• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Kulit

“Selain teh hijau, teh chamomile banyak dipilih para penikmat teh. Selain karena aroma yang khas, teh chamomile mengandung flavonoid yang mampu menunjang kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Lantas, apa saja manfaat teh chamomile bagi kesehatan kulit?”

Halodoc, Jakarta – Bagi pecinta varian teh, teh chamomile menjadi salah satu jenis yang banyak dipilih. Teh ini dibuat dari bunga chamomile yang dikeringkan, sehingga aroma wangi bunganya pun semerbak ketika diseduh dengan air hangat. Manfaat teh chamomile didapatkan dari kandungan flavonoid, coumarin, polyacetylenes, dan sesquiterpenes di dalamnya. Berikut ini manfaat teh chamomile untuk kesehatan kulit:

Baca juga: Minuman Terbaik untuk Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

1. Menghilangkan Mata Panda

Manfaat teh chamomile yang pertama adalah menghilangkan mata panda. Mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata bisa disebabkan oleh kondisi genetik, atau pola tidur yang tidak teratur. Jika terjadi secara genetik, mata panda kemungkinan tidak bisa dihilangkan total, tetapi bisa disamarkan. Untuk mengatasi mata panda yang berkaitan dengan pola tidur tidak teratur, kamu bisa menggunakan teh chamomile. Caranya dengan mengompres mata menggunakan bagian kantung teh. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Meningkatkan Elastisitas Kulit

Manfaat teh chamomile selanjutnya adalah meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan antiinflamasi, anti bakteri alami, serta antioksidan mampu mengencangkan pembuluh kapiler di bawah kulit. Antioksidan di dalamnya mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Bukan itu saja, kandungan tersebut juga dapat membantu tubuh membuang racun dari dalam.

3. Mengatasi Jerawat

Kandungan baik dalam teh chamomile dipercaya dapat mengatasi jerawat pada wajah. Caranya dengan menjadikan teh chamomile sebagai toner alami. Begini cara membuatnya:

  • Siapkan air, teh dan kapas.
  • Masak air dan celupkan kantung teh.
  • Setelah air matang, masukkan kedalam gelas.
  • Tunggu air menjadi hangat kuku, lalu celupkan kapas.
  • Bersihkan wajah menggunakan air tersebut.
  • Tunggu beberapa menit sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat.
  • Untuk mendapatkan manfaatnya, lakukan secara rutin setiap hari sebelum tidur.

Baca juga: Berbagai Jenis Minuman Jahe yang Menyehatkan

4. Meringankan Peradangan

Teh chamomile memiliki efek anti bakteri yang mampu mencegah timbulnya infeksi. Jika langsung mengoleskan ekstrak chamomile pada luka secara rutin, maka  dapat membantu proses penyembuhan luka. Bukan itu saja, kandungan di dalamnya juga dapat mengatasi eksin dan inflamasi dalam intensitas ringan.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan flavonoid dan polyphenol dalam teh chamomile mampu menjaga kesehatan kulit, serta menghilangkan tanda penuaan dini. Penuaan dini sendiri dapat terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya adalah berkurangnya jumlah produksi kolagen dalam tubuh. Nah, kandungan antioksidan dalam teh chamomile dinilai efektif dalam membantu meremajakan kulit, serta melindungi kulit dari dampak buruk akibat paparan sinar UV.

Baca juga: 7 Minuman Sehat yang Efektif Mengatasi Nyeri Haid

Selain mampu menunjang kesehatan kulit, teh chamomile juga dapat mengatasi masalah insomnia pada seseorang. Kandungan apigenin di dalamnya dapat mempermudah seseorang tidur lebih lelap. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa mengonsumsi secangkir teh chamomile 45 menit sebelum tidur. Berikan jeda agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna teh dan senyawa kimia di dalamnya.

Dengan begitu, efek sedatif yang memberikan efek kantuk dapat dirasakan oleh tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. 

Hal yang perlu diingat, bagi pengidap alergi terhadap bahan makanan tertentu, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya, ya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah munculnya reaksi alergi.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

NDTV Food. Diakses pada 2021. 13 Benefits Of Chamomile Tea For Skin, Hair And Overall Health: Drink Up!

Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the benefits of chamomile tea?