• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Ampuh Mood Booster yang Wajib Dicoba

5 Tips Ampuh Mood Booster yang Wajib Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Tips Ampuh Mood Booster yang Wajib Dicoba

Halodoc, Jakarta - Merasa gundah, gulana, sedih, tidak bersemangat, atau tidak mood bahasa populernya, merupakan hal yang amat normal dialami oleh manusia. Penyebabnya beragam, dari pekerjaan yang menumpuk, kemacetan lalu lintas, Si Kecil yang terus mengerengek, hingga hal lainnya bisa membuat mood menjadi kacau balau.

Nah, untungnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada sejumlah mood booster bisa menjadi solusinya. Terdapat beberapa mood booster bisa mengubah kesedihan menjadi kebahagiaan dengan cepat. Menariknya, kamu tak perlu melakukan semua mood booster tersebut. Pilihlah mood booster yang paling kamu suka, nyaman, dan paling mudah untuk dilakukan.

Mau tahu apa saja mood booster bisa bisa kamu lakukan ketika mood sedang menurun drastis? Nah, berikut beberapa mood booster yang bisa kamu coba.

Baca juga: Jangan Abaikan Stres, Ini Cara Mengatasinya



1. Olahraga

Olahraga bisa menjadi cara yang bagus untuk mengangkat suasana hati, dan meningkatkan kemampuan tubuh dan pikiran untuk mengatasi stres. Boleh dibilang olahraga merupakan mood booster yang cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan.

Ketika sedang berolahraga, tubuh menjadi lebih rileks dan tenang, sehingga dapat membantu untuk menyeimbangkan emosi. Menurut penelitian, ketika kamu sedang melakukan olahraga, khususnya latihan intensitas tinggi, tubuh dan otak menghasilkan hormon dan neurotransmiter yang berdampak positif pada suasana hati, memori, dan tingkat energi. 

Meskipun olahraga sendiri bukanlah pengobatan untuk depresi klinis, penelitian menunjukkan bahwa bahkan satu kali olahraga saja menghasilkan perubahan positif pada bahan kimia otak dan dapat meningkatkan suasana hati Anda. 

Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain Plasticity, menemukan bahwa setelah berolahraga, orang-orang melaporkan suasana hati yang lebih baik dengan penurunan ketegangan, depresi, dan kemarahan.

Nah, agar tubuh semakin fit, bugar, dan sistem kekebalan tubuh semakin prima, kamu bisa kok membeli vitamin atau suplemen menggunakan aplikasi Halodoc

2. Tidur Sejenak

Tidur sejenak di siang hari bisa menjadi mood booster yang bisa kamu lakukan. Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research menemukan bahwa balita yang kurang tidur siang menunjukkan tingkat kegembiraan yang lebih rendah dan tingkat kecemasan yang meningkat.

Ingat, manfaat emosional dari tidur siang dapat meluas ke semua usia. Menurut National Sleep Foundation (NSF), tidur siang singkat dapat membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan kinerja pada orang dewasa.

NSF menyarankan untuk tertidur selama 20 hingga 30 menit di siang hari, untuk membuat tubuh dan pikiran segar kembali sambil menghilangkan rasa kantuk. 

Baca juga: 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

3. Habiskan Waktu dengan Orang Terdekat

Mood booster lainnya yang bisa kamu coba adalah menghabiskan waktu dengan keluarga atau sahabat yang simpatik. Berbicara dengan orang lain tentang perasaan kamu dapat membantu untuk meringankan beban pikiran. Menariknya lagi, ketika curhat dan menghabiskan waktu dengan orang terdekat, kamu juga dapat memperoleh masukan atau saran dari mereka. Namun, jika dirimu merasa tidak nyaman berbicara dengan kerabat dan teman, kamu tidak perlu melakukannya.

Baca juga: Kecanduan Media Sosial? Begini Tips Ampuh Mengatasinya

4. Keluar Rumah atau Kantor

Selain tiga hal di atas, keluar ruangan seperti rumah atau kantor juga bisa menjadi mood booster yang bisa kamu coba. Ketika mood sedang menurun, cobalah keluar rumah atau kantor meski hanya untuk membeli camilan atau berjalan-jalan di taman.

Sinar matahari yang cerah, pemandangan sekitar, dan udara yang segar bisa membantu kamu untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan suasana hati. 

5. Mandi atau Berendam Air Hangat

Bila tidak tertarik dengan empat mood booster di atas, cobalah mandi atau berendam air hangat dan beruap. Suhu air yang tinggi tidak hanya bersifat menenangkan, tapi menurut penelitian juga meningkatkan suasana hati. 

Bagaimana, tertarik untuk mencoba mood booster di atas untuk meningkatkan suasana hati?



Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2021. 10 Simple Ways to Improve Your Mood When You're Feeling Down
Everyday Health. Diakses pada 2021. 8 Instant Mood Boosters
Verywell Mind. Diakses pada 2021. The Best Forms of Exercise to Improve Your Mood