• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Wijen Hitam yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Wijen Hitam yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan

5 Manfaat Wijen Hitam yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 September 2022

“Wijen hitam kaya akan berbagai nutrisi yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal. Bila dikonsumsi secara teratur, manfaat wijen hitam bisa menjaga kesehatan pencernaan hingga kulit.”

5 Manfaat Wijen Hitam yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan5 Manfaat Wijen Hitam yang Kaya Nutrisi bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Wijen hitam merupakan salah satu jenis biji wijen yang cukup populer yang sering digunakan sebagai taburan pada makanan penutup. Meskipun kecil, biji-bijian tersebut mengandung kaya akan berbagai nutrisi, sehingga bisa memberi banyak manfaat kesehatan.

Wijen hitam kaya akan antioksidan dan asam lemak sehat. Bila dikonsumsi secara utuh bersama dengan kulit luarnya, biji-bijian tersebut bisa memberikan nutrisi yang lebih banyak lagi. Simak manfaat wijen hitam untuk kesehatan di sini.

Manfaat Wijen Hitam untuk Kesehatan

Biji wijen hitam kaya merupakan sumber makromineral dan trace mineral yang sangat kaya.  Tubuh membutuhkan trace mineral hanya dalam jumlah kecil, sedangkan makromineral dibutuhkan dalam jumlah besar.

Asupan makromineral yang lebih tinggi, seperti kalsium dan magnesium, sudah dikaitkan dengan perbaikan faktor risiko penyakit jantung, terutama tekanan darah tinggi. Sementara beberapa trace mineral dalam wijen hitam, khususnya zat besi, tembaga, dan mangan, penting untuk mengatur metabolisme, fungsi sel dan sistem kekebalan, serta sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, biji wijen hitam juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang sehat. Nutrisi tersebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Bila dikonsumsi secara teratur, berikut manfaat wijen hitam untuk kesehatan:

1. Membantu mengontrol tekanan darah

Berkat kandungan lemak tak jenuh ganda dan senyawa sesamin di dalamnya, wijen hitam bisa membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Sebuah penelitian kecil pada 30 orang dewasa menemukan, bahwa mengonsumsi kapsul yang mengandung 2,5 gram tepung biji wijen hitam setiap hari selama 4 minggu, bisa  menurunkan tekanan darah sistolik (angka teratas pembacaan) secara signifikan, sementara kelompok plasebo tidak mengalami perubahan.

2. Menurunkan kolesterol

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, wijen hitam juga bisa menurunkan kolesterol. Manfaat wijen hitam tersebut juga berkat kandungan lemak tak jenuh yang dimilikinya.

3. Mengatasi sembelit

Biji wijen hitam juga kaya akan asam lemak omega 3 yang sehat, yang bisa melumasi dinding usus dan membantu mengatasi sembelit. Bijinya yang kaya serat juga bisa meningkatkan pergerakan usus. Itulah mengapa mengonsumsi biji wijen hitam bisa membantu melindungi sistem pencernaan dari berbagai masalah.

4. Menyehatkan kulit dan rambut

Wijen hitam juga sering digunakan dalam produk rambut dan kulit, seperti sabun, sampo, dan pelembab, lho. Hal itu karena biji-bijian kecil tersebut mengandung banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit, yaitu zat besi, seng, asam lemak, dan antioksidan.

Menurut penelitian, penggunaan minyak wijen hitam bisa menangkal sekitar 30 persen sinar ultraviolet yang bisa merusak kulit. Sinar tersebut bisa menyebabkan kerutan dan membuat kulit mengalami penuaan dini. Berbagai nutrisi dalam wijen hitam juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan menjaga kulit tetap kenyal.

5. Mencegah penuaan

Manfaat wijen hitam yang satu ini tentu menjadi kabar baik bagi para wanita. Ya, makanan sehat tersebut bisa mencegah penuaan berkat kandungan antioksidan, seng dan vitamin E-nya. Antioksidan berperan penting dalam memperlambat laju kerusakan sel dan memperbaiki sel yang rusak di dalam tubuh. Sedangkan seng merupakan komponen penting dalam pembentukan kolagen yang membantu memperkuat jaringan kulit. 

Selain itu, minyak wijen juga mengandung vitamin E, yang mengurangi munculnya luka bakar dan bekas luka pada kulit, serta membantu menghindari tanda-tanda penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat wijen hitam bagi kesehatan. Bila kamu ingin mengetahui nutrisi dan manfaat makanan tertentu, atau memiliki keluhan kesehatan, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa tanya dokter apa saja seputar kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Black Sesame Seeds: Nutrition, Benefits, and More.
Times of India. Diakses pada 2022. The Lesser Known Benefits Of Black Sesame Seeds.
Vinmec International Hospital. Diakses pada 2022. What are the benefits of black sesame seeds?