• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Obat Batuk Anak dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

5 Obat Batuk Anak dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5 Obat Batuk Anak dari Bahan Alami yang Aman Dikonsumsi

Batuk dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada Si Kecil. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari makanan, udara sampai alergen. Umumnya, batuk pada anak mudah ditangani dengan obat-obatan. Namun, sebelum mencoba obat-obatan, ibu bisa meredakan batuk Si Kecil dengan bahan-bahan alami yang biasanya sudah tersedia di rumah.”

Halodoc, Jakarta – Batuk adalah masalah kesehatan yang sangat umum dialami orang dewasa maupun anak-anak. Batuk sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan. Hal ini dapat membantu menjaga tenggorokan tetap bersih dari dahak dan iritasi lainnya. Kendati demikian, batuk yang terus-menerus juga harus diwaspadai karena bisa menjadi pertanda kondisi tertentu, seperti alergi, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Ibu tentunya khawatir saat Si Kecil mengalami batuk-batuk. Namun, batuk pada anak umumnya mudah diobati dengan obat-obatan yang dijual bebas atau diresepkan oleh dokter. Selain dengan obat-obatan, batuk pada anak juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami.

Baca juga: Anak Alami Batuk, Ini 5 Cara Mengatasinya

Bahan Alami untuk Meredakan Batuk pada Anak

Beberapa bahan alami di bawah ini umumnya tersedia di rumah dan mudah dicari. Berikut bahan alami yang bisa ibu coba untuk meredakan batuk pada anak:

1. Cairan

Saat mengalami batuk, penting untuk memenuhi cairan Si Kecil supaya tubuhnya tetap terhidrasi. Cairan mampu mengurangi batuk dan lendir yang menyangkut di tenggorokan. Ibu bisa memberikan air putih hangat, kaldu bening atau air teh hangat untuk meringankan batuk dan menenangkan tenggorokan Si Kecil.

2. Madu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Ibu dapar membuat obat sendiri di rumah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon. Madu dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

3. Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun probiotik tidak meredakan batuk secara langsung, bahan yang satu ini bekerja menyeimbangkan bakteri baik di dalam usus. Keseimbangan bakteri dalam usus ini lah yang mendukung fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Ibu dapat memeroleh probiotik melalui kedelai, yogurt, kefir, kombucha dan tempe.

4. Jahe

Jahe memiliki sifat inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma. Bahan yang satu ini juga dapat meredakan mual dan nyeri. Senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Iris jahe tipis-tipis sebanyak 20-40 gram kemudian rebus sampai sari-sarinya keluar. Setelah itu, tuang ke dalam gelas dan diamkan sampai tidak terlalu panas sebelum diberikan kepada Si Kecil. Ibu bisa menambahkan sedikit madu atau susu untuk menambahkan cita rasa manis.

Baca juga: 9 Tanda Batuk yang Berbahaya pada Anak

5. Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang memicu batuk. Campurkan 1/4-1/2 sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Namun, ibu harus memperhatikan untuk Si Kecil yang masih di bawah usia 6 tahun. Sebab, anak berusia 6 tahun biasanya belum pandai untuk berkumur. Bila perlu, sebaiknya coba alternatif pengobatan lain untuk Si Kecil yang masih di bawah 6 tahun.

Tips Mencegah Batuk pada Anak

Mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa tips yang bisa ibu coba untuk mencegah batuk pada Si Kecil, seperti:

  • Hindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Bila ibu sedang sakit, gunakan masker atau jaga jarak dengan Si Kecil terlebih dahulu.
  •  Tutup hidung dan mulut setiap kali ibu batuk atau bersin.
  • Pastikan Si Kecil tetap terhidrasi
  • Bersihkan area di rumah atau sekolah sesering mungkin, khususnya mainan atau barang-barang Si Kecil.
  • Sering-seringlah mencuci tangan, terutama setelah batuk, makan, ke kamar mandi, atau saat orang yang sakit.
  • Bila batuk yang dialami Si Kecil disebabkan oleh alergi, identifikasi penyebab alergi Si Kecil. Jika ibu sudah mengetahui penyebab alergi, sebisa mungkin hindarkan Si Kecil dari paparan alergen tersebut. Beberapa alergen yang kerap memicu alergi contohnya pohon, serbuk sari, tungau debu, bulu binatang, jamur, dan serangga.

Baca juga: Tips Memilih Obat Batuk Anak yang Tepat

Itulah bahan-bahan alami yang dapat ibu coba untuk meredakan batuk Si Kecil. Jika ibu butuh obat batuk untuk Si Kecil, beli saja di toko kesehatan Halodoc. Namun, pastikan tanyakan pada dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat apapun untuk Si Kecil untuk memastikan keamanannya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The Best Natural Cough Remedies.
Medical News Today. Diakses pada 2021. What can I do to make my cough go away?.