11 April 2018

5 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan

5 Minuman Pereda Sakit Tenggorokan

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini cuaca sering berubah secara ekstrem. Hari ini panas terik, besok bisa hujan deras disertai angin kencang. Cuaca yang tidak menentu ini tidak jarang membuat orang jadi sakit tenggorokan, apalagi kalau badan sedang tidak fit. Saat mulai sakit tenggorokan, mau melakukan kegiatan apa saja rasanya jadi tidak nyaman. Tapi tenang, kamu bisa meredakan sakit tenggorokan hanya dengan mengonsumsi minuman berikut, lho.  

Sakit tenggorokan umumnya terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Beberapa gejalanya yang cukup mengganggu adalah sakit kepala, tenggorokan terasa sakit saat menelan, batuk, hidung beringus, dan gatal di tenggorokan. Sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan. Tapi, beberapa jenis minuman berikut dipercaya berkhasiat meredakan gejala sakit tenggorokan:

  1. Teh Herbal

Saat cuaca dingin karena hujan, minum teh herbal memang paling enak. Enggak hanya menghangatkan tubuh, teh herbal juga bisa membantu proses penyembuhan sakit tenggorokan. Teh dapat meredakan pembengkakan yang terjadi pada tenggorokan serta membuat tubuh jadi lebih rileks. Jenis teh herbal yang baik untuk sakit tenggorokan adalah teh ginseng, chamomile, green tea, dan black tea.

  1. Madu dan Lemon

Salah satu ramuan yang sudah dikenal banyak orang akan khasiatnya untuk meredakan sakit tenggorokan adalah campuran lemon dan madu. Cara membuatnya, campurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh air lemon, dan satu sendok teh air jahe, lalu aduk rata. Madu bermanfaat untuk mengurangi iritasi pada tenggorokan dan mengurangi rasa sakit saat menelan. Sedangkan lemon berkhasiat meredakan infeksi pada mulut dan tenggorokan serta membersihkan lendir.

Kamu juga bisa membuat minuman teh lemon dengan madu. Caranya, campurkan dua sendok teh madu dan satu sendok teh air perasan lemon ke dalam 250 milimeter air panas.

  1. Teh Cayenne Pepper

Teh cayenne pepper adalah obat tradisional yang juga populer sebagai minuman pereda sakit tenggorokan. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu cuma perlu mencampur satu bagian teh lemon, the peppermint, perasan satu buah lemon, 1-2 sendok teh madu, dan setengah sendok teh bubuk cabai ke dalam sebuah panci kecil. Hangatkan campuran sambil mengaduknya, lalu minum selagi hangat.

  1. Susu Kayu Manis

Minuman lainnya yang juga enak dikonsumsi saat sedang sakit tenggorokan adalah susu kayu manis. Bahan-bahannya adalah 250 milimeter susu tawar, seperdelapan sendok teh baking soda, 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh madu, dan setengah sendok teh kayu manis. Caranya, aduk rata kayu manis, gula pasir, dan baking soda terlebih dahulu, baru tambahkan susu, dan aduk kembali selama kira-kira satu menit. Panaskan di atas api kecil hingga hangat (jangan sampai mendidih). Setelah jadi, tambahkan madu, dan susu hangat pun siap diminum.

  1. Sari Cuka Apel

Cuka apel kaya akan kandungan zat-zat anti bakteri yang membantu melawan kuman penyebab sakit tenggorokan. Selain itu, cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi, sehingga berguna untuk menurunkan kadar pH dari jaringan tenggorokan dan membantu membersihkan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Cara membuatnya, tambahkan satu sendok makan sari cuka apel dan satu sendok makan madu ke dalam satu cangkir air hangat. Aduk rata dan minum saat masih hangat.

Itulah beberapa minuman yang bisa membantu meredakan gejala sakit tenggorokan kamu (Baca juga: Aneka Jenis Teh Korea yang Baik untuk Kesehatan). Kalau sakit tenggorokanmu tidak kunjung sembuh, malah bertambah parah, tanyakan saja pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Beli produk kesehatan dan suplemen juga tidak perlu repot-repot. Tinggal order saja di Halodoc dan pesanan akan diantar dalam waktu satu jam. Tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.