatitis B, C, dan penyakit malaria. 

Melalui pemeriksaan darah ini, kamu bisa mengetahui apakah tubuh terdeteksi mengalami penyakit serius atau tidak. Jika ada hasil positif, tentunya kamu tidak dapat mendonorkan darah, karena bisa memicu efek samping yang berbahaya bagi penerima nantinya.

  1. Menjaga jantung dan peredaran darah tetap sehat

Manfaat donor darah lainnya yaitu mengurangi risiko munculnya penyumbatan pada pembuluh darah. Ini akan membuat sirkulasi darah pada tubuh tetap optimal. Selain itu, rutin melakukan donor darah juga dapat membuat detak jantung lebih stabil dan teratur. 

Sirkulasi darah yang lancar tentu akan membuat organ dan jaringan tubuh bisa berfungsi optimal. Bahkan, orang-orang yang secara rutin melakukan donor darah memiliki risiko lebih rendah untuk terserang berbagai masalah kesehatan serius. Contohnya seperti stroke, kanker, dan serangan jantung. Kadar zat besi dalam darah pun lebih stabil.

  1. Menurunkan berat badan

Tak sedikit orang yang bertanya, benarkan melakukan donor darah bisa membantu menurunkan berat badan? Nah, ketika melakukan donor darah, kamu memberikan sekitar 450 mililiter darah. Ini setara dengan membakar kalori tubuh sebanyak 650 kalori. 

Meski begitu, bukan berarti donor darah bisa secara instan membuat berat badan menurun. Kamu tetap harus mengimbanginya dengan pola hidup dan pola makan sehat. Misalnya, rutin olahraga, menghindari stres, cukup istirahat cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

  1. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Menjadikan donor darah sebagai kebiasaan rutin juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam darah. Dengan begitu, risiko terjadinya sumbatan atau plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis dapat ditekan, dan sirkulasi darah serta organ bisa tetap berfungsi optimal.

  1. Menjaga mental tetap sehat

Sebenarnya, donor darah tidak hanya memberikan manfaat untuk kesehatan fisik. Aktivitas ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan mental. Melalui donor darah, kamu bisa menolong orang lain, dan itu akan membuat perasaanmu lebih senang. Ini akan membuat kamu terdorong untuk membiasakan hidup sehat, sehingga tetap bisa melakukan donor darah secara rutin dan terus membantu orang lain. 

Kamu bisa melakukan donor darah di rumah sakit atau langsung menuju ke Palang Merah Indonesia yang terdekat dengan lokasi tempat tinggalmu. Bisa juga cek kesehatan langsung dengan booking rumah sakit sebelum donor darah, pakai aplikasi Halodoc. Kamu bisa download Halodoc di ponselmu.

Referensi:
Promkes Kemenkes RI. Diakses pada 2022. 3 manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan Tubuh.
Healthline. Diakses pada 2022. The Benefits of Donating Blood.
Verywell Health. Diakses pada 2022. Does Giving Blood Lower Cholesterol Levels?
WebMD. Diakses pada 2022. Donating Blood.