• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pola Hidup Sehat Agar Kadar Kolesterol Selalu Normal

5 Pola Hidup Sehat Agar Kadar Kolesterol Selalu Normal

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Pola Hidup Sehat Agar Kadar Kolesterol Selalu Normal

“Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, tetapi kalau jumlahnya berlebihan kondisi ini justru memicu berbagai gangguan kesehatan, seperti stroke dan penyakit jantung. Lakukan pola hidup sehat untuk menjaga kadar kolesterol selalu normal, seperti mengonsumsi makanan sehat, mengontrol berat badan, rutin berolahraga, berhenti merokok, dan membatasi asupan alkohol.”

Halodoc, Jakarta – Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi dalam tubuh. Selain itu, kolesterol juga bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dikonsumsi. Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh agar tubuh menjalankan beberapa peran penting, seperti membuat sejumlah hormon, pencernaan lemak, hingga memenuhi kebutuhan vitamin D.

Baca juga: Ini Kadar Kolesterol yang Sehat Secara Medis

Namun, jika jumlahnya dalam tubuh berlebihan kondisi ini yang bisa memicu berbagai gangguan kesehatan tubuh, seperti stroke hingga gangguan jantung. Untuk itu, sangat penting memastikan kamu selalu menjalankan pola hidup sehat agar kadar kolesterol selalu normal.

Kenali Tanda Kadar Kolesterol Tinggi dalam Tubuh 

Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kolesterol melebihi batas normal. Ada banyak pemicu yang membuat seseorang mengalami kolesterol tinggi, seperti terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, mengalami obesitas, riwayat keluarga dengan kondisi serupa, kurang olahraga dan aktivitas fisik, hingga memiliki penyakit yang menyebabkan kolesterol, misalnya diabetes atau gangguan ginjal.

Bahayanya, kolesterol tinggi tidak menyebabkan gejala apapun pada pengidapnya. Biasanya, kondisi ini diketahui setelah pengidap menjalani pemeriksaan tertentu yang meliputi pemeriksaan kadar kolesterol.

Sangat penting melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin jika kondisi kesehatan kamu terkait dengan pemicu kolesterol. Dengan begitu kolesterol tinggi dapat dicegah dengan baik.

Baca juga: 5 Aturan Makan Seafood Biar Enggak Kolesterol

Pola Hidup Sehat untuk Menjaga Kadar Kolesterol Normal

Dengan menjalani pola hidup sehat, kamu bisa menjaga kadar kolesterol kamu dalam kondisi normal. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kolesterol, yaitu:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Perlu diingat, bahwa tubuh dapat memproduksi kolesterol sehingga kamu tidak membutuhkan kolesterol dari makanan yang kamu konsumsi. Jadi, sebaiknya pilihlah makanan sehat yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal.

Sebaiknya batasi mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh, seperti makanan yang digoreng, makanan cepat saji, keju, dan jeroan. Selain itu, batasi pengonsumsian makanan dengan kandungan garam tinggi. 

Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah dan sayur. Kamu juga bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, gandum utuh, hingga susu tanpa lemak.

  1. Mengontrol Berat Badan

Obesitas menjadi salah satu pemicu kadar kolesterol tinggi. Kelebihan lemak dalam tubuh dapat memengaruhi tubuh menggunakan kolesterol dan menghambat kemampuan tubuh menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Lakukan pemeriksaan berat badan secara rutin untuk memastikan berat badan dalam kondisi normal. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan, sebaiknya gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai cara tepat mengontrol berat badan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Rutin Berolahraga

Rutin melakukan olahraga setiap hari membantu kamu dalam menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah. Kamu bisa melakukan olahraga ringan setiap hari, seperti bersepeda, berjalan, atau berlari.

Selain olahraga, sebaiknya lakukan aktivitas fisik lebih banyak dari biasanya. Kamu bisa memilih untuk menggunakan tangga dibandingkan eskalator saat di kantor atau berjalan kaki saat makan siang di luar rumah jika lokasi mudah dijangkau.

  1. Berhenti Merokok

Bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan jantung dan paru-paru, kebiasaan merokok juga bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menyebabkan gangguan pada pembuluh darah. Jadi, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok agar kesehatan tetap terjaga dengan baik.

  1. Batasi Pengonsumsian Alkohol

Kebiasaan mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Batasi pengonsumsian alkohol setiap harinya untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Inilah Pentingnya Mengetahui Kadar Kolesterol Tubuh

Itulah pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga kadar kolesterol tetap normal. Jangan lupa melakukan pengecekan kadar kolesterol secara rutin untuk mencegah penyakit kolesterol tinggi.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

CDC. Diakses pada 2021. Preventing High Cholesterol.

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. High Cholesterol.