5 Penyakit yang Bisa Jadi Penyebab Tangan Dingin

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
penyebab tangan dingin

Halodoc, Jakarta - Tangan yang terasa dingin sangat wajar terjadi jika cuaca sedang dalam musim penghujan, apalagi jika kamu menghabiskan sepanjang hari dalam ruangan yang dingin. Berikut beberapa penyakit yang bisa jadi penyebab tangan dingin.

Baca juga: Jari Jadi Pucat, Lakukan Perawatan Ini untuk Menangani Fenomena Raynaud

1. Defisiensi Vitamin B12

Vitamin B12 berfungsi menjaga kesehatan sel saraf, sel darah, dan membantu menyusun DNA. Vitamin ini banyak ditemukan dalam daging, unggas, telur, susu, dan produk susu lainnya. B12 sendiri penting dalam pembentukan sel darah merah, sehingga kekurangan vitamin ini akan berakibat pada penurunan produksi sel darah merah yang menyebabkan tangan dingin.

2. Anemia

Penyakit anemia merupakan suatu saat jumlah sel darah merah lebih rendah dari jumlah normal. Penyakit ini dapat terjadi ketika sel darah merah kekurangan zat besi kaya protein yang disebut dengan hemoglobin. Hemoglobin sendiri bertugas dalam membantu darah mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika tubuh tidak cukup memiliki hemoglobin untuk mengantar oksigen ke tangan, tangan akan terasa dingin.

Jika kamu mengalami masalah kesehatan, hubungi segera dokter di Halodoc. Komunikasi dengan dokter dapat dilakukan dengan mudah melalui Chat atau Voice/Video Call. Ayo, download aplikasinya sekarang!

3. Sindrom Raynaud

Sindrom raynaud merupakan kondisi yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu, terutama jari tangan atau jari kaki akibat adanya penyempitan pembuluh darah arteri. Kondisi ini akan menyebabkan area yang kekurangan aliran darah terasa dingin ketika emosional dan stres.

Baca juga: Selain Karena Makanan, Ibu Perlu Tahu 4 Gejala Alergi Dingin pada Anak

4. Masalah Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang tidak baik akan menyebabkan tangan menjadi dingin. Hal ini terjadi saat berkurangnya kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat terjadi pada seseorang yang tengah mengidap penyumbatan kolesterol pada pembuluh arteri dalam jumlah besar.

5. Diabetes

Saat tubuh terasa dingin, kondisi ini bisa jadi tanda kalau seseorang mengidap diabetes. Pasalnya, hormon insulin yang bertugas menyerap gula dalam tubuh mampu meningkatkan suhu tubuh. Sehingga, jika tubuh tidak cukup memproduksi insulin, suhu tubuh otomatis akan menurun. Kondisi tersebut dikenal dengan resistensi insulin yang dapat menyebabkan turunnya suhu tubuh dan membuat tangan menjadi dingin.

Ternyata, beberapa orang memang terlahir memiliki suhu tubuh yang rendah, yaitu kurang dari 37 derajat celsius. Hal ini juga dapat menyebabkan kulit dan tangan terasa dingin secara konsisten setiap harinya. Dengan suhu tubuh yang rendah, otomatis orang-orang disekitar kamu juga bisa merasakan sensasi rasa dingin ketika tidak sengaja bersentuhan denganmu. Orang dengan suhu tubuh rendah juga lebih murah merasa kedinginan dari orang lain. Untuk mencegah terjadinya hal ini, selalu siapkan pakaian hangat kemanapun kamu pergi, ya!

Baca juga: 10 Penyebab Sindrom Raynaud Bikin Aliran Darah Berkurang

Tangan dingin memang bisa jadi pertanda kalau kamu tengah mengidap beberapa masalah kesehatan. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan menyempitnya pembuluh darah, serta menumpuknya plak pada pembuluh arteri. Akibatnya, pembuluh darah akan menyempit karena adanya plak, sehingga aliran darah ke seluruh anggota tubuh menjadi berkurang. Untuk menghindari terjadinya hal ini, jaga selalu kesehatanmu dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta lakukan pola hidup sehat, ya!