• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Manfaat Sabun Susu Kambing untuk Kesehatan Kulit

Sebagian besar sabun yang dibuat secara komersial mengandung surfaktan keras yang dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit. Sabun susu kambing mengandung lemak dalam jumlah tinggi, terutama asam kaprilat, memungkinkan untuk menghilangkan kotoran dengan lembut tanpa menghilangkan asam lemak alami kulit.”

Halodoc, Jakarta –  Seperti namanya, sabun susu kambing terbuat dari susu kambing yang dalam proses pembuatannya melibatkan penggabungan asam, lemak, dan minyak dengan basa yang disebut alkali.

Pada sebagian besar sabun, alkali dibuat dengan menggabungkan air dan natrium hidroksida. Namun, saat membuat sabun susu kambing, susu kambing digunakan sebagai pengganti air sehingga memungkinkan konsistensi yang lebih kental karena lemak alami.

Susu kambing kaya lemak jenuh dan tak jenuh, sehingga ideal untuk digunakan sebagai sabun. Lemak jenuh meningkatkan busa sabun, sementara lemak tak jenuh memberikan sifat pelembap dan nutrisi. Apakah kombinasi yang demikian menyebabkan sabun susu kambing sangat baik untuk kesehatan kulit? Baca selengkapnya di sini!

Menjaga Kelembapan serta Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Jawabannya adalah ya. Sabun susu kambing memiliki beberapa karakteristik bermanfaat yang dapat membantu menjaga kulit menjadi lembut dan sehat. Apa saja manfaat sabun susu kambing untuk kesehatan kulit?

Baca juga: Rawat Kulit dengan Memilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

1. Pembersih yang Lembut

Sebagian besar sabun yang dibuat secara komersial mengandung surfaktan keras yang dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami kulit sehingga membuatnya terasa kering dan kencang.

Untuk menjaga kelembapan alami kulit, sebaiknya gunakan produk yang tidak menghilangkan lemak alami di penghalang kulit. Sabun susu kambing mengandung lemak dalam jumlah tinggi, terutama asam kaprilat, memungkinkan untuk menghilangkan kotoran dengan lembut tanpa menghilangkan asam lemak alami kulit.

2. Kaya Nutrisi

Susu kambing kaya akan asam lemak dan kolesterol, yang membentuk sebagian besar membran kulit. Kurangnya komponen ini di kulit dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Selain itu, susu adalah sumber vitamin A yang baik, vitamin yang larut dalam lemak yang terbukti memiliki sifat anti-penuaan.

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Sabun susu kambing juga mengandung selenium yang baik, mineral yang terbukti mendukung membran kulit yang sehat. Bahkan dapat memperbaiki gejala psoriasis seperti kulit kering. Namun, tingkat nutrisi dalam sabun susu kambing bergantung pada jumlah susu yang ditambahkan selama produksi.

3. Memperbaiki Kulit Kering

Kondisi kulit kering dikenal juga dengan sebutan xerosis. Penyebab dari kondisi ini karena kadar air yang rendah di kulit. Biasanya, keberadaan lipid kulit memperlambat hilangnya kelembapan. Itu sebabnya, kadar lipid yang rendah dapat menyebabkan hilangnya kelembapan dan kulit kering, teriritasi, dan kencang.

Orang dengan kondisi kulit kering tertentu, yaitu psoriasis dan eksim, sering kali memiliki kadar lipid yang lebih rendah, seperti kolesterol, ceramide, dan asam lemak di kulit.

Baca juga:  Terlalu Sibuk Bekerja, Begini Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Untuk memperbaiki kulit kering, penghalang lipid harus dipulihkan dan direhidrasi. Kadar kolesterol dan asam lemak yang tinggi dari sabun susu kambing dapat menggantikan lemak yang hilang sambil memberikan kelembapan untuk memungkinkan retensi air yang lebih baik. 

Selain itu, penggunaan sabun yang keras dapat menghilangkan kelembapan alami kulit, yang dapat memperburuk kulit kering. Menggunakan sabun lembut yang kaya lemak, seperti sabun susu kambing dapat mendukung dan mengembalikan kelembapan kulit.

4. Eksfoliasi Alami

Sabun susu kambing mengandung senyawa yang dapat mengelupas kulit. Asam alfa-hidroksi (AHA) digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, seperti bekas luka, bintik-bintik penuaan, dan hiperpigmentasi, karena kemampuan alaminya untuk terkelupas. 

Asam laktat, AHA alami yang ditemukan dalam sabun susu kambing, telah terbukti menghilangkan lapisan atas sel kulit mati dengan lembut, memungkinkan kulit lebih awet muda. Terlebih lagi, asam laktat dikenal sebagai salah satu AHA paling lembut, menjadikannya pilihan yang cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif.

Namun, jumlah AHA dalam sabun susu kambing masih belum diketahui, sehingga sulit untuk mengetahui seberapa efektifnya dalam pengelupasan kulit. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian.

5. Mencegah Pertumbuhan Jerawat

Sabun susu kambing dapat membantu mengendalikan atau mencegah jerawat. Hal ini karena kandungan asam laktat yang terdapat di dalamnya. Asam laktat adalah kandungan eksfoliasi alami yang dengan lembut mengangkat sel kulit mati, membantu mencegah jerawat dengan menjaga pori-pori bersih dari kotoran, minyak, dan sebum berlebih.

Selain itu, sabun susu kambing lembut dan membantu menjaga kelembapan kulit. Ini tidak seperti banyak pembersih wajah yang mengandung bahan keras yang dapat mengeringkan kulit, berpotensi menyebabkan produksi minyak berlebih dan pori-pori tersumbat.

Meskipun demikian, pengobatan untuk jerawat bervariasi dari orang ke orang. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter kulit untuk memastikan menggunakan produk terbaik untuk kulit. Mau buat janji pemeriksaan kesehatan kulit dengan dokter di rumah sakit? Buat janji saja lewat aplikasi Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Surprising Benefits of Goat Milk Soap
The Healthy.com. Diakses pada 2021. Is Goat Milk Soap Good for Your Skin?