5 Tips Jitu Wujudkan Resolusi Sehat Tahun Baru

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
resolusi sehat di tahun baru, resolusi tahun baru, rokok dan alkohol

Halodoc, Jakarta - Menginjak tahun 2019, sebagian orang pasti sudah merencanakan apa saja yang akan dilakukan di tahun ini. Nah, bagaimana dengan resolusi kesehatan yang telah kamu buat? Menginjak hari ketiga di tahun 2019, apakah kamu masih bermalas-malasan untuk bergerak melakukan resolusi kesehatan yang telah kamu buat? Jika iya, yuk intip beberapa tips jitu untuk mewujudkan resolusi sehat di tahun 2019.

Baca juga: Lebih Berfaedah, 5 Kebiasaan Hidup Produktif

  • Lakukan Olahraga Secara Teratur

Jika tahun lalu kamu susah dalam membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur, kamu bisa mulai mencoba di tahun 2019 ini. Kamu bisa mencoba lari-lari kecil di sekitar rumah, atau melakukan treadmill di dalam rumah jika kamu malas untuk keluar rumah. Frekuensi olahraga yang seharusnya dilakukan adalah 3-5 kali dalam seminggu, sekitar 30-60 menit.

Nah, bagaimana cara agar berolahraga tetap konsisten untuk kamu yang sibuk bekerja? Kamu bisa melakukan olahraga di tempat gym dengan teman-teman sepermainan kamu agar lebih termotivasi dan lebih semangat dalam mengikuti kelas olahraga.

  • Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Pecandu rokok dan alkohol memang tidak akan pernah bisa untuk berhenti jika mereka tidak bisa membatasi pergaulan yang mereka jalani. Padahal sebenarnya, mereka sudah tahu apa dampak negatif dari mengonsumsi rokok dan alkohol. Rokok mengandung zat yang berbahaya dan dapat menyebabkan gangguan pernapasan, kanker paru, atau bahkan kanker saluran cerna. Sedangkan, alkohol dapat menyebabkan rusaknya fungsi hati.

Yuk, mulai hidup sehat dengan membiasakan diri untuk berhenti mengonsumsi rokok dan alkohol. Kamu bisa melakukan berbagai metode untuk mengonsumsi kedua zat berbahaya tersebut dengan membatasi pergaulan, mengunyah permen, terapi, atau berdiskusi dengan dokter tentang cara menghentikan kebiasaan mengonsumsi kedua zat tersebut secara efektif.

Baca juga: Ini Pola Makan Vegetarian yang Sehat

  • Rileks dan Minimalisir Beban Pikiran

Beban pikiran yang berat diketahui akan menyebabkan stres, dan stres secara berlebihan akan meningkatkan risiko penyakit pada pembuluh darah dan jantung. Jika kamu mempunyai pikiran yang berlebih, mulailah untuk berbagi dengan orang terdekatmu. Dengan begitu, kamu tidak merasa sendiri ketika menghadapi permasalahan hidup.

Selain itu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres yang kamu rasakan. Kamu bisa melakukan cara yang sederhana seperti yoga, meditasi, mendengarkan musik, membaca buku, hingga menonton komedi agar kamu bisa tertawa lepas.

  • Jalani Pola Makan Sehat

Sebenarnya pola makan merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Bagi kamu yang masih senang mengonsumsi junk food, sepertinya kamu sudah harus mulai untuk berhenti makan makanan yang tidak sehat itu. Jika kamu sedang melakukan diet, lakukanlah diet yang sehat dengan berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu. Jangan lupa untuk perbanyak konsumsi sayur dan buah, dan hindari makanan dengan banyak kandungan lemak jahat yang tinggi.

  • Lakukan Istirahat yang Cukup

Meskipun terkesan sepele, istirahat yang cukup merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Dengan beristirahat, tubuh akan melakukan berbagai perbaikan sel-sel agar segala fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik.

Baca juga: Gaya Hidup Enggak Sehat, Waspada Penyakit Jantung Turunan

Nah, itulah beberapa tips jitu untuk mewujudkan resolusi kesehatan di tahun 2019. Jika kamu memang pemalas dan ingin mengubah kebiasaan tersebut, lakukanlah secepatnya! Karena tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup yang sehat. Jika kamu ingin berdiskusi dengan dokter mengenai masalah kesehatan kamu, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!