• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga untuk Ibu Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga untuk Ibu Hamil

5 Olahraga untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Mei 2022

“Ibu hamil juga perlu melakukan olahraga agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Ada berbagai jenis olahraga untuk ibu hamil, seperti berenang, jalan kaki, atau prenatal yoga.”

5 Olahraga untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Selain mengonsumsi berbagai makanan sehat, ibu hamil juga perlu melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan untuk menjaga kehamilan tetap sehat. Bukan itu saja, melakukan olahraga untuk ibu hamil juga dinilai sangat penting agar terhindar dari berbagai gangguan kehamilan dan memperlancar proses persalinan kelak.

Ibu hamil boleh melakukan olahraga ringan asalkan kehamilan dalam kondisi sehat dan sesuai dengan saran dokter. Nah, tidak ada salahnya ibu cari tahu berbagai jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil

Berolahraga selama menjalani kehamilan nyatanya memiliki beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil. Seperti misalnya, menurunkan risiko nyeri punggung, mencegah perut kembung dan konstipasi, meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, menurunkan stres, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko gangguan kehamilan, hingga memperlancar proses persalinan yang nanti akan dijalani.

Lalu, jenis olahraga apa yang baik untuk ibu hamil? Jika kamu ingin berolahraga saat hamil, pastikan tidak melakukan gerakan terlentang dalam waktu yang cukup lama dan hindari olahraga dengan gerakan seperti meninju atau menendang.

Berikut ini jenis olahraga untuk ibu hamil yang tepat:

1. Berenang

Berenang menjadi salah satu jenis olahraga yang paling aman untuk dilakukan oleh ibu hamil. Olahraga ini menjadi olahraga yang berisiko rendah bagi ibu hamil, tetapi memiliki manfaat yang baik untuk membangun kekuatan tubuh. Berenang juga dinilai membantu meningkatkan kualitas tidur ibu hamil sehingga kebutuhan tidur akan terpenuhi dengan baik.

2. Jalan Kaki

Selain berenang, kamu juga bisa melakukan jalan kaki secara rutin, baik pagi maupun sore hari. Olahraga ini dianggap sebagai olahraga yang cukup aman bagi ibu hamil dengan berbagai manfaat, seperti menjaga kesehatan kardiovaskular dan otot tubuh. 

Bukan hanya itu, jalan kaki juga bisa membantu ibu hamil mencegah konstipasi, mengontrol berat badan, mengatasi nyeri punggung, hingga menjaga kesehatan paru. Pastikan ibu menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saat berjalan kaki untuk menghindari risiko cedera.

3. Prenatal Yoga

Saat hamil, ibu juga melakukan prenatal yoga untuk menjaga kesehatan selama kehamilan. Dengan melakukan prenatal yoga, kamu bisa melakukan latihan pernapasan, melakukan peregangan, hingga memperbaiki postur tubuh bagi ibu hamil.

4. Prenatal Pilates

Melakukan prenatal pilates bisa membantu ibu dalam melatih pernapasan. Selain itu, bukan hanya menenangkan sistem saraf, prenatal pilates juga membantu menurunkan tekanan darah dan membantu stamina menjadi lebih baik.

5. Melakukan Peregangan

Ibu hamil bisa melakukan peregangan di rumah agar tubuh tetap aktif bergerak. Ibu juga bisa melakukan peregangan dengan tambahan dumbell yang memiliki berat sesuai dengan kemampuan ibu.

Itulah beberapa jenis olahraga untuk ibu hamil. Namun, perlu diperhatikan, olahraga bisa dilakukan saat ibu dalam kondisi sehat dan kehamilan berjalan dengan baik.

Selain itu, segera hentikan kegiatan olahraga ketika kamu mengalami perdarahan saat hamil, sakit kepala, pusing, nyeri dada, hingga napas menjadi sangat pendek. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Jangan lupa untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat sebelum dan setelah olahraga agar kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi dengan baik.

Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kondisi kehamilan yang tepat untuk berolahraga. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pregnancy and Exercise: Baby, Let’s Move!
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Prenatal Yoga.
March of Dimes. Diakses pada 2022. Exercise During Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2022. What You Should Know About Swimming During Pregnancy.
Healthline. Diakses pada 2022. Is It Safe to Walk for Exercise in Every Trimester of Pregnancy?
Healthline. Diakses pada 2022. What You Need to Know About Doing Pilates During Pregnancy.