• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Tubuh

5 Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Tubuh

“Secara keseluruhan, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat memberikan segudang manfaat. Salah satunya adalah membantu menurunkan berat badan atau menjaga berat tubuh tetap ideal. Karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan. Misalnya seperti kentang, pisang, oatmeal, nasi merah, hingga ubi jalar.”

Halodoc, Jakarta – Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Pasalnya, karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh dan membantu tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Karbohidrat terbagi menjadi dua, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Nah, karbohidrat kompleks merupakan bagian dari susunan menu makanan sehat. Sebab, karbohidrat kompleks juga mengandung vitamin, mineral, dan serat yang juga dibutuhkan tubuh.

Berdasarkan kandungan nutrisinya, mengonsumsi karbohidrat kompleks tentu dapat menjaga kesehatan tubuh dan berat badan tetap ideal. Lantas, apa saja sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh? Simak informasinya di sini! 

Baca juga: Inilah Pentingnya Asupan Nutrisi dalam Berolahraga

Sumber Karbohidrat Kompleks yang Baik untuk Kesehatan

Ini lah beberapa sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh, antara lain: 

  1. Kentang

Salah satu sumber karbohidrat kompleks yang cukup populer adalah kentang. Selain karbohidrat, kentang juga mengandung vitamin A, vitamin C, protein, serat pangan, hingga natrium yang cukup tinggi. Konsumsi kentang yang direbus tanpa mengupas kulitnya dapat memenuhi asupan serat dan pati resisten yang baik. Pati resisten dalam kentang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, serta sumber nutrisi untuk bakteri usus yang bermanfaat untuk kesehatan. 

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks yang berasal dari gandum utuh kaya akan serat dan pati sehat. Oat adalah makanan yang kaya sumber berbagai vitamin, mineral, dan juga antioksidan. Oat juga kaya akan jenis serat tertentu yang disebut beta glukan yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Selain itu, oat berperan penting dalam meningkatkan rasa kenyang, bila dikonsumsi. Tak hanya itu, konsumsi oat juga dikaitkan dengan metabolisme tubuh yang sehat. Kedua hal tersebut membuat oat cocok dijadikan untuk mereka yang sedang diet. 

  1. Pisang

Selain karbohidrat, pisang juga terkenal tinggi potasium yang dapat menurunkan tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C, B6, mangan, serat, kalium dan magnesium. Umumnya, pisang memiliki indeks glikemik yang rendah hingga sedang. Kadar indeks glikemik tersebut tidak akan menyebabkan lonjakan kadar gula darah bila dibandingkan makanan tinggi karbohidrat lain.

Baca juga: Ingin Mencoba Diet Karbohidrat? Perhatikan 5 Hal Ini

  1. Ubi Jalar

Ubi jalar yang dimasak mengandung sekitar 18-21 persen karbohidrat kompleks. Karbohidrat pada umbi-umbian ini terdiri dari pati, gula dan juga serat. Selain itu, ubi jalar juga mengandung provitamin A dalam bentuk beta karoten, vitamin C dan kalium yang tinggi. Meski rasanya manis, indeks glikemik pada ubi jalar cenderung rendah.

  1. Nasi Merah

Nasi merah dapat memberikan jumlah kalori dan karbohidrat yang serupa dengan nasi putih. Namun, perlu diketahui bahwa nasi merah memiliki tiga kali lebih banyak serat dan protein dibanding nasi putih. Alhasil, rasa kenyang pun dapat bertahan lebih lama bila mengonsumsi nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Hal tersebut tentu dapat membantu seseorang dalam mempertahankan berat badan yang ideal. 

Manfaat Kesehatan yang Dapat Diperoleh

Secara keseluruhan, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu menurunkan berat badan. Berat badan yang ideal dapat menurunkan risiko obesitas. Selain itu, karbohidrat kompleks juga dapat mengurangi risiko berbagai gangguan kesehatan. Misalnya seperti penyakit jantung, stroke, hingga kanker. 

Tak hanya itu, karbohidrat kompleks juga bermanfaat bagi kesehatan usus dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dilansir dari Livestrong, karbohidrat kompleks akan menurunkan kolesterol LDL (jahat) sambil menormalkan kadar glukosa darah dan respons insulin dari waktu ke waktu.

Serat yang terkandung dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks juga dapat meningkatkan kesehatan usus. Melalui produksi tinja yang lebih produktif dan halus sehingga dapat mencegah sembelit dan mengurangi penyakit divertikular.

Baca juga: Ketahui Nutrisi Sayuran Hijau yang Enggak Boleh Dilewatkan

Nah itu lah beberapa sumber karbohidrat kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh. Pastikan untuk menjadikannya sebagai bagian dari menu sehari-hari agar dapat memperoleh berbagai manfaatnya. Selain mengonsumsi makanan yang menyehatkan, memenuhi segala asupan nutrisi penting untuk tubuh juga dapat dilakukan melalui konsumsi vitamin.

Melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membeli vitamin atau suplemen sesuai dengan kebutuhanmu. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantri berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Livestrong. Diakses pada 2021. A Complete Guide to Complex Carbohydrates
Nilai Gizi. Diakses pada 2021. Kentang rebus
Nilai Gizi. Diakses pada 2021. Nasi merah
Nilai Gizi. Diakses pada 2021. Ubi jalar manis
CNN Indonesia. Diakses pada 2021. 2 Makanan Mengandung Karbohidrat Kompleks, Cocok untuk Diet