• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Didik Anak dengan ADHD

5 Tips Didik Anak dengan ADHD

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Membesarkan dan mendidik anak yang memiliki Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) memang tidak mudah. Berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya, anak dengan ADHD sangat aktif dan tidak bisa diam meski sedang duduk sekalipun. Hal ini tentu dapat membuat ayah dan ibu menjadi frustasi saat menghadapi perilakunya.

Namun, orangtua harus menerima kenyataan bahwa anak dengan ADHD memiliki fungsi otak yang berbeda dengan anak-anak lain. Meskipun anak dengan ADHD masih dapat mempelajari apa yang dapat diterima dan apa yang tidak, tetapi gangguan yang ia miliki membuatnya lebih rentan terhadap perilaku impulsif

Ia tidak bisa mengendalikan konsentrasi, perilaku, dan tingkat keaktifannya dengan sendirinya. Namun, dengan metode pendekatan yang khusus, orangtua dapat membantu anak dengan ADHD untuk belajar dan berkembang dengan baik. Berikut ini tips-tips yang bisa dilakukan untuk mendidik anak dengan ADHD:

Baca juga: Enggak Hanya Sulit Konsentrasi, Ini 6 Gejala dari ADHD

1.Disiplinkan Anak dengan Tujuan dan Kehangatan

Cobalah untuk mencari tahu atau mempelajari cara mendisiplinkan, seperti apa yang terbaik untuk anak dengan ADHD dan mana yang dapat memperburuk ADHD. Kamu mungkin bisa mendapatkan bimbingan dari terapis anak mengenai cara untuk menghadapi perilaku anak. Misalnya, anak dengan ADHD mungkin lebih sensitif terhadap kritik. Karena itu, cara paling baik untuk memperbaiki perilaku mereka adalah dengan cara mendorong dan mendukungnya daripada menghukum.

Baca juga: Jangan Langsung Dimarahi, Ini Penyebab Anak Tidak Bisa Diam

2.Beritahu Dengan Tegas Perilaku Seperti Apa yang Kamu Harapkan pada Anak

Sebelum kamu pergi ke suatu tempat, bicarakanlah dengan anak untuk menjelaskan bagaimana kamu ingin ia bersikap. Fokuskan lebih banyak energi untuk mengajar Si Kecil apa yang harus ia lakukan, daripada bereaksi terhadap apa yang tidak boleh ia lakukan.

3.Beritahu Anak Tentang ADHD yang Diidapnya

Jangan menghindar untuk berbicara dengan anak tentang ADHD yang dimilikinya. Bantu ia untuk memahami bahwa memiliki ADHD bukanlah kesalahannya dan bahwa ia dapat belajar cara untuk memperbaiki masalah yang ditimbulkannya.

4.Tetapkan Peraturan, tapi Tetap Fleksibel

Memang penting untuk mendidik anak dengan ADHD secara konsisten untuk berperilaku baik dan mencegahnya berperilaku buruk, tetapi kamu tidak boleh terlalu ketat dengannya. Ingatlah bahwa anak dengan ADHD mungkin tidak bisa beradaptasi terhadap perubahan sebaik anak yang lain. Jadi, kamu perlu belajar untuk membiarkan anak melakukan kesalahan saat mereka belajar.

Biarkan saja anak menunjukkan perilaku aneh, selama hal itu tidak merugikan anak ataupun orang lain. Bagaimanapun juga, mencegah anak berperilaku unik hanya karena kamu menganggapnya tidak biasa dapat berdampak buruk pada sang anak.

5.Kelola Perilaku Agresifnya

Berperilaku agresif adalah masalah umum pada anak dengan ADHD. Nah, untuk mengatasi perilaku tersebut, kamu bisa menerapkan metode “Time-out” yang efektif untuk menenangkan anak yang agresif dan juga diri sendiri. Bila anak berperilaku agresif di depan umum, ia harus segera dipindahkan ke suatu tempat dengan tenang dan tegas. “Time-out” harus dijelaskan pada anak sebagai periode untuk menenangkan diri dan memikirkan perilaku negatif yang telah ia lakukan.

Kamu mungkin boleh mengabaikan perilaku anak yang sedikit mengganggu sebagai cara anak untuk melepaskan energinya yang terpendam. Namun, perilaku yang destruktif, kasar, atau sengaja mengganggu yang bertentangan dengan aturan yang kamu buat, harus selalu dihukum.

Baca juga: Meningkatkan Kecerdasan Anak ADHD Sejak Dini

Itulah tips mendidik anak dengan ADHD yang bisa dicoba oleh ayah dan ibu. Bila kamu membutuhkan saran atau ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai cara menghadapi anak dengan ADHD, gunakan saja aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter ahli dan terpercaya kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Parenting Tips for ADHD: Do’s and Don’ts.
KidsHealth. Diakses pada 2020. Parenting a Child With ADHD