• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Perawatan yang Bisa Dilakukan agar Bibir Lembut

5 Perawatan yang Bisa Dilakukan agar Bibir Lembut

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Perawatan yang Bisa Dilakukan agar Bibir Lembut

Minum air putih, mengonsumsi buah, mengaplikasikan masker madu ataupun mentimun adalah perawatan yang bisa dilakukan agar bibir lembut. Dengan melakukan perawatan ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan bibir sehat dan lembap.”

Halodoc, Jakarta – Apa yang kamu lakukan sehari-hari bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh secara spesifik, salah satunya adalah bibir. Penyebab bibir kering ada bermacam-macam, mulai dari kurang minum, berada di lingkungan yang kering, misalnya ruangan ber-AC, aktivitas yang padat, sampai kurang vitamin C. 

Melalui perawatan yang tepat, kamu bisa menjaga agar bibir tetap sehat. Seperti apa perawatan yang bisa dilakukan agar bibir lembut? Baca selengkapnya di sini!

1. Konsumsi Buah

konsumsi buah

Salah satu cara merawat agar bibir lembut adalah dengan mengonsumsi buah-buahan. Seperti diketahui, buah-buahan mengandung vitamin C dan asupan vitamin lain yang bisa membantu melembapkan kulit termasuk bibir. Rutin mengonsumsi buah akan membuat kamu terhindar dari bibir kering dan pecah-pecah.

Baca juga: 5 Cara Alami Mengatasi Bibir Hitam

2. Scrubbing Bibir

scrubbing bibir

Selain melalui konsumsi vitamin C, kamu juga bisa melakukan perawatan bibir lembut dengan cara melakoni scrubbing. Ada beberapa bahan yang bisa digunakan, diantaranya adalah kombinasi garam dan madu. 

Caranya sederhana, kamu tinggal mencampurkan 1–2 sendok madu plus garam, kemudian diaduk merata lalu digosokkan ke bibir selama 30 detik. Diamkan sesaat baru bilas dengan handuk hangat. Lakukan setidaknya 1 kali dalam dua minggu untuk mendapatkan bibir lembut merona.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Air Putih?

3. Masker Mentimun

masker mentimun

Selain bagus digunakan untuk kulit wajah, mentimun juga bisa diaplikasikan sebagai masker untuk bibir. Kamu tinggal mengiris tipis bagian dalam mentimun lalu ditempelkan ke kulit bibir. Diamkan beberapa saat sekira 5–7 menit baru kemudian dilepaskan. Masker mentimun bisa membantu menghidrasi dan melembapkan kulit bibir sehingga baik digunakan untuk perawatan agar bibir lembut.

4. Madu untuk Masker ataupun Dikonsumsi

madu

Madu dikenal dengan khasiatnya sebagai antibakteri, antiperadangan sehingga baik untuk kesehatan. Selain baik untuk kesehatan tubuh dari dalam, madu juga baik digunakan sebagai pelembap. Untuk digunakan sebagai perawatan bibir, bisa dilakoni dengan cara menggunakan madu sebagai masker ataupun dikonsumsi.

Baca juga: Jangan Diabaikan, 5 Kebiasaan yang Membuat Bibir Kering

Biasanya madu digunakan untuk masker bibir lewat mengoleskannya di bibir sebelum tidur dan didiamkan selama beberapa menit, lalu dibasuh dengan handuk hangat. Untuk dikonsumi, kamu bisa menambahkan 1 sendok madu ke dalam teh, lalu diminum secara rutin setiap hari.

5. Air Putih

air putih

Tadi sudah disinggung sebelumnya kalau bibir kering juga bisa disebabkan oleh kurang minum air putih ataupun dehidrasi. Rutin minum air putih bisa membantu melembapkan bibir dan mencegah dehidrasi.

Itulah perawatan yang bisa kamu lakukan supaya bibir lembut dan lembap. Kalau kamu mengalami masalah kesehatan kulit yang signifikan, langsung saja periksakan diri ke dokter lewat aplikasi Halodoc ya! Kamu bisa buat janji bertemu dokter lewat aplikasi tanpa harus antre di rumah sakit! Download Halodoc sekarang diponselmu!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Best 6 ways to relieve chapped lips.
Everyday Health. Diakses pada 2021. What You Need to Know About Chapped Lips.