• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Penanganan untuk Atasi Gangguan Penyalahgunaan Zat

5 Penanganan untuk Atasi Gangguan Penyalahgunaan Zat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Gangguan penyalahgunaan zat adalah gangguan yang memengaruhi otak dan perilaku seseorang, sehingga orang tersebut tidak mampu mengendalikan penggunaan obat. Orang yang mengidap gangguan penyalahgunaan zat memiliki fokus yang kuat pada penggunaan zat tertentu, seperti alkohol atau obat-obatan terlarang. 

Orang yang mengalami gangguan penyalahgunaan zat tetap menggunakan alkohol atau narkoba meskipun mereka tahu hal tersebut akan menimbulkan masalah. Namun dengan penanganan yang efektif, seseorang dapat pulih dari penyalahgunaan zat dan dapat kembali menjalani kehidupan dengan baik. 

Baca juga: Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

Penanganan Gangguan Penyalahgunaan Zat

Sebenarnya tidak ada obat untuk gangguan penyalahgunaan zat, namun ada cara yang membantu untuk mengatasi penyalahgunaan zat. Penanganan tergantung pada obat yang digunakan dan gangguan kesehatan medis atau mental yang terkait. Tindak lanjut jangka panjang juga perlu dilakukan untuk mencegah kekambuhan. 

  • Pengobatan Ketergantungan Zat

Program pengobatan biasanya menawarkan sesi terapi individu, kelompok atau keluarga. Perawatan juga berfokus pada pemahaman tentang sifat kecanduan, bebas dari narkoba, dan mencegah kekambuhan. Tingkat perawatan berbeda-beda tergantung kebutuhan setiap orang, seperti program rawat jalan, residensial, dan rawat inap. 

  • Detoksifikasi

Tujuan detoksifikasi untuk memungkinkan kamu berhenti mengonsumsi obat yang menimbulkan kecanduan secepat dan seaman mungkin. Bagi sebagian orang, mungkin aman menjalani terapi ini secara rawat jalan. 

Penarikan diri dari ketergantungan zat, seperti depresan, stimulan atau opioid, menghasilkan efek samping yang berbeda dan memerlukan pendekatan yang berbeda. Detoksifikasi mungkin melibatkan pengurangan dosis obat secara bertahap atau penggantian sementara zat lain. 

  • Overdosis Opioid

Dalam overdosis opioid, nalokson, antagonis opioid, dapat diberikan oleh pengidap darurat atau siapa saja yang mengalami overdosis. Nalokson dapat membalikkan efek obat opioid sementara.

Baca juga: Hindari Stres, Saatnya Lakukan 5 Olahraga Ringan di Meja Kerja

  • Terapi Perilaku

Terapi perilaku adalah bentuk psikoterapi yang dapat dilakukan oleh psikolog atau psikiater. Kamu juga mungkin membutuhkan konseling dari konselor alkohol dan narkoba berlisensi. Terapi dan konseling bisa dilakukan dengan individu, keluarga, atau kelompok. Terapis atau psikolog dapat melakukan beberapa hal, seperti: 

  1. Membantu kamu mengembangkan cara untuk mengatasi kecanduan narkoba. 
  2. Memberikan saran strategi untuk menghindari obat dan mencegah kekambuhan.
  3. Memberikan saran tentang cara mengatasi kekambuhan jika itu terjadi. 
  4. Membicarakan tentang masalah yang berkaitan dengan pekerjaan, masalah hukum, dan hubungan dengan keluarga dan teman. 
  5. Melibatkan anggota keluarga untuk membantu kamu mengembangkan keterampilan komunikasi yang lebih baik dan bersikap suportif. 
  6. Menangani kondisi kesehatan mental lainnya. 
  • Terapi Kelompok

Manfaat yang didapatkan dari terapi kelompok yaitu mengetahui bahwa kecanduan adalah gangguan kronis dengan bahaya yang dapat kambuh. Terapis atau konselor berlisensi membantu kamu menemukan kelompok pendukung. Kamu juga dapat menemukan kelompok pendukung di komunitas yang dapat ditemukan di internet. 

Dilansir dari American Psychiatric Association, gangguan penyalahgunaan zat bisa memengaruhi banyak aspek kehidupan seseorang, sehingga berbagai jenis pengobatan sering kali diperlukan.

Kombinasi pengobatan dan terapi individu atau kelompok adalah yang paling efektif. Pendekatan pengobatan ini menangani situasi individu dan masalah medis, psikiatris, dan sosial yang terjadi bersamaan sehingga dapat mengarah pada pemulihan. 

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyalahgunaan zat. Jika kamu membutuhkan bantuan profesional yang terpercaya dan berlisensi, kamu dapat menemukan psikolog melalui aplikasi Halodoc. Kamu akan dibantu dan mendapatkan arahan yang tepat agar keluar dari keterpurukan penyalahgunaan zat. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang agar sehat lebih mudah. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Drug addiction (substance use disorder)
American Psychiatric Association. Diakses pada 2020. Help With Addiction and Substance Use Disorders
Psych Central. Diakses pada 2020. Treatment of Substance Use Disorders (SUDs)