• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi dengan Arang Aktif
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi dengan Arang Aktif

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi dengan Arang Aktif

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 November 2021
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Diatasi dengan Arang Aktif

“Saat ini banyak berbagai produk kesehatan tubuh yang menggunakan arang aktif sebagai bahan utamanya. Memang arang aktif dipercaya mampu mengatasi banyak masalah kesehatan. Contohnya diare, gangguan ginjal, hingga infeksi kulit. Namun, penelitian tentang manfaat kesehatan arang aktif masih terbatas.”

Halodoc, Jakarta – Arang aktif merupakan bubuk hitam halus, tidak berbau, yang sering digunakan untuk mengobati overdosis saat seseorang harus ditangani di unit gawat darurat. Sifat penyerap racun dari arang aktif memiliki banyak manfaat  sebagai obat dan kosmetik, meski belum ada bukti secara ilmiah. 

Perlu diketahui, arang aktif dapat menghentikan racun yang diserap perut dengan mengikatnya. Sementara itu tubuh tidak mampu menyerap arang, sehingga racun yang diikat oleh arang akan meninggalkan tubuh bersama dengan tinja atau kotoran. Itulah sebabnya arang aktif sering digunakan untuk membantu seseorang yang sedang keracunan makanan

Manfaat Kesehatan Arang Aktif

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyetujui penggunaan arang aktif untuk perawatan darurat overdosis atau keracunan. Namun, karena sifat pembersihan racunnya cukup kuat, penggunaan arang aktif hanya boleh digunakan sebagai pengobatan kondisi penyakit dengan gejala yang terus bertambah buruk. 

Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat diobati dengan arang aktif:

1. Gangguan Ginjal

Arang aktif mungkin dapat membantu fungsi ginjal dengan menyaring racun dan obat-obatan yang tidak tercerna. Sementara itu, arang aktif juga sangat efektif dalam menghilangkan racun yang berasal dari urea, produk sampingan utama dari pencernaan protein. 

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa arang aktif dalam membantu meningkatkan fungsi ginjal, dan mengurangi kerusakan serta peradangan gastrointestinal pada hewan yang mengidap penyakit ginjal kronis. Namun, untuk hal tersebut diperlukan lebih banyak penelitian. 

2. Gas dalam Saluran Cerna

Cairan dan gas yang terperangkap di usus dapat mudah melewati jutaan lubang kecil di arang aktif, sehingga dapat menetralisirnya. Dalam sebuah studi pada sampel kecil orang dengan riwayat gas berlebih di usus, mereka mengonsumsi 448 miligram (mg) arang aktif tiga kali sehari selama 2 hari, sebelum menjalani pemeriksaan ultrasound usus. Selanjutnya, mereka kembali memakannya sebanyak 672 mg pada hari pemeriksaan.

Hasilnya, sekitar 34 persen peserta uji coba yang diberi arang aktif mengalami perbaikan gejala dan gas usus pun berkurang. Namun, penelitian ini masih terbatas. 

3. Diare

Mengingat penggunaannya sebagai penyerap gastrointestinal dalam overdosis dan keracunan, beberapa ahli juga mengusulkan arang aktif untuk pengobatan diare. 

Dalam tinjauan studi pada 2017 tentang penggunaan arang aktif untuk diare, para peneliti menyimpulkan bahwa arang aktif dapat mencegah bakteri dan obat-obatan penyebab diare diserap ke dalam tubuh dengan cara menjebaknya. 

4. Mengatasi Masalah Mulut dan Gigi

Kamu mungkin pernah menemukan produk pasta gigi atau pemutih gigi yang mengandung arang aktif. Banyak produk kesehatan mulut yang mengandung arang aktif. Arang aktif diklaim memiliki berbagai manfaat, seperti:

  • Antivirus.
  • Antibakteri.
  • Antijamur.
  • Detoksifikasi.

Hal yang perlu ditegaskan,  belum ada penelitian yang signifikan untuk mendukung penggunaan arang aktif untuk kesehatan mulut dan gigi. 

5. Infeksi Kulit

Banyak praktisi pengobatan tradisional dari berbagai negara menggunakan bubuk arang aktif, yang terbuat dari tempurung kelapa untuk mengobati masalah pada jaringan lunak. Contohnya seperti infeksi kulit. Ada kemungkinan arang aktif memiliki efek antibakteri dengan menyerap mikroba berbahaya dari luka. 

Nah, itulah beberapa manfaat arang aktif untuk kesehatan. Namun,  seperti yang disebutkan di atas, belum ada cukup penelitian yang membuktikan manfaat arang aktif untuk mengatasi kondisi-kondisi di atas. 

Jadi ada baiknya untuk tetap bertanya atau memeriksakan keluhan kesehatan yang kamu alami pada dokter. Kamu bisa kok membuat membuat janji dengan dokter di rumah sakit  melalui aplikasi Halodoc. Yuk,  download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Activated Charcoal 101: Functions, Benefits, Risks, Where to Buy
Healthline. Diakses pada 2021. What Is Activated Charcoal Good For? Benefits and Uses
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the benefits of activated charcoal?