09 August 2018

5 Penyebab Tangan Terlihat Menua

tangan terlihat tua, penuaan dini

Halodoc, Jakarta – Penuaan yang terjadi pada bagian tubuh adalah hal yang wajar terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Sebab, tanda-tanda penuaan adalah satu hal yang sulit untuk dielakkan jika memang sudah waktunya. Mulai dari bagian wajah, rambut, hingga kulit di bagian kaki dan tangan pun tak luput dari penuaan. Namun pernahkah kamu merasa bahwa kulit di tangan cenderung lebih cepat terlihat menua dan keriput dibandingkan bagian tubuh lain?

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Tangan Terlihat Lebih Tua

Sebagian besar orang mungkin mengalami hal tersebut. Saat bagian tangan mulai terlihat menua sebelum waktunya, kamu mungkin akan merasa kurang percaya diri. Apalagi kalau harus banyak berinteraksi dengan orang lain. Alih-alih nyaman saat berinteraksi, kamu malah sibuk menyembunyikan tangan agar tidak terlihat oleh teman-teman. Lantas, apa sih sebenarnya penyebab kulit di bagian tangan sering terlihat lebih tua?

1. Salah Perawatan

 

 

Sah-sah saja jika kamu berpikir bahwa penuaan pada kulit tangan terjadi karena pertambahan usia. Tapi jangan salah, ternyata kondisi tersebut juga bisa terjadi dan diperparah karena perawatan yang salah. Misalnya penggunaan produk kecantikan atau produk perawatan kulit yang tidak cocok, atau karena kulit bagian tersebut kurang mendapat perhatian dan perawatan sehingga mudah mengendur.

2. Sering Terpapar Sinar Matahari

 

 

Saat banyak beraktivitas di luar ruangan, kulit menjadi rentan terhadap paparan sinar matahari. Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari, terutama tanpa perlindungan, memang menjadi lebih mudah mengalami masalah. Bahkan yang paling parah, kebiasaan ini bisa memicu terjadinya kanker kulit.

Selain itu, paparan sinar matahari ternyata juga bisa memicu munculnya flek hitam atau noda pada kulit pada kulit bagian tangan. Kehadiran flek ini yang dipercaya sebagai salah satu penyebab kulit di bagian tersebut terlihat menua. Munculnya bintik hitam di kulit tidak ada kaitannya dengan usia, artinya, orang yang masih mudah sekali pun sangat mungkin mengalami hal ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Belang

3. Kulit Menipis dan Kendur

 

 

Salah satu kondisi yang bisa membuat tangan terlihat lebih tua adalah karena kulit yang mulai menipis dan kendur. Pasalnya, kulit yang cenderung tipis menjadi lebih mudah berkerut, sehingga memberi kesan tua pada bagian tersebut. Berita buruknya, kondisi ini sering terjadi karena adanya paparan sinar matahari yang berlebihan. Sebab sinar matahari bisa memecah kolagen yang berfungsi untuk membuat kulit kenyal dan kencang. Untuk menghindarinya, pastikanlah selalu menggunakan pelindung atau tabir surya saat beraktivitas di bawah sinar matahari langsung.

4. Sisik pada Kulit

 

 

Kulit yang kering dan bersisik juga bisa menyebabkan tangan lebih cepat terlihat menua. Sayangnya, kondisi ini sering menimbulkan rasa gatal dan membuat seseorang terdorong untuk menggaruk kulit. Padahal, kebiasaan tersebut malah bisa memperparah dan membuat kulit semakin terlihat tua. 

5. Sembarangan Manicure

 

 

Bagi kamu yang senang melakukan manicure atau perawatan kuku di salon, berhati-hatilah. Sebab sembarangan memilih produk atau perawatan bisa membuat tangan terlihat lebih tua. Sebab tidak menutup kemungkinan bahwa peralatan dan produk yang digunakan cukup steril, dan mungkin saja mengandung bahan kimia yang harus diwaspadai.

Baca juga: Bukan Cuma Cantengan, 5 Fakta tentang Kuku ini Perlu Diketahui

Jika ragu, kamu bisa menanyakan seputar masalah kulit pada dokter di aplikasi Halodoc. Sampaikan keluhan awal masalah kulit atau gangguan kesehatan lain pada dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, segera download di App Store dan Google Play!