• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Perawatan Burung Kutilang yang Perlu Diketahui

5 Perawatan Burung Kutilang yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Perawatan Burung Kutilang yang Perlu Diketahui

“Memelihara burung kutilang bisa menjadi salah satu pilihan bagi pecinta hewan. Jenis burung yang satu ini dikenal memiliki kemampuan untuk berkicau dengan indah. Untuk memeliharanya, kamu hanya perlu menyiapkan kandang yang sesuai dengan kebutuhan. Biaya dalam memelihara hewan ini juga cenderung tidak terlalu besar.” 

Halodoc, Jakarta – Burung kutilang menjadi salah satu jenis burung yang sering dijadikan peliharaan. Jenis burung yang satu ini menarik karena dikenal memiliki kicauan yang merdu. Pecinta burung sering memilih burung kutilang untuk membuat rumah terasa lebih asri dan menyenangkan. Kamu termasuk orang yang menaruh minat dan berencana memelihara burung ini? 

Sebelum itu, penting untuk terlebih dahulu mengetahui tips-tips dan cara perawatan yang tepat. Hal ini penting dilakukan untuk selalu menjaga kondisi dan kesehatan burung. Dengan begitu, kicauan burung akan semakin merdu. Memiliki hewan peliharaan yang sehat tentu akan membuat hati senang, sehingga salah satu tujuan dari memelihara hewan bisa terpenuhi, yaitu untuk menjaga kesehatan mental. 

Baca juga: 4 Makanan untuk Tingkatkan Imunitas Burung Peliharaan

Tips Perawatan Burung Kutilang Peliharaan 

Ada beberapa tips perawatan burung kutilang yang harus diketahui. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat memelihara jenis burung ini?

  1. Beri Perhatian 

Saat memiliki hewan peliharaan, penting untuk selalu memberikan perhatian dan kasih sayang, termasuk pada burung kutilang. Burung akan menghabiskan banyak waktu di kandang, tetapi penting untuk selalu memberi perhatian pada hewan ini. Salah satu cara menunjukkan kasih sayang yang bisa dilakukan adalah selalu berinteraksi dan mengajarkan burung untuk berkicau. 

Kamu bisa melakukannya secara rutin, misalnya setiap pagi dan sore. Salah satu cara mengajarinya adalah dengan membiarkan burung kutilang berdekatan dengan burung lain yang sudah mahir berkicau. Dengan begitu, burung kutilang juga akan belajar dan akhirnya bisa berinteraksi dengan burung lainnya.

  1. Makanan dan Nutrisi yang Tepat 

Selain berinteraksi, cara lain yang bisa dilakukan untuk memberi perhatian pada hewan peliharaan adalah dengan memberi makanan dan nutrisi yang tepat. Selain untuk meningkatkan dan menjaga kesehatannya, makanan yang tepat bisa membuat kicauan burung kutilang semakin baik. Untuk jenis burung ini, kamu bisa memberi makan jangkrik. Pastikan memilih ukuran jangkrik yang sesuai dengan besar paruh burung, sehingga memudahkan proses makan. Kamu juga bisa memberikan buah-buahan ke burung, seperti buah pisang dan pepaya serta selalu sediakan air bersih untuk minum di dalam kandang.

  1. Menjaga Kebersihan Kandang  

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah kebersihan kandang. Jangan biarkan kotoran burung mengendap terlalu lama dalam kandang karena bisa memicu kuman penyebab penyakit burung. Selain itu, bau tidak sedap yang dihasilkan juga membuat burung menjadi tidak nyaman. Penting juga untuk memperhatikan penempatan lokasi kandang. Jangan meletakkan kandang di tempat yang terlalu dingin, panas, atau bising. 

  1. Rutin Mandikan Burung 

Selain kebersihan kandang, tubuh burung kutilang juga harus selalu dijaga kebersihannya. Kamu bisa memandikan hewan ini dengan cara menyemprotkan air menggunakan semprotan khusus burung. Lakukan hal ini hingga bulu di tubuh burung cukup basah. Biasanya, burung akan mengepak-ngepakkan sayapnya untuk mandi. 

Baca jugaPelihara Hewan di Rumah, Ini Manfaatnya untuk Anak

  1. Perhatikan Gejala Penyakit 

Seperti hewan lainnya, burung kutilang juga bisa mengalami gangguan kesehatan. Jenis burung yang satu ini bisa mengalami stres, cacingan, gangguan pernapasan, infeksi virus, hingga kaki bengkak. Biasanya burung akan menunjukkan gejala, seperti sayap dan bulu yang terlihat kusam, nafsu makan berkurang, feses berwarna putih, hingga gangguan keseimbangan saat bertengger.

Jika hewan peliharaan menunjukkan gejala penyakit, segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Sampaikan gejala yang ditunjukkan burung melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!

Referensi:
Hartz. Diakses pada 2021. Caring for Pet Birds: A Few Helpful Tips.
Kumparan. Diakses pada 2021. 6 Penyakit yang Biasa Menyerang Burung Kicauan.