• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Cegah Kecanduan Manis pada Anak

5 Tips Cegah Kecanduan Manis pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan anak kecil memang suka terhadap makanan yang manis, seperti es krim, permen, cokelat, dan makanan sejenis lainnya. Ibu tidak perlu khawatir terhadap masalah yang dapat timbul selama jumlah makanan yang dikonsumsi tidak terlalu banyak. Namun, jika anak sudah mengalami kecanduan makanan manis, tentu risiko untuk mengalami beberapa penyakit jadi lebih tinggi, terutama pada gigi. Tentu ibu tidak ingin hal ini terjadi bukan? Ketahui beberapa cara mencegahnya di sini!

 

Baca juga: Bukan Cuma Diabetes, Ini Akibat dari Makanan Manis

 

Cara Mencegah Kecanduan Makanan Manis pada Anak

 

Manis adalah rasa pertama yang disukai oleh anak-anak sejak dilahirkan. Karbohidrat merangsang pelepasan zat kimia di otak untuk menghasilkan zat serotonin untuk menimbulkan rasa bahagia. Selain itu, gula juga merangsang pelepasan endorfin yang menghasilkan respons tenang dan rileks pada tubuh. Maka dari itu, anak-anak rentan mengalami kecanduan makanan manis karena kerap merasa bahagia setelah memakannya.

 

Namun, terlalu banyak makan makanan manis bisa berdampak negatif bagi kesehatan tubuh Si Kecil. Beberapa masalah yang dapat terjadi, antara lain meningkatkan risiko overweight (berat badan berlebih), obesitas, karies gigi, hingga diabetes melitus tipe-2. Oleh karena itu, ibu perlu mencari cara untuk mencegah kecanduan manis pada anak.

 

Berikut ini lima tips mencegah kecanduan manis pada anak yang bisa dicoba:

 

1. Beri Contoh

 

Jika ibu dan pasangan gemar makan makanan manis di depan Si Kecil, ada kemungkinan ia juga akan melakukan hal yang sama. Ini karena di masa tumbuh kembangnya, Si Kecil akan belajar lewat meniru, termasuk tentang pola makan yang ia lihat di sekitarnya. Jadi, agar Si Kecil tidak kecanduan manis, ibu bisa memberikan contoh tentang pola makan yang sehat di depannya.

 

2. Batasi Asupan Manis Si Kecil

 

Cara lain untuk menghindari terjadinya kecanduan makanan manis pada anak adalah dengan membatasi konsumsinya. Ibu bisa melakukan beragam cara untuk melakukannya, antara lain memberikan makanan manis dalam porsi kecil, mengombinasikan makanan manis yang Si Kecil suka dengan zat gizi lain (seperti: mencampurkan cokelat dengan pisang), hingga mengecek kadar gula pada setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi anak.

 

3. Dorong untuk Konsumsi Buah dan Sayuran

 

Buah mengandung gula alami yang tentu saja lebih baik dibanding gula buatan. Oleh sebab itu, menyediakan serta mendorong Si Kecil untuk lebih banyak makan buah dan sayuran di rumah bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kecanduan makanan manis. Buah dan sayuran juga mengandung banyak nutrisi (seperti: serat, vitamin, dan mineral), sehingga baik untuk kesehatan Si Kecil. Agar anak lebih semangat, ibu bisa menyediakan buah-buahan yang disukainya.

 

4. Jangan Memberi Makanan Manis Sebagai Hadiah

 

Sebisa mungkin, jangan memberikan hadiah berupa makanan manis pada Si Kecil. Sebab, sebuah studi menyebutkan bahwa dengan menghadiahkan makanan manis pada anak, misalnya permen, bisa meningkatkan risiko anak untuk mengalami kecanduan pada makanan manis. Jadi, dibanding menghadiahkan makanan manis, ibu bisa menggantinya dengan makanan yang lebih sehat atau memberikan suatu benda yang benar-benar diinginkannya.

 

5. Buat Hidangan Manis di Rumah

 

Daripada Si Kecil membeli makanan manis dalam kemasan, sebaiknya ibu membuat hidangan manis sendiri di rumah. Ajak anak untuk membuat kue favoritnya sambil mengajarinya tentang makanan sehat dan konsumsi hidangan manis yang perlu dibatasi. Dengan menjelaskan dampak buruk dari terlalu banyak makan manis, anak jadi paham alasan makanan tersebut harus dibatasi. Mencampur beberapa makanan lainnya, seperti kacang atau buah ke dalam kue dapat memastikan Si Kecil mendapatkan gizi yang baik dari makanannya.

 

Baca juga: Suka Manis? Ini 5 Alternatif Pengganti Gula

 

Setelah mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kecanduan makanan manis pada anak, diharapkan orangtua lebih bijak untuk memberikan camilan pada anak. Tentu setiap orangtua ingin anaknya tetap sehat dan bugar tanpa perlu mengalami masalah pada tubuhnya. Dengan memastikan Si Kecil mendapatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi, tentu keinginan tersebut dapat terpenuhi.

 

Lalu, jika Si Kecil mengalami kecanduan manis, ibu melakukan pemeriksaan di beberapa rumah sakit yang berafiliasi dengan Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa mendapati kemudahan dalam pemesanan pemeriksaan dan bebas untuk memilih jam serta rumah sakit yang diinginkan. Ayo, unduh aplikasinya sekarang juga!

 

Referensi:
Live Simply Natural. Diakses pada 2021. Top 10 tips on how to break your child’s sugar addiction
Len-Med. Diakses pada 2021. Tips For Children Not Addicted to Sweet Food.