• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Penyakit Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri

5 Penyakit Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Penyakit Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan adalah salah satu kondisi yang sering dikeluhkan banyak orang, terutama pada saat musim pancaroba. Hal itu karena peralihan dua musim menurunkan sistem imun serta membuat kita rentan terserang virus dan bakteri yang merupakan penyebab umum sakit tenggorokan. 

Namun, bagaimana bila sakit tenggorokan hanya terjadi di sebelah kiri? Ada beragam penyebab sakit tenggorokan sebelah kiri yang perlu diketahui, agar kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.



Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Bikin Sakit Tenggorokan

Apa Penyebab Sakit Tenggorokan Sebelah Kiri?

Sakit tenggorokan sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi, mulai dari sariawan sampai infeksi gigi. Gejala yang muncul hanya berupa sakit tenggorokan sebelah kiri atau bisa juga disertai gejala lain seperti sakit di telinga.

1.Postnasal Drip

Postnasal drip terjadi ketika ingus atau lendir masuk ke bagian belakang hidung. Hal ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan karena terasa seperti semua lendir berkumpul di tenggorokan.

Kelenjar di hidung dan tenggorokan menghasilkan 1 sampai 2 liter lendir setiap hari secara teratur. Namun, saat mengalami alergi atau terserang infeksi, tubuh cenderung menghasilkan lebih banyak lendir. Akibatnya, lendir yang berlebih menumpuk dan mengalir ke belakang hidung.

Postnasal drip dapat mengiritasi dan menyebabkan sakit tenggorokan. Kamu mungkin dapat mengalami sakit tenggorokan hanya di sebelah kiri, apabila kamu tidur dalam posisi miring ke kiri.

Baca juga: Hidung Sakit Hirup Udara Pagi, Bisa Jadi Kena Sinusitis?

2.Radang Amandel

Radang amandel atau tonsilitis paling sering disebabkan oleh infeksi virus, tapi infeksi bakteri juga dapat menyebabkannya. Kadang-kadang, peradangan hanya terjadi di salah satu amandel dan menyebabkan sakit tenggorokan sebelah kiri. Selain sakit tenggorokan, gejala lain yang juga bisa muncul, antara lain demam, bau mulut, hidung tersumbat, dan sulit menelan.

3.Abses Peritonsiler

Abses peritonsiler adalah infeksi yang menghasilkan kumpulan nanah yang sering terjadi di belakang salah satu amandel. Bila abses peritonsiler terjadi di belakang amandel sebelah kiri, maka sakit tenggorokan sebelah kiri bisa terjadi.

Abses peritonsiler lebih sering terjadi pada anak-anak remaja dan dewasa muda. Selain sakit tenggorokan, penyakit ini juga bisa menimbulkan gejala lainnya, seperti demam, kelelahan, kesulitan berbicara dan sakit telinga sebelah.

Abses peritonsiler perlu ditangani segera. Dokter dapat mengeluarkan nanah dengan menggunakan jarum untuk membuat sayatan kecil.

4.Sariawan

Sariawan adalah luka kecil yang bisa muncul di mana saja di dalam mulut, termasuk di bagian belakang tenggorokan yang menyebabkan sakit tenggorokan sebelah kiri.

Meski luka yang diakibatkan sariawan biasanya berukuran kecil, rasa nyerinya terkadang sangat menyakitkan. Umumnya, sariawan bisa sembuh dengan sendirinya dalam dua minggu.

Upaya untuk meredakan rasa nyerinya, kamu bisa mengonsumsi obat topical benzocaine yang dijual di apotek, atau kamu bisa beli obat dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam.

5.Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening berperan penting dalam membantu tubuh melawan infeksi. Namun, kadang-kadang infeksi virus atau bakteri juga menyebabkan kelenjar tersebut membengkak. 

Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya terjadi di daerah dekat infeksi. Ada banyak kelenjar getah bening di daerah kepala dan leher. Bila kelenjar getah bening di salah satu leher membengkak, hal ini dapat menyebabkan kamu mengalami sakit tenggorokan sebelah kiri.

Ada banyak penyakit yang menyebabkan kelenjar getah bening membengkak, mulai dari yang ringan seperti pilek atau flu, sampai yang serius seperti kanker dan HIV. Karena itu, kamu dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter bila mengalami gejala pembengkakan kelenjar getah bening, seperti kelenjar yang bengkak selama lebih dari dua minggu, penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, demam dalam waktu lama, dan kelelahan.

Baca juga: Suara Hilang karena Sakit Tenggorokan, Ini Cara Mengatasinya

Itulah berbagai penyakit yang mungkin menjadi penyebab di balik sakit tenggorokan sebelah kiri yang kamu alami. Jangan lupa download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play ya.

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. Why Does My Throat Hurt on One Side?
Medical News Today. Diakses pada 2020. Why is one side of my throat sore?