• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Gigi Putih ala Roberto Firmino

5 Tips Gigi Putih ala Roberto Firmino

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Pemain sepak bola dari Timnas Brasil, Roberto Firmino sempat menjadi bahan pembicaraan. Tak hanya karena aksinya saat membela tim di Piala Dunia 2018, Firmino kembali mendapat pujian karena kilau putih dari giginya.

Sebenarnya soal gigi putih milik Firmino sudah lama menjadi perhatian banyak pihak. Bahkan, pada akhir tahun 2016, kilau gigi pemain klub Liverpool itu sempat viral di dunia maya. Tak dapat dimungkiri, gigi Firmino memang luar biasa putih. Rahasianya ternyata ada pada perawatan yang ia lakukan di klinik gigi bernama Dental Excellence yang terletak di Kota Liverpool.

Memiliki gigi putih tentu bisa menjadi pendongkrak rasa percaya diri pada seseorang. Terutama pada tokoh seperti Firmino. Nah, kalau kamu ingin punya gigi putih seperti milik Roberto Firmino, ternyata bisa didapatkan dengan cara yang alami, lho! Bagaimana caranya mendapatkan gigi putih alami?

Baca juga: 6 Jenis Infeksi Gigi dan Akibatnya yang Perlu Diketahui

1. Rutin Membersihkan Gigi dan Mulut

 

 

Salah satu cara untuk mendapatkan gigi putih dan bersih adalah dengan rutin menggosok gigi setidaknya dua kali dalam satu hari. Terutama setelah makan dan sebelum tidur di malam hari. menyikat gigi dapat mencegah noda menempel pada gigi, yang bisa merusak keindahan dan membuatnya terlihat kotor. Selain itu, rutin menyikat gigi juga bisa mencegah plak pada gigi.

2. Pola Makan Sehat

 

 

Pola makan sehat tidak sebatas pada kebiasaan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Agar kesehatan gigi tetap terjaga, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis. Sebagai gantinya, perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran.

Beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu memutihkan gigi adalah timun, brokoli, wortel, dan kacang-kacangan. Sebaliknya, jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah jeruk, lemon, tomat, dan buah beri yang bisa menyebabkan kerusakan enamel.

3. Jauhi Teh, Kopi, dan Soda

 

 

Salah satu hal yang bisa membuat gigi menjadi kuning adalah kebiasaan mengonsumsi minuman yang dapat meninggalkan noda. Beberapa jenis minuman yang sebaiknya dihindari adalah teh, kopi, dan soda. Nyatanya menjauhi jenis minuman tersebut dapat menjaga gigi tetap putih.

4. Berhenti Merokok

 

 

Kebiasaan merokok juga bisa membuat gigi menjadi lebih cepat kehilangan warna putihnya. Hal itu disebabkan oleh kandungan tembakau yang jika menempel pada gigi, akan sulit untuk dibersihkan. Lebih parahnya lagi, noda tersebut berpotensi menembus lapisan enamel gigi.

Semakin lama orang merokok, maka risiko gigi menjadi kuning pun semakin meningkat. Karena tembakau yang menempel akan semakin dalam sehingga menyebabkan gangguan gusi, bau mulut, hingga risiko kanker.

Baca juga: 6 Kiat Mudah Memutihkan Gigi yang Perlu Diketahui

5. Manfaatkan Bahan Alami

 

 

Memutihkan gigi secara alami juga bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah. Salah satunya adalah membuat pasta dengan bahan dasar baking soda. Adonan ini bisa dibuat dengan cara mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air. Kemudian, berkumurlah dengan campuran tersebut setidaknya tiga kali dalam satu minggu.

Selain baking soda, kamu juga bisa memanfaatkan campuran garam dan air sebagai pasta gigi. Cobalah mencampurkan sekitar setengah sendok garam dengan 30 ml air. Kemudian, sikatlah gigi dengan bahan tersebut selama 2-3 menit.

Baca juga: 5 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan-Bahan di Rumah

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi dan tips sehat dari dokter terpercaya. Ayo, segera download di App Store dan Google Play.