• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

5 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 April 2022

“Mabuk perjalanan, kelelahan, hingga diare, merupakan masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Oleh karena itu, penting bagi pemudik untuk waspada dan tetap menjaga kesehatan selama di perjalanan.”

5  Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi saat Mudik

Halodoc, Jakarta – Idulfitri tahun ini bisa dibilang cukup spesial selama dua tahun pandemi COVID-19. Ini karena pemerintah Indonesia memperbolehkan masyarakat untuk mudik, meski tetap harus mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan. Selain COVID-19, ada berbagai masalah kesehatan saat mudik yang perlu diwaspadai. 

Pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Ilmu Kedokteran (FKUI), Prof Tjandra Yoga Aditama menyampaikan bahwa gangguan kesehatan seperti kelelahan dan gangguan pencernaan adalah yang paling banyak dialami para pemudik, terutama pada anak-anak dan bayi yang ikut mudik. Hal tersebut bisa terjadi akibat berbagai hal, seperti misalnya kemacetan. 

Masalah Kesehatan saat Mudik yang Perlu Diwaspadai

Berikut ini beberapa masalah kesehatan saat mudik yang perlu diwaspadai:

  1. Mabuk Perjalanan dan Kelelahan

Perjalanan mudik seringkali membuat energi dalam tubuh terkuras dengan cepat. Hal tersebut tentu dapat memicu kelelahan hingga pegal-pegal. Saat daya tahan tubuh menurun, kamu akan lebih mudah mengalami mabuk perjalanan atau motion sickness.

Mabuk perjalanan memiliki gejala pusing, mual, dan muntah selama perjalanan. Kondisi tersebut juga dapat dipicu oleh bercampurnya sinyal yang dikirim ke otak oleh mata dan telinga bagian dalam. 

Ketika berada di dalam kendaraan yang sedang melaju, tubuh berada dalam posisi diam di tempat. Namun mata dan telinga tetap melihat ke sekitar selama perjalanan. Hal tersebutlah yang dinamakan motion sickness, yaitu kondisi saat penglihatan dan pendengaran bergerak, tapi tubuh tetap diam. Jadi tidak heran jika kamu mengalami pusing, mual, dan muntah selama perjalanan. 

  1. Diare

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Penyebabnya bisa karena kamu asal membeli makanan saat di perjalanan. Padahal ini bisa bisa menjadi sumber penularan diare. Makanan yang kamu beli bisa saja sudah terpapar debu atau lalat, sehingga kuman yang menyebabkan diare akan menumpuk. 

Selain itu, diare bisa semakin parah jika kamu tidak mencuci tangan sebelum makan. Maka dari itu, sebaiknya berhati-hatilah saat membeli makanan atau minuman di tempat yang kurang terjaga kebersihannya. Penting untuk memperhatikan kondisi makanan, pastikan bersih dan tidak dihinggapi oleh banyak lalat atau debu yang memicu diare. 

  1. Gangguan Pencernaan

Orang yang sedang mudik seringkali mengalami diare atau sulit BAB. Entah ia mudik dengan mobil, kereta, kapal, atau pesawat. Sembelit juga bisa terjadi akibat terlalu lama duduk. Bahkan tidak jarang pemudik membatasi asupan makan atau minum supaya tidak bolak-balik ke toilet. Akibatnya, kamu akan mengalami sembelit dan mengeluhkan rasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Masalah kesehatan saat mudik yang satu ini bisa diatasi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan tinggi serat. Cara ini akan membantu melunakkan feses yang mengeras akibat sembelit, dengan begitu sistem pencernaan pun akan lancar. Hindari juga kebiasaan menahan buang air kecil dan buang air besar, agar sembelit tidak semakin parah. 

  1. Flu

Flu termasuk masalah kesehatan saat mudik yang banyak terjadi. Flu terjadi karena daya tahan tubuh cenderung menurun selama perjalanan mudik, sehingga rentan terserang virus.  Selain itu, kamu mungkin bisa saja berada disekitar orang lain yang sedang flu selama perjalanan, sehingga bisa tertular. 

Untuk mencegah flu saat mudik, sebaiknya dapatkan vaksin flu atau booster vaksin COVID-19 sebelum berangkat. Selain itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mengurangi risiko penularan flu dari benda-benda di sekitar.

  1. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA)

Kamu tentu bisa membayangkan atau pernah mengalami situasi di perjalanan saat mudik yang ramai oleh kendaraan, debu, dan polusi bertebaran di mana-mana. Situasi ini rentan menyebabkan kamu mengalami infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat mudik. Terlebih jika kamu mudik dengan menggunakan sepeda motor, maka risikonya pun meningkat.

Di samping itu, suasana ramai arus mudik dapat menyebabkan penularan penyakit lewat udara semakin mudah. Terlebih jika daya tahan tubuh sedang menurun, sehingga kelelahan yang kamu rasakan selama perjalanan akan membuat tubuh semakin rentan terkena masalah kesehatan saat mudik. 

Itulah yang perlu diketahui mengenai masalah kesehatan saat mudik yang kerap terjadi. Sebelum mudik, tidak ada salahnya membawa perbekalan obat dan vitamin untuk berjaga-jaga saat perjalanan. Kamu juga bisa cek kebutuhan medis melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan obat atau suplemen yang kamu dibutuhkan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. 11 Tips for Avoiding Constipation When Traveling.
Science Direct. Diakses pada 2022. Travel Related Disease.
Better Health. Diakses pada 2022. Overseas travel – health tips.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Traveler’s diarrhea.