5 Pilihan Camilan Sehat untuk Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
5 Pilihan Camilan Sehat untuk Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta - Setiap orang pasti membutuhkan camilan di sela-sela waktu makan. Namun, untuk kasus diabetes, pilihan camilan cukup terbatas. Selain mengenyangkan, pilihan camilan harus rendah lemak dan gula, tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kadar glukosa darah. Kuncinya pada camilan tinggi serat, protein, dan lemak yang sehat. Ketiganya membantu menjaga kadar gula tetap terkontrol.

Meski terbatas, jangan bingung ketika memilih camilan sehat untuk para pengidap diabetes. Berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Kacang Almond

Kacang almond mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh dan tidak tinggi risiko kala dikonsumsi. Satu porsi kacang almond, atau satu ons-nya menyediakan lebih dari 15 jenis vitamin dan mineral, termasuk 32 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk senyawa mangan, 19 persen untuk magnesium, dan sebesar 17 persen untuk senyawa riboflavin.

Kemampuan kacang almond mengontrol gula dalam darah karena kandungan serat, protein, dan lemak sehat di dalamnya. Ketiganya penting dalam mengendalikan diabetes. Terlebih lagi, almond bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol. Namun, kalori yang terkandung dalam kacang almond terbilang cukup tinggi, jadi batasi takaran sajiannya.

Baca juga: Ini 5 Cara Sehat Makan Camilan dalam Kemasan

  • Telur Rebus

Telur rebus merupakan camilan sehat untuk para pengidap diabetes. Makanan satu ini mengandung protein yang amat tinggi. Sebuah telur rebus menyediakan 6 gram protein, yang sangat berguna untuk penyakit diabetes karena menjaga kadar gula darah naik terlalu tinggi setelah mengonsumsinya. Telur dikenal mengenyangkan, menjadi aspek penting dalam pengelolaan penyakit diabetes tipe 2. Sebutir atau dua butir telur rebus cukup sebagai camilan, bisa ditambah dengan guacamole agar rasanya lebih nikmat.

  • Alpukat

Bagi pengidap diabetes, alpukat dapat dijadikan camilan yang membantu menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. Kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya membuat buah ini ramah diabetes. Alpukat bisa dikonsumsi tanpa campuran. Namun, karena buah ini tinggi kalori, perhatikan batasan asupannya. Seperempat hingga setengah buah untuk camilan sudah cukup.

Baca juga: 6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

  • Daging Sapi

Sama halnya dengan telur, daging sapi juga kaya akan protein dan rendah karbohidrat, menjadikan makanan ini baik untuk pengidap diabetes. Jika memungkinkan, pilih daging sapi dari hewan yang hanya diberi pakan rumput. Dibandingkan dengan sapi yang makan biji-bijian, daging sapi yang diberi pakan rumput lebih tinggi kandungan asam lemak omega-3, yang dikenal karena peran potensialnya dalam menjaga tingkat gula darah.

  • Edamame

Edamame adalah sejenis kedelai hijau mentah dan masih terbungkus di dalam kulitnya. Makanan ini sangat bergizi dan nyaman dikonsumsi, terutama pada pengidap diabetes. Setidaknya, terkandung sebanyak 17 gram protein dan 8 gram serat dalam 155 gram camilan sehat ini. Selain itu, edamame dapat meningkatkan resistensi insulin, kondisi ketika sel tidak mampu menggunakan insulin secara efektif dan menyebabkan tingginya kadar gula darah. Camilan ini biasanya disajikan dengan cara dikukus.

Baca juga: Pengen Ngemil yang Tetap Bikin Langsing, Bisa!

Nah, itu tadi beberapa jenis camilan sehat yang cocok untuk para pengidap diabetes. Dengan mengetahui jenis makanannya, tidak perlu khawatir risiko kadar gula darah meningkat. Supaya lebih jelas, tanyakan pada dokter saja. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc agar tanya jawab dengan dokter lebih mudah. Segera download aplikasi Halodoc di ponsel kamu, ya!