• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Obat Bebas Tanpa Resep Dokter untuk Sakit Kepala
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Obat Bebas Tanpa Resep Dokter untuk Sakit Kepala

5 Pilihan Obat Bebas Tanpa Resep Dokter untuk Sakit Kepala

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 28 Maret 2022

“Obat bebas tanpa resep dokter bisa jadi jalan keluar untuk mengatasi sakit kepala yang datang tiba-tiba. Jenis obat sakit kepala bebas resep yang mudah ditemukan seperti parasetamol, ibuprofen, hingga kafein. Pastikan tubuh tidak memiliki kondisi medis lain sebelum menggunakan obat-obatan tersebut.”

5 Pilihan Obat Bebas Tanpa Resep Dokter untuk Sakit Kepala

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Kebanyakan orang mencoba untuk mengatasinya dengan obat bebas tanpa resep dokter terlebih dulu, sebelum bertanya pada dokter. Obat bebas tanpa resep dokter tentu mudah didapatkan kapan pun kamu membutuhkannya. 

Ketika hendak mengonsumsi obat bebas resep, ikutilah cara pakai dan dosis yang tertera pada kemasan obat. Selain itu, segeralah temui dokter bila sakit kepala tak kunjung membaik meski telah mengonsumsi obat bebas resep. Sebab bisa saja kondisi tersebut disebabkan oleh masalah yang lebih serius. 

Nah, berikut ini pilihan obat bebas tanpa resep dokter yang dapat dikonsumsi:

  1. Paracetamol
paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen adalah pilihan umum untuk meredakan sakit kepala tegang. Obat ini dapat ditoleransi dengan sangat baik sebagai alternatif jika kamu tidak dapat mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID). 

  1. Ibuprofen
ibuprofen

Ibuprofen sering digunakan untuk pengobatan sakit kepala tegang, serta migrain ringan hingga sedang. Obat ini termasuk NSAID, yang berarti bekerja dengan mengurangi rasa sakit dan peradangan. Dalam keadaan tertentu, ibuprofen bisa sedikit lebih efektif dan bekerja lebih cepat dibandingkan parasetamol dalam meredakan sakit kepala. Namun, jika kamu memiliki penyakit ginjal, jantung, atau riwayat pendarahan lambung, sebaiknya hindari menggunakan ibuprofen.

  1. Aspirin
aspirin

Meskipun obat ini tidak begitu populer untuk meredakan sakit kepala, tapi aspirin masih merupakan NSAID yang paling umum digunakan. Terutama bagi kalangan orang yang lebih tua. Aspirin memiliki beberapa mekanisme yang membuatnya menjadi antiinflamasi, pengencer darah, dan pereda nyeri. Aspirin sering efektif dalam mengurangi gejala migrain dan sakit kepala tegang. 

  1. Naproxen
naproxen

Naproxen juga termasuk obat NSAID, ia bekerja dengan cara yang sama seperti ibuprofen. Naproxen dapat mengurangi gejala sakit kepala tegang. 

  1. Kafein
kafein

Salah satu obat yang tidak terduga dapat mengobati sakit kepala. Jenis obat sakit kepala kafein bekerja dengan mempersempit pembuluh darah di otak. Peradangan dan pelebaran pembuluh darah ini dapat menyebabkan beberapa nyeri migrain. 

Itulah beberapa obat bebas tanpa resep dokter untuk meredakan sakit kepala. Obat-obatan di atas sangat mudah ditemukan di apotek terdekat. Kamu juga bisa cek kebutuhan medis untuk meredakan sakit kepala di aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2022. Over-the-Counter Medications for Migraine or Tension Headaches
Goodrx Health. Diakses pada 2022. Over-the-Counter Migraine Medications: What Are the Best and Most-Effective Ingredients?