• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Miracle Fruit, Buah Unik Kaya Nutrisi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Miracle Fruit, Buah Unik Kaya Nutrisi

5 Manfaat Miracle Fruit, Buah Unik Kaya Nutrisi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 Agustus 2022

“Miracle fruit memiliki kalori yang rendah, tapi rasanya sangat manis dan memiliki sifat terapeutik yang baik. Menurut studi miracle fruit bermanfaat untuk membantu mengelola kadar gula darah, hingga membantu menurunkan berat badan.”

5 Manfaat Miracle Fruit, Buah Unik Kaya Nutrisi5 Manfaat Miracle Fruit, Buah Unik Kaya Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Miracle fruit, buah beri berwarna merah cerah, merupakan salah satu makanan sehat yang menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Hal tersebut berkat kalorinya yang rendah, tapi rasanya sangat manis dan memiliki sifat terapeutik yang baik. 

Buah beri ini juga kaya akan miraculin, yaitu sejenis glikoprotein yang merupakan protein dengan molekul gula yang melekat pada asam amino. Lantas, seperti apa saja manfaat miracle fruit bagi kesehatan tubuh? Simak ulasan berikut!

Manfaat Miracle Fruit untuk Kesehatan

Dalam penelitian pada hewan, ditemukan bahwa miracle fruit dapat membantu mengurangi stres metabolik yang berkaitan dengan kondisi seperti obesitas, kanker, sindrom metabolik, dan diabetes. Nah, berikut beberapa manfaat buah miracle fruit bagi kesehatan: 

  1. Membantu Mengelola Kadar Gula Darah

Sebuah studi pada tikus, menunjukkan bahwa daun dan buah miracle fruit dapat meningkatkan produksi dan sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan pengelolaan gula darah. Tikus yang diobati dengan miracle fruit mengalami peningkatkan manajemen gula darah dan respon imun. 

Namun, karena penelitian ini masih terbatas pada hewan, maka diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia, sebelum dalam menarik kesimpulan dari manfaat ini.

  1. Membantu Mencegah Kanker

Buah miracle fruit ini mengandung banyak flavonoid dan terpenoid, yang mungkin memiliki sifat pencegah kanker. Studi in vitro menunjukkan bahwa antioksidan tersebut dapat mengurangi penyebaran sel kanker ganas, termasuk di daerah kolorektal. 

Untuk pengidap kanker yang mengalami perubahan rasa setelah kemoterapi, dapat memanfaatkan buah ini untuk meningkatkan rasa makanan. Dengan begitu, miracle fruit juga dapat membantu pengidap kanker makan lebih banyak. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Miracle fruit  mengandung gula alami dan bebas zat aditif. Buah ini juga cocok menjadi pilihan camilan di antara waktu makan. Miracle fruit dikemas dengan karbohidrat dan gula sederhana, sehingga tidak hanya memuaskan keinginan untuk makan sesuatu yang manis, tapi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut karena jumlah kalorinya yang rendah. 

  1. Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dan sumber nutrisi penting lain yang terkandung dalam miracle fruit, berperan penting dalam memerangi infeksi virus dan bakteri. Jika buah ini dikonsumsi secara teratur, maka dapat memicu produksi sel darah putih, sehingga mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

  1. Meningkatkan Kesehatan Penglihatan

Kandungan vitamin A dalam miracle fruit juga berperan penting dalam melindungi penglihatan. Sertakan buah beri ini dalam pola makanmu, dan konsumsi setidaknya dua kali seminggu untuk mencegah degenerasi makula, pembentukan katarak sejak usia dini.

Miracle Fruits dalam Pengobatan Tradisional

Di beberapa negara Afrika, semua bagian dari tanaman miracle fruit (terutama daunnya) memainkan peran penting dalam pengobatan tradisional. Di negara Benin, misalnya, daun miracle fruit digunakan untuk mengobati diabetes, hipertermia, dan enuresis. 

Sedangkan di Nigeria, bagian-bagian dari buah ini digunakan untuk membantu mengelola diabetes, asma, dan berat badan. Tanaman ini juga dimanfaatkan untuk mengobati kanker dan infertilitas pada pria.

Di Tanzania dan Malaysia, daunnya digunakan dalam perawatan pasca persalinan. Sementara itu akar buahnya digunakan untuk mengobati TBC, batuk, dan meningkatkan potensi seksual. Orang Nigeria juga menggunakannya untuk mengobati gonore. Bahkan saat dikunyah, ranting miracle fruit dapat bertindak sebagai sikat gigi alami.

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat miracle fruit. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang manfaat buah ini, tanyakan pada dokter di Halodoc untuk informasi lebih lanjut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. This Traditional African Fruit May Be a ‘Miracle’
Net Meds. Diakses pada 2022. Miracle Fruit/Miracle Berry: Health Benefits, Uses, Natural Sweetener and Side Effects
WebMD. Diakses pada 2022. Miracle Fruit – Uses, Side Effects, and More
Health Benefit Times. Diakses pada 2022. Miracle fruit facts and health benefits