Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Selingkuh

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 5 Tanda Kalau Pasangan Selingkuh

Halodoc, Jakarta – Selingkuh menjadi hal yang harus diwaspadai karena dapat mengancam hubungan yang tengah dijalani. Bahkan, kasus selingkuh juga bisa terjadi pada pasangan yang sudah menikah. Tidak jarang, perselingkuhan menjadi salah satu penyebab utama pasangan memutuskan untuk berpisah alias bercerai. Semua orang bisa saja melakukan hal ini, baik laki-laki maupun perempuan. 

Selingkuh dikategorikan dalam dua bentuk, yaitu selingkuh fisik dan selingkuh hati. Selain melakukan “hubungan fisik” dengan orang yang bukan pasangan, selingkuh juga bisa terjadi saat seseorang merasa nyaman dan bisa saling mengirimi pesan dengan intens kepada orang lain, bahkan hingga mengabaikan pasangan sendiri dan keharmonisan rumah tangga. Hal ini yang disebut dengan selingkuh hati. Lantas, apa saja sebenarnya tanda pasangan selingkuh? 

Baca juga: Bukan Fisik, 3 Tanda Kalau Pasangan Selingkuh Perasaan

Perubahan pada Pasangan Bisa Jadi Tanda Selingkuh 

Perubahan perilaku maupun emosional bisa menjadi tanda pertama pasangan terlibat dalam perselingkuhan. Namun, bukan berarti perubahan yang terjadi pada pasangan pasti selalu tanda selingkuh. Jika merasa memang ada yang salah, sebaiknya coba berbicara dan tanyakan dengan lembut pada Si Dia. Menuduh dan langsung menyimpulkan pasangan selingkuh hanya akan menyakiti satu sama lain dan membuat hubungan menjadi buruk, terutama jika perselingkuhan sebenarnya tidak pernah ada. 

Setidaknya, ada berbagai perubahan pada pasangan yang sering disebut sebagai tanda selingkuh. Di antaranya: 

1. Rutinitas yang Berubah

Sangat wajar jika kamu mengetahui aktivitas harian atau rutinitas pasangan maupun sebaliknya. Hal ini meliputi kapan dia berangkat kerja, jam berapa akan pulang, serta kapan saja Si Dia libur. Namun, waspada jika rutinitas ini berubah, misalnya pasangan jadi terlalu sering pulang malam atau tetap keluar rumah tanpa alasan yang jelas meski sedang libur. 

Baca juga: Ini Alasan Tersembunyi Kenapa Orang Selingkuh

2. Susah Dihubungi

Sulitnya berkomunikasi dengan pasangan bisa menjadi salah satu tanda awal perselingkuhan. Jika hanya sesekali atau selama berada di jam dan lingkungan kerja, mungkin Si Dia memang tengah sibuk. Namun, lain cerita kalau pasangan menjadi sangat sulit untuk dihubungi bahkan di waktu-waktu luang. Hal ini tak jarang membuat kamu harus berjuang mati-matian hanya untuk mengetahui keberadaannya. 

3. Keanehan pada Ponsel

Ponsel merupakan benda privasi, sekalipun bagi pasangan yang sudah menikah. Namun, ada beberapa pasangan yang sepakat untuk membagi dan mengijinkan suami atau istri untuk mengetahui apa yang ada di sana. Jika tiba-tiba hal ini berubah, bisa jadi itu tanda bahwa pasangan selingkuh. Keanehan bisa dilihat dari kata kunci ponsel yang diubah, berapa lama Si Dia menghabiskan waktu dengan ponsel, hingga selalu membawa ponselnya kemanapun ia pergi. Hal itu bisa menjadi tanda kuat adanya perselingkuhan. 

4. Lebih Memperhatikan Penampilan 

Memperhatikan penampilan adalah hal yang wajar dan sah-sah saja dilakukan. Namun, jika kebiasaan ini berubah secara drastis, misalnya menghabiskan banyak uang untuk membeli parfum atau lipstik baru, cobalah untuk mencari tahu atau bertanya pada pasangan. Jika jawaban yang disampaikannya tidak masuk akal, itu bisa menjadi bendera merah alias tanda waspada. 

5. Menuduh Pasangan Berselingkuhan 

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi seseorang yang tengah selingkuh ternyata bisa saja menuduh pasangannyalah yang melakukan hal itu. Cara itu dilakukan sebagai perlindungan diri dan upaya untuk menutupi apa yang tengah ia lakukan. Hati-hati kalau pasangan kamu mulai mencari masalah dan menuduh kamu berselingkuh tanpa sebab. 

Baca juga: Pasangan Selingkuh, Tinggalkan atau Perbaiki Hubungan?

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:

Prevention. Diakses pada 2019. 15 Warning Signs Your Partner Is Cheating on You, According to Therapists.

Psychology Today. Diakses pada 2019. Eight Reasons People Cheat on Their Partners.