• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Manfaat Olahraga Teratur untuk Kesehatan Tubuh

“Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari menjalani olahraga teratur. Beberapa manfaat tersebut adalah mengontrol berat badan, menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, meningkatkan massa otot dan kesehatan tulang, serta menjaga kesehatan mental.”

Halodoc, Jakarta – Kamu pasti sering mendengar kalau olahraga teratur dapat memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Mengapa demikian? Pasalnya, aktivitas fisik yang teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga memberikan asupan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh dan membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih efisien. Ketika jantung dan paru-paru sehat, kamu akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Simak selengkapnya di sini manfaat olahraga teratur untuk kesehatan!

1. Mengontrol Berat Badan

Olahraga teratur bisa membantu kamu mengontrol berat badan. Berat badan akan meningkat ketika kalori yang dikonsumsi lebih banyak ketimbang yang dibakar. Penting untuk menyeimbangkan kalori dengan cara melakukan olahraga teratur, seperti lari, berenang, yoga, atau sekadar membersihkan rumah.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Tertentu

Penyakit jantung dan stroke adalah dua penyebab utama kematian di dunia. Melakukan olahraga setidaknya 150 menit seminggu dapat menurunkan risiko mengidap penyakit jantung dan stroke. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol sehat.

3. Meningkatkan Massa Tulang dan Otot

Seiring bertambahnya usia, penting untuk melindungi tulang, persendian, dan otot yang berfungsi menopang dan membantu tubuh bergerak. Menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot tetap sehat dapat membuat kamu tetap aktif. Nah, olahraga aerobik dapat menguatkan otot dan tulang, sehingga memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang terjadi seiring bertambahnya usia.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Mood yang Baik

Selama berolahraga, tubuh melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan mood dan membuat kamu merasa lebih rileks. Ini dapat membantu kamu mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi.

5. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan menjaga gairah seksual pada wanita. Punya gangguan disfungsi seksual? Jangan ditunda lagi, segera buat janji pemeriksaan di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc! Tak perlu repot antre, kamu hanya perlu datang pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
National Health Service. Diakses pada 2021. Benefits of exercise.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Benefits of Physical Activity.
MedlinePlus. Diakses pada 2021. Benefits of Exercise.