• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minyak Kutus-Kutus untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Minyak Kutus-Kutus untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Minyak Kutus-Kutus untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Januari 2022

“Minyak kutus-kutus menjadi salah satu jenis obat herbal yang cukup populer beberapa tahun belakangan ini. Manfaatnya bukan sekedar menghangatkan saja, tetapi juga mengatasi gangguan kesehatan pada tubuh.”

5 Manfaat Minyak Kutus-Kutus untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Minyak kutus-kutus memiliki banyak manfaat bagi tubuh berkat campuran berbagai tanaman hebal pada komposisinya. Sebut saja daun neem, daun ashitaba, tanaman purwaceng, bunga lawang, temulawak, kulit kayu, daun pule, kayu gaharu, dan minyak kelapa di dalamnya.

Dengan sejumlah tanaman herbal tersebut, minyak kutus-kutus jelas saja mampu menunjang kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat minyak kutus-kutus bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Masalah pada Tulang, Sendi, Otot, dan Urat

Manfaat minyak kutus-kutus yang pertama adalah mengatasi asam urat, rematik, kesemutan, pegel linu, encok, keseleo, dan sakit pinggang. Minyak ini juga dapat meringankan gejala leher tegang, saraf kejepit, otot bengkak, kram, dan memar.

2. Mengatasi Masalah pada Perut

Selanjutnya, minyak kutus-kutus sangat efektif dalam mengatasi masalah pada perut. Contohnya seperti maag, GERD, gangguan pencernaan, sembelit, wasir, perut kembung, mulas, mual, atau mabuk saat perjalanan.

3. Mengatasi Masalah pada Organ Reproduksi

Minyak ini dinilai mampu melancarkan peredaran darah menuju organ vital pria.  Pada wanita, minyak kutus-kutus dapat mengatasi nyeri haid dan haid tidak teratur. Minyak ini juga efektif mengatasi masalah anyang-anyangan. 

4. Mengatasi Masalah Kulit

Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi oleh minyak kutus-kutus, termasuk jerawat, bisul, kutil, wajah kusam, komedo, dan flek pada wajah. Dengan memakainya secara rutin, wajah menjadi tampak lebih halus dan bercahaya.

5. Mengatasi Masalah Tidur

Manfaat minyak kutus-kutus yang terakhir adalah mengatasi masalah tidur. Beberapa gangguan yang diatasi, seperti insomnia, stress, perasaan tidak enak, dan rasa cemas. Menariknya lagi minyak ini juga dapat memberikan efek menenangkan.

Jangan bingung bagaimana memakainya, kamu hanya perlu mengoleskan di bagian yang diinginkan, lalu memijatnya. Dengan memusatkan pijatan langsung ke titik-titik saraf, sejumlah manfaat yang disebutkan di atas bisa  kamu rasakan.

Itulah manfaat minyak kutus-kutus bagi kesehatan tubuh. Jika kamu ingin mendapatkannya, download Halodoc segera dan cek kebutuhan vitamin dan obat untuk kesehatanmu pada aplikasi tersebut, ya! 

Referensi:

Healing Oil. Diakses pada 2022. 12 Benefits of Kutus Kutus Oil | Effective for all disease!