• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sabun Pepaya Asli untuk Kesehatan Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sabun Pepaya Asli untuk Kesehatan Wajah

5 Manfaat Sabun Pepaya Asli untuk Kesehatan Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Agustus 2022

“Sabun pepaya punya banyak manfaat untuk kulit wajah. Termasuk mengatasi jerawat dan mencerahkan kulit.”

5 Manfaat Sabun Pepaya Asli untuk Kesehatan Wajah5 Manfaat Sabun Pepaya Asli untuk Kesehatan Wajah

Halodoc, Jakarta – Pepaya adalah buah yang tumbuh di bagian tropis belahan bumi barat. Selain rasanya yang enak, pepaya juga bisa diolah jadi sabun yang bermanfaat untuk kulit. Namun, apa saja sih manfaat sabun pepaya untuk kulit?

Banyak orang menggunakan sabun ini untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit mereka. Sabun pepaya juga dipercaya sebagai pencerah kulit. Jika memiliki perubahan warna atau bekas luka gelap pada kulit, sabun ini bisa menguranginya.

Apa Itu Sabun Pepaya?

Sabun pepaya adalah sabun alami yang terbuat dari buah pepaya asli. Sabun ini aman digunakan di berbagai bagian tubuh, termasuk wajah. Namun, hati-hati dalam memilih produk sabun ini, pastikan terbuat dari buah pepaya asli. 

Sabun batangan biasa sebenarnya juga membersihkan dan menghilangkan kotoran. Namun mungkin terlalu keras untuk kulit, dan bisa menghilangkan minyak alaminya.

Beberapa sabun juga mengandung deterjen sintetis dan bahan lain yang tidak hanya akan membersihkan kotoran, tetapi juga kelembapan alami kulit. Ini dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, osacea, dan meningkatkan kekeringan serta gatal. 

Karena terbuat dari bahan alami, sabun ini mengandung enzim papain, yang dapat memecah protein. Enzim ini meningkatkan pencernaan yang sehat, tetapi juga dapat bertindak sebagai antiinflamasi.

Manfaatnya untuk Kulit yang Sehat dan Cantik

Pepaya mengandung banyak nutrisi untuk membuat kulit lebih sehat. Sabun ini kaya akan vitamin C, yakni antioksidan yang dapat mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang produksi kolagen. 

Sabun ini juga mengandung vitamin A, nutrisi penting lainnya untuk kulit. Nutrisi ini juga dapat mendukung produksi sel-sel kulit baru, dan dapat membantu mengurangi bintik-bintik gelap, noda, dan bekas luka.

Bila sabun pembersih biasa tidak diformulasikan untuk memperbaiki kulit, produk ramah kulit alami seperti sabun pepaya mungkin bisa. 

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat sabun pepaya bagi kulit:

1. Sebagai Eksfoliasi Alami

Enzim papain dalam sabun ini dapat mengelupas kulit dan memberikan penampilan yang lebih sehat. Pengelupasan menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit.

Memang benar bahwa kulit secara alami memperbaharui dirinya sendiri. Namun, eksfoliasi alami dengan sabun ini secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah dan halus, serta meratakan warna kulit.

2. Mengatasi Jerawat

Jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat, sabun ini dapat membantu menghilangkan noda dan mengurangi jerawat. Sebagai enzim pelarut protein, papain efektif menghilangkan keratin yang rusak.

Keratin adalah protein utama pada kulit. Namun penumpukannya dapat menyebabkan pembentukan benjolan kecil. Kekuatan pengelupasan dari sabun ini juga mencegah sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori, yang juga dapat mengurangi jerawat.

3. Meredakan Nyeri Akibat Gigitan Serangga

Mengoleskan sabun ini pada bekas gigitan serangga atau luka dapat membantu meredakan rasa sakit, gatal, bengkak, dan kemerahan. Ini karena papain dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, beberapa racun serangga mengandung peptida, yang merupakan bahan penyusun protein. Papain dapat memecah protein ini, sehingga bisa menghilangkan iritasi kulit.

4. Membersihkan Noda di Wajah

Meski terbuat dari bahan alami, sabun ini nyatanya mampu membersihkan noda di kulit wajah secara menyeluruh. Sebab, papain memiliki kemampuan untuk “memakan” protein, sehingga bisa dengan mudah menghilangkan noda membandel di kulit, terutama noda berbasis protein.

5. Mencerahkan Kulit

Jika kamu memiliki bintik-bintik hiperpigmentasi atau warna kulit yang tidak merata, sabun alami ini dapat membantu mencerahkan warna kulit. Hiperpigmentasi adalah penggelapan atau perubahan warna kulit.

Karena mampu mengangkat sel-sel kulit mati, sabun ini secara bertahap dapat mengurangi munculnya bercak-bercak hitam, dan secara tidak langsung mencerahkan kulit.

Selain itu, sabun ini juga dipercaya mampu mengekang produksi melanin yang berlebihan. Namun, belum ada bukti ilmiah kuat untuk mendukung klaim ini. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat sabun pepaya untuk kulit. Meski alami, sabun ini mungkin tidak cocok untuk beberapa orang. Segera hentikan penggunaan jika memiliki tanda reaksi alergi seperti kemerahan, gatal, dan bengkak pada kulit.

Sebaiknya hindari sabun juga jika kamu memiliki alergi terhadap pepaya atau lateks. Sebab papain diperoleh dari lateks buah pepaya mentah. Jika mengalami masalah kulit, segera download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter kulit, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Papaya Soap and When Should I Use it?
Livestrong. Diakses pada 2022. 3 Potential Benefits of Papaya Soap.