• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Film Sedih bagi Kesehatan Mental

5 Manfaat Film Sedih bagi Kesehatan Mental

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pernahkan kamu mendengar istilah "cinematherapy"? Terapi sederhana ini adalah hal nyata yang terkadang dianjurkan oleh para ahli kesehatan mental. Cinematherapy adalah proses menggunakan film yang dibuat untuk layar lebar atau televisi untuk tujuan terapeutik. Idenya adalah bahwa film dapat mengubah cara seseorang berpikir, merasakan, dan pada akhirnya menerima dan menghadapi pasang surut hidup.

Cara melakukan terapi ini cukup sederhana, kamu bisa memilih film dengan tema yang mencerminkan masalah atau situasi kamu saat ini. Misalnya, jika kamu sedang terjebak dalam hubungan tanpa status, mungkin 500 days of Summer bisa menjadi pilihan. Atau jika kamu hanya sedang punya masalah dengan orangtua yang kerap tidak memercayaimu, mungkin film Cek Toko Sebelah juga bisa menjadi pilihan. 

Namun, jika kamu ingin tahu mengapa cinematherapy bermanfaat untuk kesehatan mental, simak beberapa alasannya berikut!

Baca juga: Nonton Film Komedi Ternyata Bisa Menghilangkan Stres

Mengapa Film Sedih Baik untuk Kesehatan Mental?

Ada beberapa alasan film sedih, atau film lainnya bermanfaat untuk kesehatan mental, seperti: 


Mendorong Pelepasan Emosi

Saat menonton kejadian di layar, seseorang mungkin akan terisak-isak, tertawa histeris, atau menunjukkan emosi dengan bebas yang mungkin tidak nyaman untuk mereka lakukan sendiri. Ini bisa menimbulkan efek katarsis dan juga membuat mereka lebih terbiasa mengekspresikan emosi. Melakukan hal itu dapat menjadi pendahulu atau pendamping yang penting untuk dapat terbuka dalam konseling atau kehidupan nyata.

Salah satu gejala umum depresi adalah sejenis mati rasa emosional, yakni ketidakmampuan untuk merasakan emosi sama sekali, baik atau buruk. Dengan menonton film, maka kamu akan dapat membantu seseorang mulai terbuka dan merasakan emosi lagi.


Film Sedih Bisa Membangkitkan Perasaan Bahagia

Saat kamu menonton film sedih, kamu akan cenderung menjauh darinya dengan memikirkan orang yang kamu cintai dan merasa lebih bahagia tentang apa yang kamu miliki. Dalam satu studi di mana siswa menonton versi film Atonement, mereka menilai diri mereka jauh lebih bahagia dengan hidup mereka setelah melihat kisah tragis daripada sebelum mereka melihatnya. Tragedi, tampaknya, membuat orang lebih menghargai berkah dan hubungan penting dalam hidup mereka yang berarti merasa lebih bahagia.

Baca juga: 4 Manfaat Menonton Film Horor


Membantu Memahami Kehidupan Nyata

Mitos dan narasi tentang makhluk fantastis, pahlawan, dan dewa telah ada sejak lama dan akan terus diceritakan kepada generasi mendatang. Pembelajaran dan pengetahuan telah diwariskan selama ribuan tahun melalui cerita. Cerita adalah cara kita memahami dan memahami dunia. Cerita yang bagus melibatkan keingintahuan, emosi, dan imajinasi seseorang. Nah, film adalah cerita yang dapat membantu kita melihat dunia dengan cara yang berbeda dan dari sudut pandang yang berbeda.


Film Memberikan Mental Beristirahat

Pikiran akan beristirahat dari apa pun yang sedang dikerjakannya saat kamu menonton film, meskipun itu hanya untuk beberapa jam. Ini memungkinkan otak untuk mencabut dan menghidupkan kembali. Kamu dapat menyalakan televisi dan segera dipindahkan ke waktu lain di negara bagian, negara, atau bahkan galaksi lain. Ketika kamu tersesat di dunia yang berbeda untuk sementara waktu, pikiran kamu terfokus pada saat ini dan kekhawatiran akan lenyap. Film juga memberikan bentuk gangguan mental yang dapat menjadi alat koping yang sehat dan adaptif jika digunakan dengan tepat.


Film Membawa Kelegaan Meski Awalnya Bikin Stres

Kamu mungkin mengalami pelepasan katarsis ketika seseorang lolos dari malapetaka atau karakter yang tidak diunggulkan menang melawan rintangan. Saat kamu melihat sesuatu yang tegang atau menegangkan, otak akan melepaskan kortisol (hormon stres). Namun, pada penyelesaian cerita, kamu akan terkena dopamin, opioid yang diproduksi secara alami yang menimbulkan perasaan senang.

Baca juga: Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres, Ini Faktanya

Itulah manfaat film sedih untuk kesehatan mental. Jika kamu punya masalah yang bikin stres dan bingung bercerita kepada siapa, kamu sebaiknya hubungi psikolog di Halodoc. Psikolog bisa jadi teman curhatmu, dan ia akan memberikan saran supaya stres kamu bisa berkurang. Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang untuk atasi stres yang bikin hidup kamu ngga nyaman.

Referensi:
The Best Brain Possible. Diakses pada 2020. How Watching Movies Can Help Your Mental Health.
Psych Central. Diakses pada 2020. How Watching Movies Can Benefit Our Mental Health.