• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Limfoma
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Limfoma

5 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Limfoma

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Februari 2022

“Ada banyak pilihan pengobatan untuk mengatasi kanker limfoma. Pengobatan seperti apa yang diperlukan tergantung pada jenis kanker, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan faktor lainnya.”

5 Pilihan Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Limfoma

Halodoc, Jakarta – Kanker limfoma adalah kanker yang berkembang di sistem getah bening. Ini memiliki 2 jenis, yaitu limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Sistem getah bening adalah serangkaian kelenjar getah bening dan pembuluh yang memindahkan cairan getah bening ke seluruh tubuh. 

Cairan getah bening mengandung sel darah putih yang melawan infeksi. Kelenjar getah bening berperan penting bertindak sebagai filter, menangkap dan menghancurkan bakteri dan virus untuk mencegah penyebaran infeksi. 

Pengobatan untuk Kanker Limfoma

Pengobatan untuk kanker limfoma tergantung pada jenis dan stadium penyakit, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan preferensi. Tujuan pengobatan adalah untuk menghancurkan sel kanker sebanyak mungkin dan membawa penyakit ke dalam remisi.

Beberapa pilihan pengobatan untuk kanker limfoma meliputi:

  1. Pengawasan Aktif

Beberapa jenis kanker limfoma tumbuh sangat lambat. Dokter mungkin memutuskan untuk menunggu dan mengawasi secara ketat, untuk memantau kondisi. Hal ini terutama jika kanker terdeteksi pada stadium awal.

Ketika kanker limfoma menyebabkan tanda dan gejala yang mengganggu aktivitas sehari-hari, pengobatan dapat dilakukan. Sampai saat itu, pengidap kanker limfoma mungkin perlu menjalani tes berkala untuk memantau kondisi.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk menghancurkan sel yang tumbuh cepat, seperti sel kanker. Obat-obatan biasanya diberikan melalui pembuluh darah, tetapi juga dapat diminum sebagai pil, tergantung pada obat spesifik yang diperlukan.

  1. Terapi Radiasi

Terapi radiasi juga merupakan pilihan pengobatan untuk kanker limfoma. Terapi ini dilakukan dengan menggunakan sinar energi bertenaga tinggi, seperti sinar-X dan proton, untuk membunuh sel kanker.

  1. Transplantasi Sumsum Tulang

Transplantasi sumsum tulang, juga dikenal sebagai transplantasi sel induk, melibatkan penggunaan kemoterapi dan radiasi dosis tinggi untuk menekan sumsum tulang. 

Kemudian, sel induk sumsum tulang yang sehat dari tubuh atau dari donor dimasukkan ke dalam darah. Ini akan menyebar ke tulang dan membangun kembali sumsum tulang.

  1. Perawatan Lainnya

Obat lain yang digunakan untuk mengobati kanker limfoma termasuk obat yang ditargetkan yang berfokus pada kelainan spesifik pada sel kanker. Obat imunoterapi menggunakan sistem kekebalan pengidap untuk membunuh sel kanker. 

Perawatan khusus yang disebut terapi sel T reseptor antigen chimeric (CAR) mengambil sel T yang melawan kuman tubuh. Lalu merekayasanya untuk melawan kanker dan memasukkannya kembali ke dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa pilihan pengobatan untuk kanker limfoma. Untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan, pengidap penyakit ini harus menemui dokter spesialis onkologi. 

Berikut ini beberapa rekomendasi dokter spesialis onkologi di Halodoc yang bisa membantu:

1. dr. I Made Chandra Ari Kumara, Sp.B(K)Onk

dr. I Made Chandra Ari Kumara, Sp.B(K)Onk adalah seorang dokter spesialis bedah konsultan onkologi yang praktik di RS Omni Pulomas dan RS EMC Sentul. Ia mendapatkan gelar spesialisnya setelah menamatkan pendidikan di Universitas Udayana, Bali.

Sehari-harinya, ia bisa memberikan layanan konsultasi seputar bedah khususnya terkait onkologi (kanker). Ia juga tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Ikatan Ahli Bedah Indonesia (IKABI) sebagai anggota. 

2. dr. Ismairin Oesman, Sp.B(K)Onk

dr. Ismairin Oesman, Sp.B(K)Onk adalah dokter spesialis bedah onkologi yang aktif melayani pasien di RS Mayapada Jakarta Selatan, RS Puri Cinere, dan RS Pondok Indah. Ia tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Perhimpunan Ahli Bedah Onkologi Indonesia.

Sebelumnya, dr. Ismairin menamatkan pendidikannya di Universitas Indonesia, Depok. Ia dapat memberikan layanan konsultasi, dan tindakan terkait bedah onkologi (Kanker).

3. dr. John Sammy Leids Alfawin Pieter, Sp.B(K)Onk

dr. John Sammy Leids Alfawin Pieter, Sp.B(K)Onk adalah seorang dokter spesialis bedah onkologi yang berpraktik di RS Siloam Makassar, RS Stella Maris Makassar. Ia merupakan lulusan Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ia juga tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dan Perhimpunan Bedah Onkologi Indonesia. Sehari-harinya, dr. John dapat memberikan layanan medis terkait kemoterapi, konsultasi kanker, mammografi, skrining kanker, USG mammae dan lain lain.

Jika kamu ingin bertanya lebih lanjut mengenai kanker limfoma pada ahlinya, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit favoritmu.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Lymphoma.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Lymphoma.