• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Rekomendasi Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa

5 Rekomendasi Jajanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Puasa sudah tinggal beberapa jam lagi apakah kamu sudah siap menjalaninya? Selain memperdalam ilmu agama dan menambah pahala, satu hal yang bikin bulan puasa menjadi indah adalah momen kebersamaan bersama keluarga dan orang-orang yang disayangi. Berbuka puasa sering dijadikan sebagai waktu untuk kumpul keluarga. Karenanya pilihan menu makanan menjadi salah faktor yang membuat acara kumpul bareng menjadi seru.

Alangkah lebih baik lagi kalau makanan atau jajanan yang dimakan saat berbuka puasa tidak sembarang mengenyangkan perut atau memberi rasa enak di lidah, melainkan juga sehat sehingga tidak mengganggu jalannya ibadah puasa. Nah, kira-kira apa saja ya rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka puasa? (Baca juga: 3 Manfaat Ngemil Malam Saat Bulan Puasa)

  1. Kolak Pisang

Kolak pisang adalah rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka puasa yang paling umum dan aman. Kandungan kalori pada kolak memang paling pas sebagai menu pembuka, tidak begitu mengenyangkan tetapi cukup untuk mengganjal perut sebelum akhirnya menikmati makanan berat. Lagi pula, kalau kamu langsung makan makanan berat, perut akan berasa sakit karena sudah beberapa lama kosong. Berikan sedikit jeda pada lambung sebelum akhirnya mengisi perut dengan makanan berat.

  1. Es Buah

Es buah juga bisa jadi pilihan jajanan sehat untuk berbuka puasa. Air dan buah adalah kombinasi menyehatkan untuk perut yang sudah lama kosong. Sejatinya kamu harus lebih dulu mengembalikan kehilangan cairan tubuh baru mengisinya dengan makanan berat. Buah dan air pada es buah akan mengembalikan cairan tubuh dan energi yang hilang. Rasa manis dan kesegaran buah akan mengembalikan vitalitas tubuh. (Baca juga: 6 Buah yang Cocok untuk Berbuka Puasa)

  1. Klepon

Klepon adalah rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka yang sangat tradisional. Tepung ketan, tepung beras, parutan kelapa dan gula merahnya membuat penganan manis ini paling pas dimakan setelah perut kosong seharian. Selain energi sehatnya, klepon juga mengandung mangan yang membantu metabolisme dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, menangkal radikal bebas dan membantu fungsi kelenjar tiroid.

  1. Kue Lumpur

Satu lagi makanan tradisional lainnya yang bisa menjadi rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka adalah kue lumpur. Kuning telur, putih telur, santan, margarin, garam, gula dan kismis adalah bahan alami yang dapat meningkatkan energi setelah perut kosong. Tapi, ada baiknya kamu membatasi makan kue lumpur saat berbuka. Cukup dua potong saja, supaya perut dapat terisi lagi dengan makanan lainnya yang lebih bermanfaat untuk asupan dalam tubuhmu.

  1. Martabak Manis

Saat puasa sistem metabolisme tubuh menjadi melambat dan hampir 14 jam energi yang tersimpan dalam tubuh terkuras habis tanpa ada penggantinya sebab tidak ada makanan yang masuk. Makanya, tubuh butuh asupan makanan manis untuk menggantikan energi yang hilang. Makanan manis adalah sumber yang bisa diproses tubuh dengan cepat sehingga stamina tubuh dapat kembali lebih cepat. Nah, salah satu rekomendasi jajanan sehat untuk berbuka lainnya adalah martabak manis. Selain manis, martabak manis mengandung energi dan kalori sehingga tubuh lebih berenergi.

Menikmati berbagai penganan maupun makanan saat berbuka puasa adalah baik tapi penting juga buat kamu untuk lebih menjaga asupan makanan sehat ketimbang hanya bikin kenyang atau sekadar enak saja.

Ingin tahu lebih banyak mengenai makanan sehat dan tips untuk mengolahnya supaya lebih enak saat melahapnya? Kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.