• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes dengan Obesitas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes dengan Obesitas

5 Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes dengan Obesitas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 November 2022

“Jenis olahraga yang tepat untuk pengidap diabetes dengan obesitas adalah yang berintensitas rendah. Misalnya berjalan kaki, yoga, dan berenang.”

5 Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes dengan Obesitas5 Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes dengan Obesitas

Halodoc, Jakarta – Penting untuk memilih olahraga yang tepat untuk pengidap diabetes. Sebab, pengidap diabetes perlu olahraga secara teratur setiap harinya, untuk mengelola kadar gula darah dan berat badan. 

Olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Rutin olahraga juga bisa mengurangi faktor risiko kardiovaskular, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pilihan Olahraga yang Tepat untuk Pengidap Diabetes dengan Obesitas

Jika kamu mengidap diabetes dan juga obesitas, serta jarang olahraga sebelumnya, sangat penting untuk hati-hati dalam memilih jenis olahraga. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan saran olahraga yang tepat sesuai kondisi. 

Umumnya, dokter akan menyarankan olahraga dengan intensitas rendah, untuk meminimalisir risiko cedera. Jika tidak yakin harus mulai dari mana, berikut ini beberapa rekomendasi olahraga yang bisa kamu pilih:

1. Jalan Kaki

Salah satu pilihan olahraga yang tepat untuk pengidap diabetes dengan obesitas adalah jalan kaki. Ini dapat membantu meningkatkan detak jantung, tapi minim risiko cedera, daripada lari. 

2. Tai Chi

Tai chi adalah olahraga tradisional Tiongkok kuno. Olahraga ini melibatkan serangkaian gerakan lambat dan santai bersama dengan pernapasan dalam. Tai chi sangat ideal untuk pengidap diabetes karena memberikan kebugaran dan pengurangan stres sekaligus.

Olahraga ini juga meningkatkan keseimbangan dan dapat mengurangi  kerusakan saraf atau neuropati. Ini merupakan komplikasi umum di antara pengidap diabetes yang gula darahnya tidak dikelola dengan baik.

3. Yoga

Pilihan olahraga lainnya yang tepat untuk pengidap diabetes adalah yoga. Seperti tai chi, yoga dapat membantu mengurangi stres dan mengelola kondisi diabetes yang kamu alami. Sebab, ketika tingkat stres meningkat, kadar gula darah juga ikut meningkat.

Salah satu keuntungan yoga sebagai olahraga adalah kamu dapat melakukannya sesering yang kamu suka. Bahkan, semakin banyak semakin baik. Olahraga ini juga sangat cocok untuk pengidap diabetes yang juga obesitas, karena minim risiko cedera. 

4. Berenang

Berenang adalah latihan aerobik yang ideal untuk pengidap diabetes tipe 2 yang juga obesitas karena tidak memberi tekanan pada persendian. Menyelam di air tidak terlalu membuat tekanan pada tubuh, dibandingkan dengan berjalan atau jogging. 

Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi kaki, termasuk neuropati. Karena neuropati dapat menyebabkan hilangnya rasa pada kaki, kamu dapat membeli sepatu air untuk melindungi kaki saat ada di kolam renang.

5. Bersepeda Statis

Bersepeda juga merupakan jenis olahraga aerobik yang tepat untuk pengidap diabetes yang juga obesitas. Ini dapat membuat jantung lebih kuat dan paru-paru berfungsi dengan lebih baik. 

Meski termasuk berintensitas rendah, olahraga ini juga dapat membakar kalori untuk turunkan berat badan. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba olahraga ini sebagai variasi jika bosan dengan olahraga lain. 

Sebenarnya, bersepeda biasa juga bisa memberi manfaat yang sama. Jika punya, kamu bisa mencoba bersepeda di luar ruangan, sambil menikmati udara segar. 

Namun, sepeda statis akan lebih praktis dan mudah dilakukan kapan saja, karena bisa ditaruh di dalam rumah. Saat cuaca sedang buruk atau malas keluar rumah, kamu tetap bisa berolahraga. 

Itulah beberapa pilihan olahraga yang tepat untuk pengidap diabetes dengan obesitas. Ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai jenis olahraga yang tepat, karena kondisi setiap orang berbeda-beda.

Selain olahraga, penting juga untuk mengatur pola makan dan minum obat secara teratur. Jika dokter memberi resep obat, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 6 Great Exercises for People With Diabetes.
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Exercises for Diabetes: Walking, Yoga, Swimming, and More.