• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Sumber Vitamin D dalam Makanan yang Mudah Didapatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Sumber Vitamin D dalam Makanan yang Mudah Didapatkan

5 Sumber Vitamin D dalam Makanan yang Mudah Didapatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 September 2022

“Vitamin D mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sumber vitamin ini bisa didapat dari beberapa makanan yang mudah ditemui. ”

5 Sumber Vitamin D dalam Makanan yang Mudah Didapatkan5 Sumber Vitamin D dalam Makanan yang Mudah Didapatkan

Halodoc, Jakarta – Sudah bukan rahasia lagi bahwa vitamin D memiliki manfaat yang penting untuk banyak hal. Seperti meningkatkan penyerapan kalsium, perkembangan tulang, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi peradangan. Tanpa asupan vitamin ini, tulang mungkin akan rusak dan lemah. 

Vitamin ini juga dapat membantu mencegah rakhitis pada anak-anak, osteomalasia pada orang dewasa, dan osteoporosis pada orang tua apabila dibarengi dengan konsumsi kalsium. Secara alami, vitamin ini dapat diperoleh melalui sinar matahari pagi. Namun, kamu juga bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi  makanan yang tinggi vitamin D. 

Makanan dengan Kandungan Vitamin D Tinggi

Berikut makanan yang tinggi akan vitamin D:

  1. Susu dan Yoghurt
Susu dan Yoghurt

Susu dan yoghurt adalah sumber nutrisi alami yang baik, seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin. Susu dan yoghurt juga kaya akan vitamin D.

Jika kamu alergi terhadap susu sapi, kamu bisa mencoba susu kedelai. Karena vitamin D pada susu kedelai sama tingginya dengan susu sapi. 

  1. Keju
keju

Karena kebanyakan berbahan dasar susu, keju juga menjadi sumber vitamin D. Namun, sumber vitamin pada keju lebih sedikit daripada susu.

Sebagian besar jenis keju mengandung 8-24 IU vitamin D per porsi 50 gram. Kandungan vitamin ini dalam keju pun sangat bervariasi, tergantung pada bagaimana cara keju diproduksi.

  1. Ikan Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang terkenal akan sumber vitamin D yang tinggi. Rata-rata, salmon hasil penangkaran akan memiliki lebih sedikit vitamin D daripada salmon hasil tangkapan langsung. Jumlah vitamin akan bervariasi tergantung lokasi dan waktu saat salmon ditangkap.

  1. Ikan Sarden atau Ikan Tuna Kalengan

Selain ikan salmon, ikan sarden atau ikan tuna kalengan juga kaya akan sumber vitamin D. Sarden dianggap sebagai salah satu sumber vitamin D meskipun ukurannya kecil. Dalam 100 gram sarden segar, terkandung 216 IU vitamin D.

Sedangkan, dalam satu kaleng sarden mengandung 177 IU vitamin D. Demikian pula, 3 ons tuna kalengan dalam air mengandung 154 IU vitamin D, sehingga menjadikan tuna kaleng sebagai sumber baik vitamin ini.

  1. Kuning Telur 

Sebagian besar protein dalam telur terdapat pada bagian putihnya, sedangkan lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar terdapat pada kuning telur. Kuning telur dari satu telur besar dapat mengandung 37 IU vitamin D.

Itulah penjelasan mengenai sumber vitamin D dalam makanan yang mudah didapatkan. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, segera periksakan ke dokter. Kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Nutritious Foods That Are High in Vitamin D.
Web MD. Diakses pada 2022. Top Foods for Calcium and Vitamin D.