07 May 2018

5 Tanda Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

5 Tanda Anxiety Disorder yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Munculnya rasa cemas dalam diri merupakan hal yang wajar terjadi, karena cemas atau perasaan khawatir adalah bentuk luapan emosi karena diri sedang merasa stres atau tertekan. Kondisi ini sering terjadi pada beberapa hal, seperti saat kamu hendak menghadapi ujian atau wawancara kerja atau harus memberikan sebuah keputusan penting yang melibatkan banyak pihak.

Meski demikian, rasa cemas yang kamu alami tetap perlu kamu perhatikan. Pasalnya, perasaan khawatir yang tidak mampu terkontrol dan berujung pada ketakutan tanpa sebab bukan sesuatu yang wajar. Bisa jadi, kamu sedang mengidap gangguan kecemasan, atau yang lebih sering disebut dengan anxiety disorder. Gangguan kecemasan sendiri terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Gangguan Kecemasan Sosial

Kondisi ini ditandai dengan munculnya ketakutan tak wajar saat berinteraksi dengan orang lain. Pengidap gangguan kecemasan tipe ini sering mengalami rasa malu yang berlebihan yang membuat mereka takut untuk bertindak.

  1. Gangguan Kecemasan Menyeluruh

Gangguan kecemasan menyeluruh yang membuat pengidapnya merasa cemas dan takut berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Pengidapnya seringkali ketakutan akan hal-hal yang bahkan belum tentu terjadi, seperti bencana alam, finansial, kesehatan, dan masih banyak lagi.

  1. Gangguan Panik

Terakhir, gangguan panik, yang membuat pengidapnya lebih sering merasa sedang berada dalam kondisi yang menakutkan. Mereka seperti merasakan adanya teror terus-menerus, meski hal tersebut sebenarnya tidak terjadi.

(Baca juga: Punya Kecemasan Sosial? Coba Siasati dengan Ini)

Lalu, apa yang menjadi tanda anxiety disorder ini? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Sulit Tidur

Sulit tidur seringkali dikaitkan dengan masalah kesehatan yang terjadi pada tubuh, baik kesehatan fisik maupun mental. Pasalnya, sulit tidur hampir selalu terjadi pada seseorang yang sedang dilanda stres, tertekan, cemas, dan depresi. Meski begitu, kalau kamu tidak bisa tidur selama berhari-hari karena perasaan khawatir tanpa sebab, bisa jadi kamu telah mengidap anxiety disorder.

  1. Rasa Trauma

Sebuah studi yang dimuat dalam Journal of Anxiety Disorder mengemukakan bahwa salah satu tanda anxiety disorder yang sering terjadi adalah munculnya rasa trauma pada diri para pengidap. Umumnya, para pengidap akan sebisa mungkin menghindari semua hal yang bisa memicu munculnya rasa trauma tersebut agar tidak merasa ketakutan akan mengalami kejadian serupa.

  1. Rasa Tegang pada Otot

Seseorang yang mengidap gangguan kecemasan akan sering mengalami tegang otot di beberapa bagian tubuhnya, seperti misalnya otot rahang yang mengeras dan sering mengepalkan tangan hingga gemetar. Ironisnya, terjadinya tanda anxiety disorder ini justru tidak disadari oleh pengidapnya hingga beberapa waktu kemudian. Ini menjadi cara bagi para pengidap untuk mengontrol rasa cemas yang berlebihan.

(Baca juga: Kecemasan Anak Diwarisi Orang Tua, Kok Bisa?)

  1. Sering Panik

Kamu sering mendapati diri merasa panik secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas? Kamu perlu waspada, karena serangan panik juga menjadi salah satu gejala dari gangguan kecemasan. Biasanya, kondisi ini diikuti oleh jantung yang berdebar kencang, keluarnya keringat dingin pada tubuh, juga nyeri di bagian dada dan perut. Gejala ini bisa terjadi berulang kali dalam kurun waktu tertentu.

  1. Rasa Takut yang Tidak Wajar

Setiap orang pasti memiliki rasa takut terhadap suatu hal, seperti takut pada hewan atau benda tertentu, takut terbang, dan lain sebagainya. Rasa takut yang berlebihan dan tak wajar ini akan menuju ke arah fobia. Sebenarnya, fobia menjadi tanda anxiety disorder yang cukup serius, karena para pengidapnya cenderung merasa takut secara berlebihan terhadap suatu hal.

 

Itu tadi lima tanda anxiety disorder yang perlu diketahui dan diwaspadai. Kalau kamu juga mengalami salah satu dari lima gejala tersebut, segeralah bertanya pada dokter lewat fitur live chat di aplikasi Halodoc untuk mendapatkan solusi terbaik. Yuk, download aplikasi Halodoc di Google App dan App Store.