• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tanda Awal Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tanda Awal Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

5 Tanda Awal Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Oktober 2021
5 Tanda Awal Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai

“Bentuk payudara tergantung pada beberapa kondisi, seperti menstruasi, apakah sudah memiliki anak atau belum, kehilangan atau penambahan berat badan, dan konsumsi obat tertentu. Jika kamu melihat ada perubahan tidak biasa pada payudara di luar siklus menstruasi, saat menyusui, atau kehamilan, kamu perlu mewaspadai adanya indikasi kanker payudara.”

Halodoc, Jakarta – Gejala kanker payudara pada setiap orang bisa berbeda. Sebagian besar orang bahkan tidak memiliki gejala sama sekali. Gejala paling umum terjadi adalah benjolan di payudara atau ketiak. Sedangkan gejala lainnya termasuk perubahan kulit, nyeri, puting tertarik ke dalam, dan keluarnya cairan yang tidak biasa dari puting.

Massa keras tanpa rasa sakit yang memiliki tepi tidak teratur lebih mungkin menjadi kanker, tetapi kanker payudara juga bisa lunak dan menyakitkan. Untuk alasan inilah sangat penting untuk memeriksakan massa payudara baru atau perubahan payudara untuk mengidentifikasi tanda awal kanker payudara.

Benjolan, Perubahan Warna, dan Nyeri pada Payudara

Seperti apa bentuk payudara yang normal? Tidak ada bentuk payudara yang normal. Kebanyakan perempuan menilai payudara terasa kental atau tidak rata. Bentuk payudara bisa tergantung dari beberapa kondisi, seperti menstruasi, apakah sudah memiliki anak atau belum, kehilangan atau penambahan berat badan, dan konsumsi obat tertentu. 

Baca juga: Penyebab Kanker Payudara Triple Negatif yang Dapat Menyerang Usia Muda

Payudara juga cenderung berubah seiring bertambahnya usia. Namun, seperti sudah disinggung sebelumnya, beberapa perubahan bisa menjadi tanda awal kanker payudara. Berikut adalah penjelasan lebih lanjutnya!

1. Benjolan Baru di Payudara atau Ketiak

Jaringan payudara berada di area payudara sampai ke bawah lengan. Itulah sebabnya benjolan bisa menjadi tanda kanker payudara dan benjolan bisa muncul tidak hanya di payudara tetapi juga ketiak. 

2. Penebalan atau Pembengkakan pada Bagian Payudara

Jika area payudaramu mengalami penebalan atau pembengkakan, kamu perlu mewaspadainya. Apalagi jika pembengkakan itu diiringi dengan warna kemerahan dan tekstur kulit yang berubah seperti berkerut atau membentuk kulit jeruk. 

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Mengidap Kanker Payudara

3.  Puting Tertarik ke Dalam atau Nyeri di Area Puting

Seperti halnya bentuk payudara, bentuk puting susu juga bisa berbeda-beda untuk setiap perempuan. Terkadang ada juga perempuan yang putingnya kecil, tidak kelihatan, atau memang mengendap. Ini semua adalah hal yang normal. 

Menjadi sesuatu yang patut diwaspadai jika puting yang dulunya menonjol keluar kini tertarik ke dalam atau berubah bentuk. Ada kemungkinan sel-sel kanker yang memicu perubahan pada puting tersebut.

4. Keluarnya Cairan dari Puting Selain ASI, Termasuk Darah

Normalnya cairan yang keluar dari puting adalah ASI. Jika kamu menemukan cairan di luar ASI keluar dari puting, ini bisa menjadi tanda-tanda yang perlu diwaspadai. Cairan yang dianggap normal bisa berupa cairan berwarna hijau, putih, atau bahkan darah. 

5. Nyeri di Area Payudara

Payudara membengkak dan nyeri adalah sesuatu yang umum terjadi terutama bila berada di siklus menstruasi, sedang hamil, ataupun ketika masa menyusui. Perubahan hormonal bisa menyebabkan perubahan bentuk pada payudara. 

Kamu perlu mewaspadai dan mengidentifikasinya sebagai tanda awal kanker payudara bila nyeri dan pembengkakan itu terjadi di luar siklus menstruasi. Terutama apabila rasa sakit begitu intens dan tidak menghilang.

Baca juga: Payudara Nyeri Saat Ditekan? Hati-Hati Bisa Menandai 10 Kondisi Ini

Itulah informasi mengenai tanda awal kanker payudara yang perlu diwaspadai. Untuk informasi lebih jelasnya lagi mengenai deteksi dini kanker payudara, tanyakan saja langsung lewat aplikasi Halodoc! Kalau kamu mencurigai ada indikasi gangguan kesehatan pada payudaramu, jangan tunda lagi segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. What Are the Symptoms of Breast Cancer?
WebMD. Diakses pada 2021. Breast Cancer Signs and Symptoms.
American Cancer Society. Diakses pada 2021. Breast Cancer Signs and Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Breast Cancer Warning Signs?