5 Manfaat Jahe yang Direbus untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
5 Manfaat Jahe yang Direbus untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta - Jahe merupakan salah satu jenis apotek hidup yang disarankan untuk ditanam di pekarangan rumah. Herbal ini sudah dikenal memiliki manfaat yang luar biasa. Manfaat jahe bisa kamu dapatkan dengan cara merebusnya dan dijadikan minuman. Apalagi saat cuaca di musim penghujan, minuman jahe banyak dicari untuk menghangatkan tubuh. 

Jahe memiliki rasanya yang nikmat dan khas. Minuman jahe juga memiliki banyak khasiat, seperti untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi berbagai gejala penyakit. Nah, buat kamu yang gemar mengonsumsi minuman jahe atau merebus jahe untuk mendapatkan sarinya, yuk simak manfaat jahe yang luar berikut ini:

Baca juga: Mulai Dilirik untuk Pengobatan, Apakah Herbal Aman?

  • Mengurangi Reaksi Alergi. Kamu mengalami beberapa gejala reaksi alergi? Jangan khawatir karena minuman jahe mampu meredakan reaksi alergi. Ini karena jahe memiliki efek antiradang yang bisa meredakan reaksi peradangan akibat alergi.

  • Menurunkan Berat Badan. Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, maka mengonsumsi minuman jahe bisa menjadi salah satu caranya. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi saat kita minum teh jahe hangat maka bisa membuat kita merasa kenyang.

  • Meredakan Nyeri Haid. Kondisi ini merupakan masalah rutin yang sering dialami wanita. Nah, sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman jahe bisa meredakan nyeri ini. Ada penelitian juga yang mengatakan bahwa efektivitas minuman jahe dalam mengatasi nyeri haid tidak kalah dari obat antinyeri yang disarankan dokter.

  • Meredakan Nyeri Sendi dan Otot. Selain nyeri haid, minum air jahe rebus efektif meredakan nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Manfaat jahe ini karena jahe memiliki sifat antiradang alami. 

  • Mencegah Risiko Penyakit Jantung. Kandungan antioksidan, mineral, dan asam amino dalam minuman jahe ampuh mencegah penyakit jantung. Rutin mengonsumsi minuman jahe dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol, meredakan nyeri ulu hati, mencegah serangan jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Jika ingin tahu lebih lanjut manfaat jahe, maka kamu bisa chat dengan dokter di Halodoc. Dokter profesional akan memberikan saran kesehatan sesuai kondisi yang kamu alami. 

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Prosedur Uji Klinik Obat Herbal 

Lantas, Bagaimana Cara Membuat Minuman Jahe?

Cara membuat minuman jahe tidak sulit, namun untuk mendapatkan manfaat jahe yang optimal, ada baiknya memilih jahe segar. Cara yang bisa diterapkan di rumah, yaitu:

  • Parut 1,5 sendok teh jahe segar;

  • Rebus 4 gelas air;

  • Tambahkan jahe ke dalam air;

  • Biarkan jahe meresap selama sekitar 5-10 menit;

  • Saring airnya untuk memisahkan parutan jahe.

Nah, air jahe ini bisa diminum baik panas maupun dingin. Jika rasanya terlalu kuat, maka kamu bisa menambahkan madu atau perasan air lemon.

Namun, Bolehkah Minum Air Jahe Setiap Hari?

Sebetulnya tidak ada larangan untuk minum air jahe setiap hari karena air jahe cenderung aman. Namun saat dikonsumsi berlebihan, jahe bisa bikin kamu sakit perut, kembung, terasa panas, hingga mulas dan diare. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya mengonsumsinya sekitar 4 gram jahe per hari.

Konsumsi jahe dalam bentuk apa pun juga dikhawatirkan bisa sebabkan interaksi yang berbahaya , terutama bagi kamu yang sedang konsumsi obat pengencer darah. Oleh karena itu, tanyakan kepada dokter sebelum minum air jahe. Kondisi ini juga berlaku bagi ibu hamil karena bisa jadi minum air jahe meningkatkan risiko komplikasi kehamilan. 

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. 7 Health Benefits of Ginger.
Healthline. Diakses pada 2019. What Are the Benefits and Side Effects of Ginger Water?