• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dari Bahan Alami
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dari Bahan Alami

5 Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dari Bahan Alami

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Juni 2022

“Selain perawatan medis, kamu bisa mengatasi bekas jerawat dengan menggunakan bahan alami. Lidah buaya, madu, hingga air lemon adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.”

5 Masker untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dari Bahan Alami

Halodoc, Jakarta – Jerawat menjadi salah satu masalah pada kulit wajah yang bisa dialami oleh siapa saja. Selain itu, bekas jerawat yang tersisa menyebabkan wajah menjadi terlihat kusam sehingga memicu penurunan rasa percaya diri. 

Selain melakukan perawatan secara medis, kamu juga bisa menghilangkan bekas jerawat menggunakan masker wajah yang berbahan alami. Yuk, simak berbagai jenis masker untuk menghilangkan jerawat yang bisa kamu coba di rumah!

Inilah Bahan Alami yang Bisa Digunakan Sebagai Masker Wajah

Bekas jerawat yang membandel dapat menyebabkan penurunan rasa percaya diri pada pengidapnya. Namun jangan khawatir, kondisi ini bisa diatasi dengan melakukan perawatan sederhana menggunakan masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Berikut bahan alami yang bisa kamu gunakan di rumah:

1. Lidah Buaya

Penggunaan masker lidah buaya secara rutin bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah ini. Menurut penelitian The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada 2008, kandungan lidah buaya yang dikenal sebagai aloesin mampu menyamarkan bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah. Aloesin membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan dan memicu bekas jerawat terlihat lebih gelap.

2. Madu

Kamu juga bisa menggunakan madu untuk mengatasi masalah bekas jerawat. Hal ini disebabkan kandungan madu membantu proses penyembuhan yang terjadi pada kulit menjadi lebih cepat.

3. Air Lemon

Perasan air lemon bisa membantu kamu menyamarkan bekas jerawat. Caranya, oleskan tipis pada bagian-bagian yang terdapat bekas jerawat yang sudah kering dan tidak luka. Segera hentikan penggunaan air lemon ketika kulit mengalami tanda iritasi atau kemerahan.

4. Kentang

Kandungan enzim catecholase pada kentang dinilai mampu menyamarkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit. Namun, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lebih banyak untuk memastikan manfaat kentang pada kulit wajah.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa membantu kamu untuk melembapkan kulit sehingga kondisi kulit akan menjadi lebih baik, termasuk dalam menyamarkan bekas jerawat. Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada beberapa bagian wajah yang terdapat bekas jerawat. Setelah didiamkan beberapa menit jangan lupa untuk membersihkan wajah.

Itulah masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan kulit dengan memenuhi kebutuhan medis yang kamu perlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Very Well Health. Diakses pada 2022. Can You Use Lemon Juice for Acne Scars?
Healthline. Diakses pada 2022. How Applying Honey to Your Face Can Help Your Skin.
Healthline. Diakses pada 2022. Can Rubbing Potatoes on Your Face Improve Skin Health?
Very Well Health. Diakses pada 2022. Will Coconut Oil Clear Your Acne?
The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Diakses pada 2022. Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review.