• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Ampuh Mengatasi Flu pada Si Kecil

5 Tips Ampuh Mengatasi Flu pada Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Tips Ampuh Mengatasi Flu pada Si Kecil

Halodoc, Jakarta – Flu adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak, terutama saat musim hujan tiba. Udara yang dingin, daya tahan tubuh yang masih lemah, ditambah lagi dengan banyaknya interaksi dengan teman-teman di sekolah, membuat anak-anak menjadi lebih rentan terserang flu.

Baca juga: Mengapa Anak Sering Flu dan Batuk di Masa Pertumbuhan?

Melihat Si Kecil terganggu karena bersin-bersin dan hidung tersumbat tentu membuat ibu menjadi khawatir. Namun, kebanyakan flu disebabkan oleh infeksi virus, sehingga pemberian antibiotik tidak efektif untuk mengatasinya.

Berikut ini beberapa tips ampuh yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi flu pada Si Kecil.

1.Beri Si Kecil Banyak Minum

Saat anak terserang flu, penting bagi ibu untuk menjaga tubuh anak tetap terhidrasi dengan memberinya banyak minum. Hal ini membantu meredakan gejala flu, sehingga Si Kecil dapat merasa lebih nyaman.

Selain itu, demam yang bisa saja terjadi saat flu juga dapat menyebabkan anak mengalami dehidrasi. Karena itu, penting untuk mendorong anak untuk banyak minum, meskipun Si Kecil tidak merasa haus atau merasa tidak nyaman saat minum.

Jika anak sudah lebih besar, ibu bisa menawarkan pilihan cairan berikut selain air putih untuk memenuhi kebutuhan cairannya, yaitu:

  • Minuman olahraga;
  • Es mambo;
  • Jus;
  • Sup ayam.

Baca juga: 5 Makanan untuk Redakan Flu

2.Atasi Saluran Hidung Anak yang Tersumbat

Penggunaan obat semprot hidung untuk mengatasi hidung tersumbat tidak disarankan untuk anak kecil. Untungnya, ada beberapa tips ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak yang terserang flu, tanpa obat.

Pertama, ibu bisa memasang alat pelembap udara (humidifier) yang dingin di kamar anak. Alat tersebut akan meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan yang membantu mengencerkan lendir, sehingga Si Kecil dapat bernapas dengan lega. Pastikan untuk membersihkan humidifier secara rutin agar jamur tidak berkembang di mesin.

Pilihan lainnya adalah gunakan semprotan atau tetes hidung saline yang membuat lendir menjadi lebih encer sehingga mudah dikeluarkan. Obat ini membantu untuk memberi kenyamanan pada anak, khususnya sebelum memberi makan dan sebelum waktu tidur.

3.Berikan Madu

Bila Si Kecil sudah berusia di atas 1 tahun dan mengalami batuk saat terserang flu, ibu bisa coba untuk memberinya madu untuk mengatasi batuk alih-alih memberinya obat-obatan. Ibu bisa memberi 2-5 mililiter madu pada Si Kecil beberapa kali dalam sehari.

Madu lebih aman dan ampuh untuk mengatasi batuk daripada obat batuk untuk anak di atas 1 tahun. Namun ingat, jangan memberikan madu pada anak-anak di bawah usia satu tahun, karena berisiko menyebabkan botulisme.

4.Pastikan Anak Banyak Beristirahat

Saat terserang flu, Si Kecil perlu banyak beristirahat agar bisa lebih cepat pulih. Si Kecil mungkin juga mengalami demam saat terserang flu. Karena itu, kenakan ia pakaian yang nyaman dan hindari memberikan selimut tebal yang membuatnya merasa lebih panas. Memandikan anak dengan air hangat juga dapat membuat ia merasa lebih rileks dan nyaman sebelum tidur siang atau tidur di malam hari.

5.Memberikan Obat-obatan

Orang dewasa dapat dengan mudah meminum obat pilek dan batuk saat mengalami flu, namun Badan Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) menganjurkan agar anak-anak di bawah usia 2 tahun tidak diberikan obat pilek dan batuk yang dijual bebas.

Jadi, bila Si Kecil yang masih berusia di bawah 2 tahun mengalami demam dan gejala flu, sebaiknya hubungi dokter anak terlebih dahulu untuk mendiskusikan obat apa yang boleh diberikan dan berapa dosis yang aman.

Ingat, demam adalah cara tubuh untuk melawan infeksi, sehingga tidak perlu diatasi dengan obat-obatan. Sebaiknya hubungi dokter anak terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Si Kecil perlu diberikan obat atau tidak. Ibu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk minta saran kesehatan atau pengobatan yang tepat bila Si Kecil sakit.

Bila dokter menyarankan untuk minum obat, pastikan untuk memeriksa informasi dosis yang tepat karena dosis asetaminofen untuk anak dan bayi mungkin berbeda. Bila Si Kecil berusia di atas 6 bulan, ibu juga dapat memberikan ibuprofen untuk membantu mengatasi demam atau nyeri.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Bawa Anak ke Dokter saat Alami Flu?

Nah, itulah beberapa tips ampuh mengatasi flu pada Si Kecil yang bisa ibu coba. Jangan lupa download aplikasi Halodoc sekarang juga sebagai teman penolong untuk membantu menjaga kesehatan ibu sekeluarga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Quick Tips for Treating Kids with a Cold or Flu.