• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

5 Manfaat Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta – Penggemar diet sehat pasti sudah tidak asing lagi dengan susu rendah lemak. Susu jenis ini bukan hanya baik untuk program penurunan berat badan yang tengah kamu jalani, tapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Susu rendah lemak sendiri memiliki kandungan lemak sebanyak 1-2 persen di dalamnya. Namun, ada juga jenis susu yang sama sekali tidak memiliki kandungan lemak, yaitu susu skim.

Kamu dapat memilih salah satunya, sesuai dengan kebutuhanmu. Susu rendah lemak dengan kandungan lemak sebanyak 1 persen, memiliki 127 kalori, 2 gram lemak jenuh, dan 13 miligram kolesterol di dalamnya. Sedangkan susu rendah lemak dengan kandungan lemak sebanyak 2 persen, memiliki 139 kalori, 4 gram lemak jenuh, dan 22 miligram kolesterol di dalamnya.

Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

Jika harus memilih, susu tanpa lemak atau susu skim merupakan jenis susu yang paling baik untuk diet. Pasalnya, bukan hanya tidak mengandung lemak, susu skim juga rendah kolesterol. Dalam segelas susu skim, hanya terkandung 5 gram kolesterol saja, tanpa lemak jenuh.

Manfaat Mengonsumsi Susu Rendah Lemak

Selama ini, susu rendah lemak dianggap sebagai satu minuman yang pantang dikonsumsi para peserta diet, karena dapat menggemukkan badan. Faktanya, susu rendah lemak mengandung vitamin D yang dibutuhkan tubuh guna membantu menurunkan berat badan. Bukan hanya baik dalam membantu program diet seseorang. Berikut manfaat susu rendah lemak yang dapat kamu rasakan:

  • Mengontrol Tekanan Darah dalam Tubuh

Kandungan kalsium dan protein dalam susu rendah lemak bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin, sehingga kesehatan jantungmu terjaga dan terhindar dari risiko mengidap stroke.

  • Minuman Terbaik setelah Berolahraga

Susu rendah lemak baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Setelah membuang banyak lemak saat berolahraga, mengonsumsi susu rendah lemak akan memberikan nutrisi yang diperlukan tubuh, serta membantu tubuh dalam membentuk masa otot.

Baca juga: Minum Susu Sebelum Tidur, Boleh atau Dihindari?

  • Menambah Kekuatan Tulang

Susu rendah lemak kaya akan kandungan baik bagi tubuh, salah satunya adalah kalsium. Segelas susu rendah lemak mengandung 299 miligram kalsium yang dapat memenuhi 30 persen kebutuhan harian tubuh, yang dapat membantu tubuh membuat tulang menjadi lebih padat. Karena kandungan lemaknya yang rendah, maka kalsium dalam susu dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

  • Menyehatkan Organ Pencernaan

Meminum segelas susu rendah lemak setiap hari dapat membuat usus bekerja dengan optimal. Usus yang bekerja dengan baik dapat mencegah seseorang mengalami masalah yang berkaitan dengan pencernaan, seperti diare dan sembelit.

Baca juga: Ganti Susu Sapi dengan Kedelai, Sama Manfaatnya?

Perlu diketahui bahwa susu rendah lemak dan susu skim baik dikonsumsi oleh pengidap kolesterol tinggi. Pengidap kolesterol tinggi diwajibkan untuk membatasi jumlah asupan kolesterol, setidaknya kurang dari 200 miligram per harinya. Dengan mengonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, tubuh tetap mendapatkan kalsium, vitamin D, dan kalium, tanpa perlu khawatir kolesterol dalam tubuh melonjak naik.

Untuk mengetahui kebutuhan gizi dan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh, kamu bisa mendiskusikannya langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian, agar kesehatan tubuhmu tetap terjaga dengan baik.

 

Referensi:

NCBI. Diakses pada 2020. Dairy Foods, Obesity, and Metabolic Health: The Role of the Food Matrix Compared with Single Nutrients.

WebMD. Diakses pada 2020. 6 Reasons to Get Your Dairy.

Healthline. Diakses pada 2020. 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health.