28 May 2018

5 Pilihan Appetizer yang Sehat Buat Buka Puasa

5 Pilihan Appetizer yang Sehat Buat Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Ramadan menjadi bulan yang paling dinantikan umat Muslim. Selain bisa menjalankan ibadah puasa, kamu juga bisa mencicipi berbagai makanan manis yang muncul hanya saat bulan puasa. Makanan manis memang baik dikonsumsi saat berbuka puasa karena bermanfaat untuk mengembalikan kadar gula dalam darah, sehingga kamu pun kembali berenergi. Tapi jangan asal manis, pilihlah appetizer atau hidangan pembuka yang juga sehat.

1. Sop Buah

Punya rasa yang manis dan segar, membuat sop buah jadi salah satu appetizer terfavorit untuk berbuka puasa. Enggak hanya enak, sop buah yang terdiri dari berbagai macam buah juga mengandung banyak vitamin yang berguna untuk sistem kekebalan tubuhmu selama menjalankan puasa. Cara membuatnya juga mudah, kamu hanya perlu menyiapkan 4-5 jenis buah favorit, seperti melon, stroberi, kiwi, jeruk, semangka, dan buah naga. Potong kecil-kecil. Lalu tambahkan es serut, sirup, atau campuran susu kental manis dan air matang untuk kuahnya. Sop buah yang segar pun siap kamu nikmati!

(Baca juga: 6 Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa)

2. Es Podeng

Jajanan tradisional khas Jakarta ini memang paling nikmat disantap saat berbuka. Terdiri dari campuran es krim dengan topping alpukat, agar-agar, sagu mutiara, kacang tanah, dan susu kental manis, dijamin dahagamu setelah berpuasa seharian akan hilang seketika setelah mengonsumsi es podeng. Selain itu, buah alpukat yang ada dalam es podeng juga banyak mengandung vitamin, seperti vitamin, A, D, E, dan K, sehingga sangat baik untuk tubuh.

3. Es Lidah Buaya

Enggak hanya baik untuk rambut dan wajah, mengonsumsi lidah buaya yang kaya akan vitamin dan mineral ini juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan dan menghilangkan racun dari dalam tubuh lho. Karena itu, es lidah buaya bisa menjadi pilihan minuman yang baik untuk kamu berbuka puasa. Es lidah buaya banyak dijual di pasaran, kamu pun juga bisa membuatnya sendiri. Caranya, tambahkan daging lidah buaya yang sudah dicuci dan dipotong kecil-kecil ke dalam rebusan air gula dan pandan. Tambahkan es batu agar lebih segar.

4. Es Cendol Durian

Buat kamu pencinta durian, mendengar nama menu ini saja pasti sudah bisa bikin kamu ngiler! Es cendol durian ini sangat cocok dijadikan menu untuk berbuka karena ampuh menghilangkan dahaga dan dapat menunda lapar. Buah durian yang mendominasi menu es ini juga kaya akan nutrisi lho, antara lain tinggi antioksidan yang dapat melindungimu dari radikal bebas, serat yang membantu melancarkan pencernaan, dan kalium yang berguna untuk menjaga kesehatan otot dan tulang.

Tapi ingat, jangan makan es cendol durian terlalu banyak ya, karena dapat menyebabkan perut kembung, bahkan diare.

5. Es Pisang Ijo

Siapa yang enggak tahu es tradisional yang satu ini? Kelezatan sirop merah yang dipadukan dengan pisang manis dibalut kulit hijau ini pasti enggak bisa kamu tolak. Tapi tahukah kamu, di balik kelezatan pisang ijo, terdapat banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti protein, lemak, vitamin B6, vitamin C, kalsium dan kalium.

Baca juga: 5 Kesalahan Pilih Takjil Saat Berbuka

Nah, jadi kamu sudah tahu kan menu hidangan pembuka apa saja yang bisa kamu pililh untuk berbuka puasa nanti? Jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan selama berpuasa ya. Kamu juga bisa bertanya-tanya tentang nutrisi yang dibutuhkan selama berpuasa pada dokter lewat aplikasi Halodoc. Ngobrol dengan dokter enggak usah keluar rumah, hanya cukup lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.