• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Perawatan Kulit yang Tepat untuk Atasi Flek Hitam

5 Perawatan Kulit yang Tepat untuk Atasi Flek Hitam

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Flek hitam pada kulit atau hiperpigmentasi, dapat terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya. Melanin memberi warna mata, kulit, dan rambut. Flek hitam pada kulit sebenarnya bukan kondisi yang memprihatinkan dan tidak perlu perawatan. Namun, sebagian besar orang memilih untuk menghilangkannya karena alasan estetika. 

Flek hitam dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Beberapa jenis flek hitam disebabkan oleh usia kulit, paparan matahari yang berlebihan, bekas jerawat, atau perubahan hormon. Ada berbagai cara untuk mengatasi flek hitam untuk membantu mencerahkan dan mengurangi area gelap. 

  • Krim dan Serum Hydroquinone

Ini mungkin solusi yang paling populer untuk mencerahkan flek hitam, dengan mengaplikasikan serum atau krim topikal yang mengandung hydroquinone. Hanya saja penggunaan krim atau serum yang mengandung hydroquinone ini sangat dibatasi.

Meskipun dianggap aman untuk digunakan dalam produk kosmetik, konsentrasi hidrokuinon harus dibatasi karena menimbulkan risiko lebih besar pada konsentrasi yang lebih tinggi. Dikhawatirkan zat ini menjadi racun dan dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga: 7 Kesalahan Membersihkan Makeup Wajah

  • Perawatan Laser

Di klinik kecantikan kini tersedia berbagai jenis perawatan laser. Perawatan yang paling umum untuk mengobati flek hitam pada kulit yaitu menggunakan intense pulse light laser. Laser ini memiliki target caya melanin dan memecah bintik-bintik gelap. 

  • Mikrodermabrasi

Selama perawatan mikrodermabrasi, dokter kulit menggunakan alat khusus yang memiliki permukaan abrasif untuk menghilangkan lapisan luar kulit. Perawatan ini mendukung pertumbuhan kolagen baru yang dapat membantu mengurangi bintik-bintik. 

  • Chemical Peeling

Pengelupasan kimiawi atau chemical peeling melibatkan pengelupasan permukaan kulit yang mengarah pada pertumbuhan kulit baru. Proses ini mungkin secara bertahap dapat memudarkan flek-flek hitam di kulit. 

  • Cryotherapy

Cryotherapy merupakan prosedur yang melibatkan pengaplikasian nitrogen cair ke flek hitam untuk membekukannya. Treatment ini melukai sel-sel kulit. Setelah treatment, kulit akan sembuh lebih mudah sesudahnya. 

Baca Juga: Manfaat Es Batu untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Selain prosedur perawatan dermatologis dan obat resep, terdapat beberapa pengobatan rumahan yang mungkin memudarkan flek hitam pada kulit. 

  • Krim Tanpa Resep

Krim kulit tanpa resep untuk mencerahkan kulit memang tidak sekuat obat resep dari dokter kulit, tapi ini masih bisa bekerja. Krim dan serum mengandung berbagai bahan, termasuk retinol atau asam alfa hidroksi yang dapat mempercepat pengelupasan kulit dan meningkatkan pertumbuhan kulit baru. 

  • Obat Alami

Produk-produk dengan bahan alami tertentu dapat membantu merawat flek hitam pada kulit. Beberapa bahan seperti niacinamide (vitamin B-3), kedelai, ekstrak licorice, dan mulberry. Zat tersebut memiliki harapan dalam meringankan hiperpigmentasi. Dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit juga dapat membantu mengurangi melasma selama kehamilan setelah 5 minggu. 

  • Kosmetik

Meskipun kosmetik tidak meringankan flek hitam, cara ini dapat menutupinya. Beberapa orang memilih menggunakan concealer berbasis krim untuk mengurangi penampakan flek hitam. 

Baca Juga: 8 Treatment Kecantikan untuk Menghilangkan Bekas Jerawat


Mencegah Kemunculan Flek Hitam

Menghindari kerusakan kulit sejak awal adalah solusi terbaik. Merawat untuk melindungi kulit setelah flek hitam muncul juga akan menjaga kulit dari hal terburuk. 

  • Gunakan krim SPF. Rajin mengaplikasikan tabir surya setiap dua jam atau lebih jika kamu sering berenang atau berkeringat. 
  • Tutupi kulit saat berada di luar ruangan. Kenakan topi, lengan panjang, dan celana panjang. 
  • Hindari paparan sinar matahari di waktu-waktu terik. Paparan sinar UV biasanya paling besar antara jam 10 pagi sampai jam 2 siang. 

Perlindungan sinar matahari adalah kunci dalam mencegah flek hitam. Gunakan produk dengan kandungan yang dapat memblokir sinar matahari, seperti zinc oxide dan titanium dioksida, jika tidak maka bintik-bintik dapat muncul kembali. Bicarakan pada dokter kulit melalui aplikasi Halodoc agar kamu mendapatkan saran perawatan terbaik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Dark Spots on the Face
Very Well Health. Diakses pada 2020. An Overview of Dark Spots
Medical News Today. Diakses pada 2020. Dark spots on the skin: Causes and how to treat them