• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga yang Bisa Dipilih untuk Mengecilkan Lengan

5 Olahraga yang Bisa Dipilih untuk Mengecilkan Lengan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu punya lengan yang besar dan bergelambir? Tentu rasanya tidak nyaman, terutama dari segi penampilan dan membuat tidak percaya diri. Jika kamu ingin mengecilkan lengan, mungkin bukan hal yang mudah. Sebab, lemak pada lengan biasanya disebabkan oleh akumulasi kelebihan lemak di area lengan. 


Mungkin kamu merasa lebih mudah menghilangkan lemak di bagian tubuh lainnya, dibanding menghilangkan lemak di lengan. Perlu diketahui juga bahwa pertambahan usia dapat menjadi faktor yang mempengaruhi menumpuknya lemak di lengan. Jangan khawatir, kamu tetap bisa melakukan beberapa olahraga yang memfokuskan pada otot lengan. Ini ulasannya.


Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Perut Buncit


Olahraga untuk Mengecilkan Lengan

Cara untuk mengecilkan dan mengencangkan lengan, kamu perlu melakukan olahraga yang memfokuskan pada kekuatan otot untuk meningkatkan massa otot dan mempercepat metabolisme. Lakukan olahraga yang melibatkan otot besar di lengan, seperti:


  • Chair Triceps Dips

Olahraga ini mampu mengencangkan lengan dengan melatih otot trisep. Kamu dapat melakukan olahraga ini di rumah hanya dengan menggunakan bantuan kursi atau meja setinggi 60 cm. Beban seluruh tubuh akan bertumpu pada trisep, sehingga olahraga ini dapat mengurangi lemak di lengan sekaligus membentuk otot trisep. 


  • Lateral Plank Walk

Hampir sama dengan olahraga trisep, olahraga ini juga bisa mengencangkan otot lengan dengan membakar lemak yang menumpuk di lengan. Kamu bisa melakukannya dengan mengambil posisi plank dengan tangan yang lurus, lalu silangkan tangan sambil membuka kaki. Apabila tangan kanan bergerak menyilang, maka bukalah kaki kiri. Kemudian, tutup kaki kanan saat tangan kiri keluar dari posisi menyilang untuk kembali ke posisi awal. 


Baca juga: Tips-Tips Penting Bagi yang Ingin Sauna


  • Triceps Dips

Olahraga ini bisa dilakukan untuk membakar lemak di trisep atau lengan bagian belakang. Area trisep merupakan area yang rawan akan penumpukan lengan. Olahraga ini tidak hanya bisa mengecilkan lengan, tapi juga membentuk dan mengencangkan lengan. Kamu dapat melakukan olahraga ini tanpa bantuan alat. Hanya dengan posisi duduk di lantai, kamu dapat melakukan olahraga ini. 


  • Opposite Arm dan Leg Lift

Olahraga ini tidak hanya dapat memperkuat otot lengan, tapi juga otot kaki. Olahraga ini dilakukan dengan meregangkan punggung, sehingga juga berfungsi untuk membentuk postur tubuh yang optimal. Olahraga ini tidak hanya bermanfaat untuk lengan, melainkan juga untuk bagian punggung dan kaki. 


  • Push-up

Olahraga push-up telah lama diketahui bermanfaat untuk mengencangkan lengan karena kemampuannya yang dapat membakar lemak di area tersebut. Kamu tidak membutuhkan alat apa pun untuk melakukan olahraga ini dapat dapat dilakukan di rumah. Kamu hanya memerlukan berat badan sendiri untuk membakar lemak yang menumpuk di lengan. 


Perlu diingat, kamu tidak perlu melakukan semua olahraga yang berfokus pada lengan untuk mengecilkan lengan. Olahraga gabungan yang menggerakan seluruh tubuh (seperti squat) juga mampu meningkatkan detak jantung, metabolisme, dan memudahkan tubuh untuk membakar lemak di semua bagian tubuh. 


Baca juga: Cara Mudah Mengecilkan Perut dengan Berjalan Kaki


Terpenting adalah lakukan olahraga secara rutin dan konsisten. Kamu dapat melakukan olahraga 30 menit setiap hari di rumah dengan sedikit bantuan alat atau tanpa bantuan alat sama sekali. Cobalah untuk membuat jadwal olahraga agar kamu terdorong untuk terus melakukannya. 


Kamu juga dapat berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc mengenai olahraga lainnya untuk membakar lemak di lengan atau bagian tubuh mana pun. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!






Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Lose Arm Fat With Diet, Treatments, and Exercise
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Toned Arms: 7 Exercises